Tips dan Trik

Bingung Baca Detail Kuotamu? Berikut Cara Konversi Data Internet!

mb berapa gb header[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Saat sedang membicarakan jaringan internet, tentu tidak terlepas dari kuota dan juga kecepatan aksesnya.

Saat ini, internet menjadi kebutuhan mendasar bagi sebagian orang dalam melakukan segala sesuatu, termasuk berkomunikasi, jual-beli, dan lain sebagainya. Internet cukup membantu pengguna dalam melakukan kegiatan di kesehariannya.

Banyaknya masyarakat yang mulai menggunakan akses internet di dalam kehidupannya memunculkan budaya baru di masyarakat. Budaya-budaya yang biasa dilakukan secara offline, mulai banyak bergeser ke arah online. Contohnya, masyarakat sekarang tidak hanya dapat berbelanja dengan bertemu secara fisik dengan penjual, namun juga dapat dilakukan melalui internet, yang nota bene kadang pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung.

Namun sayangnya, pergeseran ini kadang tidak diimbangi dengan pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat. Masih banyak masyarakat awam yang belum paham mengenai pelbagai hal mendasar terkait tentang internet.

Sebagai contohnya, semua penyedia layanan internet biasanya menawarkan konektivitas internet dalam bentuk paket kuota dengan embel-embel GB, namun di rinciannya menggunakan MB. Sehingga sebagian masyarakat kadang bingung bagaimana cara membaca detail kuota yang dimilikinya.

Sama seperti kecepatan internet, kuota internet menggunakan satuan bit dan byte (di Indonesia diterjemahkan ke istilah bita). Kedua satuan ini merupakan satuan umum yang digunakan untuk mengukur data dalam komputasi.

Bit, atau yang biasa ditulis dengan huruf b kecil, merupakan kependekan dari binary digit (digit biner) merupakan satuan terkecil dari data komputasi. Sedangkan Bita, atau yang biasa ditulis dengan huruf B besar, adalah satuan yang lebih besar, karena merupakan kumpulan dari delapan bit.

Berbeda dengan penggunaan tingkatan di ilmu matematika pada umumnya, bit maupun Bita memiliki tingkat dengan konversi berbeda. Jika dalam konversi matematika pada umumnya menunjukkan 1 Kg sama dengan 1000 gram, maka berbeda di satuan komputer yang menunjukkan 1 KB sama dengan 1024 B.

Karena menggunakan bilangan biner di dalamnya, konversi satuan di sistem data komputasi memiliki kelipatan 2 pangkat n x 10. Semisal, 1 KB akan sama dengan 2 pangkat 1 x 10 B, yang jika dihitung akan menghasilkan 1024 B.

Secara terperinci berikut ini konversi data yang ada pada sistem komputasi:

1 YB (Yottabyte)1024 ZB
1 ZB (Zettabyte)1024 EB
1 EB (Eksabyte)1024 PB
1 PB (Petabyte)1024 TB
1 TB (Terabyte)1024 GB
1 GB ( Gigabyte)1024 MB
1 MB (Megabyte)1024 KB
1 KB (Kilobyte)1024 B

Demikianlah ulasan mengenai satuan yang digunakan dalam penggunaan data di sistem komputasi. Pengguna satuan data ini juga berlaku untuk memori penyimpanan, kuota internet,kecepatan akses internet, dan lain sebagainya.

Leave a Comment