Tips dan Trik

Cara Mengintip Status Akun Lain Dengan Last Seen di Instagram

cara melihat last seen di instagram Header[Sumber: Flickr]

Gadgetren Р Pada pembaruan Instagram terbaru, kini pengguna dapat melihat last seen atau status aktif dari akun pengguna lain.

Last seen merupakan fitur yang cukup membantu pengguna untuk mengetahui akun lain sedang aktif atau tidak, serta mengetahui kapan terakhir kali akun tersebut aktif. Fitur ini biasanya terdapat pada aplikasi media sosial berbasis perpesanan.

Menariknya, fitur last seen juga hadir di platform media sosial berbasis gambar, Instagram. Di bawah tangan dingin perusahaan Facebook, Instagram selalu meningkatkan kemampuan dan juga fitur di dalam aplikasinya.

Sayangnya, tidak banyak orang tahu bahwa sekarang Instagram telah mendukung fitur last seen, termasuk cara untuk menggunakannya.

Cara Melihat Last Seen di Aplikasi Instagram

Melihat Last Seen di Direct Message Instagram

Untuk melihat last seen di Instagram, sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun, yang notabene dapat membahayakan akun yang dimilikinya.

Baca Juga: Pasang link di Instagram Story? Bisa kok dengan cara ini

Untuk mengetahui kapan terakhir kali teman Instagram membuka aplikasi Instagram, pengguna hanya perlu memperbarui aplikasi Instagram miliknya ke versi yang paling baru. Jika sudah, pengguna dapat melihat last seen dari pengguna lain melalui menu direct message. Pengguna dapat menemukan menu ini dengan menekan ikon DM  yang mirip pesawat kertas di pojok kanan atas.

Pada daftar lawan bicara di menu direct message, pengguna akan akan menemukan kapan lawan bicara tersebut aktif di Instagram. Di bagian bawah nama pengguna lawan bicara akan tertulis kapan akun tersebut membuka Instagram.

Oleh karena itu, jika ingin mengetahui last seen dari pengguna lain, pengguna dapat mengirimkan direct message ke pengguna tersebut, karena fitur ini hanya berlaku di menu direct message.

Namun perlu diperhatikan, tidak semua akun dapat dilihat kapan terakhir kali dia aktif, karena pengguna dapat mematikan fitur ini. Dan jika sudah mematikan fitur ini, pengguna tidak dapat dilihat kapan terakhir kali aktif, tapi juga tidak dapat melihat last seen dari pengguna lainnya.

Mengatur Fitur Last Seen di Instagram

Baca Juga: Dengan cara ini kamu bisa upload foto Instagram melalui komputer atau laptop loh

Nah, jika pengguna belum bisa melihat last seen dari semua pengguna lain, mungkin pengguna lupa tidak mengaktifkan fitur ini, meskipun sebenarnya fitur ini aktif secara default.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini, pengguna dapat membuka tab yang paling kanan atau membuka profil Instagram miliknya, ketuk ikon menu di pojok kanan atas, gulir ke bawah dan cari opsi Show Activity Status. Di opsi tersebut pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur last seen di Instagram.

Leave a Comment