ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

Cara Hard Reset Samsung Galaxy J2 Prime Agar Kembali Seperti Semula

Cara Hard Reset Samsung Galaxy J2 Prime Header

Gadgetren – Samsung Galaxy J2 Prime merupakan salah satu smartphone entry-level yang terkenal di Indonesia karena memiliki harga yang terjangkau.

Dari sektor hardware, Samsung Galaxy J2 Prime telah dibeklai dengan chipset MediaTek MT6737T Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, GPU Mali-T720MP2, RAM 1,5 GB, dan storage internal 8 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel berteknologi PLS TFT. Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 8 MP dengan apertue f/2.2, Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 dan LED Flash yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan hasil yang lumayan.

Baterai berkapasitas 2.600 mAh juga telah hadir di dalam smartphone yang satu ini sebagai sumber daya utama untuk digunakan sehari-hari normal yang dirasa sudah cukup.

Meskipun spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan cukup bagus, namun terkadang masih terjadi error pada smartphone yang satu ini sehingga membuat bingung penggunanya.

Untuk itu, banyak yang bertanya mengenai cara untuk melakukan hard reset pada Galaxy J2 Prime agar kondisinya kembali seperti semula. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai caranya maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy J2 Prime Mode Recovery

  1. Pertama Gadgeter harus memastikan bahwa kondisi baterai pada Samsung Galaxy J2 Prime minimal berada di 40 persen ke atas
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat langsung menonaktifkan atau mematikan Samsung Galaxy J2 Prime yang masih menyala
  3. Kemudian, Gadgeter dapat langsung menekan tombol Home + Power + Volume Atas
  4. Nantinya Gadgeter dapat melepas tombol Power apabila telah muncul logo di layar, namun Gadgeter masih harus tetap menekan tombol Home + Volume Atas hingga muncul logo Android berbentuk robot
  5. Setelah semua tombol dilepas maka secara otomatis Gadgeter akan masuk ke dalam mode recovery
  6. Pada saat berada di mode recovery maka Gadgeter dapat menekan kembali tombol Volume Atas + Power hingga muncul menu pilihan
  7. Selanjutnya, Gadgeter dapat memiliki Wipe data/factory reset dengan menekan tombol Volume dan mengonfirmasi dengan tombol Power
  8. Kemudian, Gadgeter dapat memilih Yes untuk mengonfirmasi bahwa akan melakukan reset
  9. Gadgeter dapat menunggu proses pengembalian Samsung Galaxy J2 Prime ke setelah pabrik atau awal selama beberapa saat
  10. Apabila proses sudah selesai maka Gadgeter dapat memilih menu Reboot System Now dan secara otomatis akan terjadi restart atau booting
  11. Biasanya proses booting pertama kali akan memakan waktu kurang lebih 5 menit
    Setelah proses beres maka Gadgeter akan dihadapkan kembali pada menu-menu awal seperti ketika membelinya sejak pertama kali

Cara Hard Reset dengan Menu Pengaturan

  1. Seperti biasanya, Gadgeter harus memastikan terlebih dahulu kondisi baterai dengan minimal 40 persen ke atas
  2. Selanjutnya, hidupkan Galaxy J2 Prime dan Gadgeter dapat membuka aplikasi atau menu Pengaturan
  3. Pada halaman Pengaturan, Gadgeter dapat memilih menu Buat cadangkan & setel ulang
  4. Kemudian, Gadgeter dapat memilih menu Kembalikan setelah pabrik dan langsung pilih Setel ulang perangkat
  5. Terakhir, Gadgeter dapat memilih menu Hapus Semua
  6. Selanjutnya, Gadgeter dapat menunggu proses reset berlangsung beberapa saat
  7. Setelah proses reset selesai maka Galaxy J2 Prime akan melakukan reboot atau restart secara otomatis

Hard reset merupakan salah satu cara yang ampuh mengembalikan smartphone ke kondisi normal apabila terjadi masalah serius maupun yang tidak diketahui penyebabnya.

Namun perlu dicatat bahwa hard reset ini akan menghilangkan semua data yang ada di smartphone sehingga Gadgeter dapat melakukan backup data terlebih dahulu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

8 Komentar

  • maaf kak, mau tanya. sudah wipe data, dan klik yang reboot/restart.. tapi restartnya lama sekali sudah 1.5 jam lebih tapi belum ada tanda2 munculnya menu.. hp cuma muncul tlisan “samsung” terus.. padahal baterainya 70% dan aku sambil charge.. gimana cara memgatasinya ya kak? apa lepas baterai? atau gimana?

  • bagaimana jika setelah mereset dia minta alamat gmail pemilik sebelumnya bagaimana cara mengatasinya…?
    tolong dong soalnya ini kerjaan anaknya sedang yang punya hp orang tua jadi tidak mengerti tentang gmail…?

    • Wajib masukin alamat email sebelumnya karena ini salah satu fitur keamanan kalau ga tetap terkunci mirip iCloud lock di iPhone.
      Mungkin bisa coba flashing tapi ga jamin juga.

  • Maaf sebelumnya sbenarnya sih membantu tpi saya masih bingung cara nglakuin nya, karna sebelumnya belum pernah reset hp. Kalau di lakuin takut nnti mlah salah

  • Siang bos.saya ada masalah dengan hp saya,kalau saya instal aplikasi atau games,semuanya tersimpan dimemory perangkat, sementara saya pakai memory card yang 16gb,sebelumnya hp saya samsung j2 prime,jadi saya mohon info nya, dan sebelum nya saya ucap kan banyak banyak terima kasih,