ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Samsung Supaya Tidak Terlihat

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung - Header

Gadgetren – Menyembunyikan aplikasi bisa menjadi salah satu langkah yang digunakan saat kita perlu melindungi berbagai macam data maupun informasi pribadi di dalam sebuah ponsel.

Dengan melakukannya, aplikasi-aplikasi yang memuat data maupun informasi pribadi tidak akan muncul di app drawer (daftar aplikasi). Jadi tidak akan bisa diakses dengan mudah oleh sembarang orang termasuk mereka yang sedang meminjam ponsel milik kita.

Langkah tersebut juga bisa dipakai sebagai solusi praktis saat kita perlu merapikan app drawer. Kita dapat menggunakannya untuk menyembunyikan berbagai macam aplikasi yang tidak bisa dihapus atau dinonaktifkan seperti bloatware.

Kebanyakan ponsel Samsung di masa sekarang untungnya sudah dilengkapi dengan launcher bawaan yang memungkinkan kita melakukan hal tersebut. Jadi kita tidak perlu memasang layanan pihak ketiga saat perlu menyembunyikan aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Samsung melalui antarmuka sistem buatannya juga menghadirkan launcher yang mendukung fungsi tersebut. Kita yang perlu menyembunyikan aplikasi pribadi atau bloatware pun dapat memanfaatkannya dengan sangat mudah.

Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Samsung

  • Tekan lama pada area kosong di Home screen.
  • Ketuk menu Settings atau Home screen settings.
  • Cari dan pilih menu Hide apps atau Hide apps on Home and Apps Screens.
  • Centang semua aplikasi yang ingin disembunyikan.
  • Tekan tombol Apply atau Done.

Selain memakai cara di atas, kita juga bisa membuka pengaturan Home screen dengan mendekatkan dua jari seperti gerakan mencubit layar (pinch). Kita juga dapat mengaksesnya langsung lewat halaman Settings > Home Screen atau Home screen settings.

Sementara untuk mengembalikan aplikasi yang disembunyikan supaya bisa muncul kembali di home screen maupun app drawer, kita pun bisa masuk ke menu Hide app lagi. Kita nanti hanya perlu mengetuk tanda minus (-) pada ikonnya lalu mengetuk tombol Apply atau Done.

Yang sangat disayangkan, fitur menyembunyikan aplikasi dari launcher bawaan antarmuka One UI ini tidak mendukung opsi untuk membuat kunci. Jadi seseorang pun tetap bisa secara mudah membuka informasi dan data pribadi jika berhasil menemukannya.

Agar lebih aman, kita makanya bisa mengombinasikan dukungan untuk menyembunyikan aplikasi Samsung ini dengan Folder Aman atau Secure Folder. Fitur yang menjadi bagian dari Samsung Knox itu nanti bisa menjadi pengunci supaya aplikasi tidak bisa dibuka begitu saja.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar