Bengkel Featured

Mengapa Samsung Galaxy J5 Prime Cepat Panas?

Samsung Galaxy J5 Prime Header ok

Rabu merupakan hari yang paling ditunggu oleh kita semua karena tim Gadgetren akan membahas mengenai solusi, tips, dan trik seputar masalah yang sering muncul pada perangkat mobile milik Gadgeter.

Dalam kesempatan kali ini, tim Gadgetren telah mendapatkan pertanyaan mengenai permasalahan yang terjadi seputar smartphone Samsung Galaxy J5 Prime sering mengalami cepat panas. Untuk itu, Gadgeter dapat langsung mengetahui penyebab masalah ini besar solusinya sebagai berikut ini :

Pertanyaan :

Mas, mengapa Samsung Galaxy J5 Prime saya cepat panas ya?

Jawaban :

Sekilas, Galaxy J5 Prime merupakan smartphone buatan Samsung yang lahir pada bulan Oktober 2016. Smartphone yang satu ini telah dibekali dengan layar 5 inci beresolusi HD (1.280 x 720 piksel), berteknologi PLS TFT, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass.

Dari sektor hardware, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan chipset Exynos 7570 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 2 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 16 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Soal urusan fotografi, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.9, autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2.

Kembali ke permasalah semula mengenai smartphone Samsung Galaxy J5 Prime yang sering cepat panas. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal yang biasa terjadi sehari-hari, seperti penggunaan Samsung Galaxy J5 Prime ketika mengecas atau mengisi daya baterai.

Biasanya pada saat mengecas smartphone ini, Gadgeter akan menggunakannya untuk bermain game, telepon, maupun chat di media sosial padahal ini akan menyebabkan Samsung Galaxy J5 Prime akan cepat panas karena arus listrik akan terus mengisi baterai, namun dayanya tidak menjadi penuh karena selalu terkuras pada saat digunakan untuk aktivitas dari penggunanya.

Sebaiknya kebiasaan ini dihentikan karena lama – kelamaan akan membuat smartphone cepat rusak, terutama koneksi pengisi dayanya juga ikut jebol. Bahkan tanda-tanda yang sering terjadi adalah smartphone akan cepat panas. Selain itu, baterai pun bisa menggelembung dan yang terburuknya meledak.

Keseringan bermain game yang menyedot daya baterai, jaringan seluler, hingga GPS. Dengan kombinasi ketiga ini bisa dibilang akan membuat baterai cepat panas dan apabila sering dilakukan akan membuat smartphone langsung menjadi panas, meskipun baru membuka aplikasi atau game karena sudah ada komponen yang error.

Untuk itu, sebaiknya Gadgeter dapat bermain game ringan di Samsung Galaxy J5 Prime atau sesekali bermain game berat agar tidak terlalu membebani smartphone. Selain itu, Gadgeter juga dapat menjauhkan smartphone ini dari tempat yang panas, seperti kipas laptop, atas televisi, maupun ruangan yang bersuhu panas.

Gadgeter juga jangan terlalu banyak menginstal aplikasi karena akan banyak menyedot daya baterai dan tentunya membua smartphone cepat panas. Bahkan Gadgeter harus berhati-hati juga dengan aplikasi yang terkadang menyebabkan panas karena menyedot daya baterai terlalu sering.

Meskipun begitu masih ada beberapa faktor tak terduga yang menyebabkan smartphone dapat sering mengalami panas. Informasi di atas merupakan permasalahan dan solusi yang biasanya terjadi ketika Samsung Galaxy J5 Prime sering mengalami panas. Namun apabila Gadgeter memiliki permasalahan atau solusi lain mengenai cepat panasnya Galaxy J5 Prime maka dapat memberikan masukkannya pada kolom komentar di bawah ini.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment