ASUS TUF Gaming FX507
Bengkel

Mengapa Aplikasi Kamera Error di Samsung Galaxy J5 Prime?

Samsung Galaxy J5 Prime Header ok

Sepertinya biasanya Rabu merupakan hari yang ditunggu oleh kita semua karena tim Gadgetren akan membahas seputar permasalahan yang sering terjadi pada perangkat mobile yang dimiliki oleh Gadgeter.

Nah, baru-baru ini tim Gadgetren mendapatkan pertanyaan mengenai aplikias kamera yang sering error di Samsung Galaxy J5 Prime. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai masalah ini maka dapat mengetahui alasan dan solusinya sebagai berikut ini :

Pertanyaan :

Gan, mengapa aplikasi kamera di Samsung Galaxy J5 Prime saya sering Error ya?

Jawaban :

Galaxy J5 Prime merupakan salah satu smartphone yang digemari oleh sebagian orang di Indonesia. Bisa dibilang produk ini memiliki spesifikasi hardware, desain, dan kamera yang menarik. Hal ini terlihat dengan penggunaan chipset Exynos 7570 Quad-core 1,4 GHz, RAM 2 GB, dan storage internal dengan pilihan 16 GB atau 32 GB.

Soal urusan fotografi, Samsung Galaxy J5 Prime telah dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/1.9, autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 yang cukup baik dalam menghasilkan foto selfie.

Namun ternyata sebagian pengguna dari Samsung Galaxy J5 Prime ada yang bertanya mengenai permasalah dari aplikasi kamera yang sering error ketika digunakan. Biasanya aplikasi ini akan melakukan force close atau menutup paksa apabila sedang digunakan.

Biasanya banyak faktor yang menyebabkan terjadinya error pada aplikasi kamera ini, mulai dari sistem operasi yang sedang error, aplikasi yang tidak update, RAM yang sudah mencapai batasnya, cache yang kepenuhan, hingga storage internal yang hampir habis. Untuk itu, Gadgeter dapat melakukan beberapa tips untuk memperbaiki aplikasi error sebagai berikut ini :

1. Restart Smartphone

Biasanya aplikasi kamera error disebabkan oleh kapasitas RAM yang hampir digunakan secara penuh sehingga ada aplikasi yang dikorbankan atau smartphone akan mengalami hang. Untuk itu, Gadgeter dapat melakukan restart terhadap smartphone yang dimiliki.

2. Hapus Data atau Cache Aplikasi Kamera

Selain itu, data atau cache yang dimiliki aplikasi kamera kepenuhan sehingga suka menyebabkan berhenti tiba-tiba ketika aplikasi sedang digunakan. Untuk itu, Gadgeter dapat masuk ke menu Settings > Apps > aplikasi kamera > pilih tombol Storage > Clear Data atau Clear Cache. Selanjutnya, Gadgeter dapat langsung membuka kembali aplikasi kameranya.

3. Gunakan Aplikasi Lain

Apabila dua cara di atas tidak berhasil juga maka Gadgeter dapat menginstal aplikasi kamera lain yang tersedia di Google Play Store. Biasanya aplikasi – aplikasi kamera ini juga menawarkan beragam fitur yang menarik untuk menghasilkan foto yang menarik.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar