Smartphone Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Samsung Agar Tidak Diakses Sembarangan

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung - Header

Gadgetren – Kita kadang-kadang perlu menyembunyikan sejumlah aplikasi dari apps drawer launcher handphone supaya tidak langsung ditemukan lalu bisa dipakai oleh orang lain secara sembarangan.

Saya sendiri sudah sering melakukan hal tersebut supaya data-data yang ada di dalamnya tidak diotak-atik oleh anak, terutama untuk aplikasi-aplikasi yang tergolong penting seperti mobile banking, layanan pembayaran digital, ecommerce, maupun catatan.

Launcher bawaan handphone Samsung sangat membantu saya dalam hal ini. Baik itu Samsung Experience Home maupun One UI Home sama-sama mendukung opsi untuk menyembunyikan aplikasi melalui pengaturannya.

Salah satu hal yang saya sukai dengan adanya fitur ini, kita tidak perlu memasang aplikasi tambahan atau menggunakan launcher dari pihak ketiga yang kadang-kadang belum terbukti aman sehingga bisa lebih tenang saat perlu memakainya.

Kamu yang menggunakan salah satu handphone buatan Samsung juga dapat ikut mencoba fitur ini jika mempunyai masalah atau preferensi serupa dengan saya. Namun jika masih belum bisa melakukannya, berikut lengkah yang bisa kamu ikuti.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Samsung

  1. Buka layar utama (Home screen)
  2. Cubit atau tekan selama beberapa detik bagian kosong pada layar
  3. Setelah muncul menu pengaturan tampilan, ketuk opsi Home screen settings
    Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung - 1
  4. Masuk ke menu Hide apps
    Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung - 2
  5. Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan
    Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung - 3
  6. Ketuk tombol Done atau Apply sesuai apa yang muncul
    Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung - 4

Aplikasi yang dipilih nantinya akan otomatis disembunyikan. Kita bisa mengembalikannya ke apps drawer Samsung Experience Home maupun One UI Home dengan mengulangi langkah-langkah serupa dengan metode di atas.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Disembunyikan

  1. Buka kembali halaman Hide apps melalui menu Home screen settings seperti langkah sebelumnya
  2. Pilih aplikasi yang ingin dikembalikan ke apps drawer
    Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung - 5
  3. Setelah selesai memilih, tekan tombol Done atau Apply

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi-aplikasi yang sebelumnya kita sembunyikan akan kembali muncul di bagian apps drawer. Kita pun bisa menggunakan layanan maupun fitur-fitur di dalamnya seperti sedia kala.

Menu Hide apps pada Home screen settings handphone Samsung sayangnya tidak mendukung fitur kunci sehingga jika ingin menyembunyikan aplikasi sekaligus mengamankannya, kita perlu memadukan fitur ini dengan menu bernama Secure Folder.

Tinggalkan Komentar