ASUS TUF Gaming FX507
Review Review Handphone

Review OPPO F5 – Smartphone Berkamera Depan 20 MP yang Pintar Hasilkan Foto Selfie

OPPO F5 Header

OPPO F5
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.2/10

Kesimpulan

Sebuah smartphone yang sangat cocok bagi kamu para pecinta selfie berkat adanya A.I Beauty Recognition yang dapat memperbagus hasil foto dengan lebih natural

Yang Disukai

  • A.I Beauty Recognition yang cerdas
  • Kamera depan dan belakang mumpuni
  • Fitur Fast Charge
  • Tampilan layar yang memuaskan

Yang Tidak Disukai

  • Desain yang tidak terlalu istimewa
  • Tampilan antar muka yang sangat mengikuti iOS

Pada tanggal 13 November 2017 silam secara resmi OPPO meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama F5 di Indonesia.

Tentu saja ini merupakan salah satu hal yang menggembirakan bagi OPPO karena berhasil meluncurkan smartphone dengan layar penuh pertama di Indonesia. Selain itu, F5 telah dibekali dengan kamera depan yang dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan atau A.I. Beauty Recognition.

Dengan hadirnya teknologi ini memungkinkan kamera depannya dapat mengambil foto selfie atau wefie dengan pintar sehingga wajahnya menjadi mulus dan cerah. Bahkan OPPO sendiri mengklaim bahwa OPPO F5 dapat membedakan wajah pria maupun wanita sehingga dapat memberikan efek beauty sesuai jenis kelamin.

Menariknya, saya berkesempatan untuk melakukan review terhadap OPPO F5 dengan RAM 4 GB selama beberapa minggu. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan spesifikasi hardware, fitur, kelebihan, dan kelemahan dari smartphone ini maka dapat melihat pada artikel review berikut ini.

Desain dan Layar Penuh

OPPO F5 Night Header

Smartphone ini memiliki desain yang berbeda dibandingkan keluarga F atau Selfie Expert generasi sebelumnya karena memiliki layar 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel) dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya sehingga secara tidak langsung terpaksa menghilangkan tombol fisik home di bagian depannya.

Hal ini pun berimbas pada sensor fingerprint berada di bagian belakangnya. Selain itu, layar penuh di bagian depan pun memberikan efek terasa lebih panjang dibandingkan smartphone dengan layar 6 inci pada umumnya.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan, OPPO pun telah melindungi layarnya dengan kaca anti gores Coring Gorilla Glass 5. Bahkan pada paket penjualannya pun OPPO telah memasang anti gores dan casing belakang tambahan untuk melindunginya dari benturan.

Sementara port jack audio 3,5mm, speaker, dan port microUSB terdapat pada bagian bawahnya . Untuk tombol volume berada di sebelah kiri dan tombol power berada di sebelah kanan. Meskipun terpisah, namun saya masih bisa melakukan kombinasi screenshot dengan hanya menggunakan satu tangan.

Kamera Depan 20 MP + A.I Beauty Recognition

Kamera Depan ok

Selain layarnya yang memenuhi bagian depan, kamera depan smartphone ini pun menjadi nilai tambah dari OPPO F5. Hal ini terlihat dengan hadirnya kamera depan beresolusi 20 MP ditambah aperture f/2.0 dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (A.I) Beauty Recognition yang mampu secara pintar menentukan foto selfie atau wefie dengan hasil terbaik.

Meskipun hanya memiliki satu kamera depan, namun OPPO F5 juga mampu menghasilkan foto selfie berefek bokeh (background blur) dengan instan dan mudah. Seperti biasanya OPPO F5 menawarkan beberapa fitur pada kamera depannya, seperti foto biasa, beauty, efek bokeh, filter, panorama, time-lapse, dan video.

Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/1.8, Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bagus. Untuk fitur yang tersedia pada kamera belakangnya terdiri dari , foto biasa, beauty, panorama, time-lapse, video, dan expert (manual).

Meskipun bukan yang terbaik, namun bisa dibilang kamera depan dan belakang dari OPPO F5 dapat menghasilkan foto yang menarik. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan foto dari kedua kamera smartphone ini maka dapat melihat hasilnya sebagai berikut ini :

Kamera Belakang

Foto Normal

Foto Normal

Foto Makro

Foto Makro

Foto HDR

Foto HDR

Kamera  Depan

Foto Selfie Normal

Foto Selfie Biasa

Foto Beauty

Foto Selfie Beauty

Foto Selfie Beauty Blur

Foto Selfie Blur

Performa

OPPO F5 Performa Header

OPPO F5 yang saya review dibekali dengan chipset MediaTek Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Dengan kombinasi ini pihak OPPO mengklaim bahwa smartphone buatannya ini mampu menjalankan game berat sekalipun.

Selanjutnya, saya menjalankan aplikasi secara multitasking dan hasilnya bisa dibilang dapat berjalan dengan lancar serta mulus. Sementara itu, untuk uji coba game saya memainkan Need For Speed No Limits, Mobile Legends, Arena of Valor, Yu-Gi-Oh Duel Links, Sonic Forces, dan Dynasty Warrior.

Bisa dibilang performanya cukup menarik karena bisa menjalankan semua game tersebut dengan lancar. Sementara itu, OPPO F5 dapat menjalankan game Arena of Valor dengan fps yang tinggi berkat kerja sama OPPO dengan Garena dalam game Arena of Valor.

Dalam pengujian AnTuTu benchmark pun, OPPO F5 berhasil mendapatkan skor yang mencapai 68.278 poin. Bisa dibilang hasil skor ini merupakan standar smartphone dari kelas mid-end yang hadir di tahun 2017 silam. Sensor Gyroscope juga turut dihadirkan dalam smartphone ini sehingga dapat mendukung video, game, maupun konten yang dengan perangkat virtual reality (VR).

OPPO F5 Performance

Daya Tahan Baterai

OPPO F5 Back besar

OPPO F5 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh yang diklaim oleh pihak OPPO dapat bertahan dengan lama. Untuk membuktikan klaim tersebut, saya menguji OPPO F5 untuk penggunaan sehari-hari dalam menjalankan berbagai kegiatan, seperti chat, browsing, bermain game sesekali, telepon, SMS, dan membuka media sosial.

Berdasarkan pengujian tersebut, OPPO F5 mampu bertahan selama 7 jam 12 menit dari kondisi 100% ke titik kritis 15%. Sebagai catatan, saya menggunakan satu kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE sehingga hasilnya akan berbeda apabila menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Sayangnya OPPO F5 tidak dibekali dengan fitur pengisian daya baterai cepat VOOC Flash Charging sehingga saya perlu menunggu hingga 2 jam mulai dari kondisi 0 hingga 100%. Meskipun begitu, daya tahan baterai dari smartphone ini cukup baik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Sensor Fingerprint

OPPO F5 Fingerprint

Tidak seperti iPhone X yang mengorbankan sensor fingerprint karena layarnya memenuhi bagian depan, OPPO F5 ini dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya. Menurut saya pribadi, fingerprint yang dimiliki oleh smartphone ini cepat dalam merespon sidik jari sehingga memudahkan dalam membuka kunci smartphone dengan cepat.

Selain itu, bisa dibilang sensor fingerprint masih populer digunakan oleh berbagai smartphone karena rata-rata orang sudah merasa nyaman membuka kunci dengan menggunakan sensor ini. Bahkan ketika dalam keadaan layar istirahat pun kunci smartphone dapat langsung terbuka.

Face Unlocking

Sebagai alternatif dari sensor fingerprint, OPPO telah menyematkan fitur Face Unlocking untuk membuka kunci smartphone pada OPPO F5. Cara kerja sendiri cukup mudah, dimana saya hanya perlu menghadapkan wajah di depan smartphone. Bisa dibilang fitur Face Unlocking dalam smartphone ini cepat dalam merespon wajah.

ColorOS 3.2 dan fitur menarik

OPPO F5 ColorOS

ColorOS yang hadir dalam OPPO F5 telah mencapai versi 3.2 sehingga berbasiskan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. OPPO telah menghadirkan berbagai fitur menarik pada sistem operasi terbarunya, seperti Split-Screen, Clone Apps, Game Acceleration, Gesture & Motion, Night Shiled, O-Share, dan masih banyak lagi.

Split-Screen memungkinkan saya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Sementara Clone Apps memungkinkan saya dapat menggunakan dua akun dalam aplikasi media sosial, seperti WhatsApp, LINE, BBM, Facebook, dan lainnya karena satu aplikasi akan menjadi dua.

Kemudian, Gesture & Motion memungkinkan saya dapat menjalankan beberapa fungsi atau aplikasi dengan menggunakan gesture tertentu. Selain itu, Night Shield dapat melindungi penggunanya dari radiasi sinar biru yang dapat merusak mata.

Seperti layaknya menggunakan aplikasi ShareIT atau Send Anywhere, OPPO telah menyematkan fitur O-Share pada OPPO F5 yang memungkinkan saya dapat dengan cepat melakukan transfer data antar smartphone dengan menggunakan jaringan WiFi Direct yang 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth.

Screenshot 3 Jari

Hampir mirip dengan beberapa smartphone F atau Selfie Expert generasi sebelumnya, OPPO F5 juga dibekali dengan kemampuan untuk mengambil screenshot dengan menggunakan 3 jari. Untuk cara kerjanya, penggunanya cukup melakukan swipe 3 jari pada layar dari atas ke bawah. Apabila layar berkedip dan suara shutter terdengar maka secara otomatis screenshot akan dilakukan dan hasilnya akan muncul di menu notifikasi.

Kesimpulan

Bisa dibilang OPPO F5 ini sangat menarik dalam hal kamera depannya yang memiliki resolusi 20 MP dengan A.I Beauty Recognition yang memungkinkan saya dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan hasil yang bagus. Bahkan saya pun dapat menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh (background) secara instan.

Selain itu, performa yang dimiliki oleh OPPO F5 bisa dibilang menarik sehingga dapat dikatakan saya cukup puas menggunakan smartphone ini dalam aktivitas sehari-hari. Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, OPPO F5 bisa menjadi salah satu smartphone selfie pilihan di harga Rp 3.999.000.

Sementara itu, OPPO F5 dibekali dengan pelindung layar, earphone, dan pelindung layar dalam paket penjualannya. Meskipun begitu, OPPO F5 belum mengakomodasi fitur NFC maupun fast charging yang seharusnya dimiliki oleh smartphone hampir Rp 4 juta.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar