Mading

Cara Membaca 1GB Berapa MB Supaya Tidak Salah Kaprah

Bit Data[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Pada saat kamu mengakses internet atau mengunduh file, biasanya kamu akan melihat tulisan Kbps, KB/s, Mbps, MB/s, dan lainnya.

Kbps sendiri merupakan singkatan dari Kilobit per second dan KB/s sendiri kepanjangan dari KiloByte per second. Dengan begitu, B merupakan satuan Byte atau Bita yang lebih besar dibandingkan dengan b yang memiliki kepanjangan bit.

Biasanya kecepatan akses internet memiliki nilai dan satuan. Nilai sendiri merupakan angka yang tertera di depan satuan. Sementara Satuan merupakan simbol yang dapat berupa karakter, huruf, dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, kecepatan 10 Mbps (Mega bit per second) mengartikan bahwa nilainya adalah 10 dalam Mbps. Perlu diketahui bahwa nilai 1 Byte sama dengan 8 bit. Apabila kamu menemukan sebuah kecepatan internet mencapai 80 Mbps, maka mempunyai kecepatan yang setara dengan 10 MB/s.

8 Mbps Berarti 1 MB/s

Sebagai contohnya pada saat provider internet menawarkan layanan akses internet berkecepatan 8 Mbps, maka sesungguhnya kecepatan internet yang akan kamu dapat ketika mengunduh mencapai 1 MB/s atau 1.024 KB/s.

Satuan bit biasanya digunakan oleh para penyedia layanan internet, sedangkan perangkat yang kita gunakan biasanya menggunakan satuan Byte. Dengan begitu, kamu harus memperhatikan nilai dan satuan pada saat kamu berlangganan layanan internet agar tidak kaprah.

Walaupun kedua satu ini memiliki nilai yang berbeda, namun bit dan Byte mempunyai tingkatan yang sama meliputi bit/Byte, Kilo, Mega, Giga, Tera, dan seterusnya. Misalnya Gigabit ditulis Gb dan GigaByte ditulis GB.

  • 1 KB (Kilobyte) = 1.024 B
  • 1 MB (Megabyte) = 1.024 KB
  • 1 GB (Gigabyte) = 1.024 MB
  • 1 TB (Terabyte) = 1.024 GB
  • 1 PB (Petabyte) = 1.024 TB
  • 1 EB (Eksabyte) = 1.024 PB
  • 1 ZB (Zettabyte) = 1.024 EB
  • 1 YB (Yottabyte) = 1.024 ZB

Jadi kamu bisa lebih teliti lagi dalam memilih dan berlangganan paket internet dari suatu provider. Selain kecepatan internet, kamu juga harus memperhatikan kualitas jaringan dan layanan purnajual agar pada saat bermasalah dapat diperbaiki dengan baik.

Rata-rata operator yang menyediakan akses internet kabel dengan Fiber Optic menawarkan paket dengan kecepatan internet yang tinggi. Namun perlu dicatat bahwa ada beberapa operator yang menawarkan Unlimited penuh dan Unlimited dengan FUP (Fair Usage Policy).

Apabila paket internet yang kamu pilih dibilang Unlimited dengan FUP, maka kamu memang dapat mengakses terus internet hingga masa langganan habis. Namun kecepatannya akan dibatasi ketika penggunaan sudah melewati FUP.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar