Tips dan Trik

Cara Mematikan Data Internet Aplikasi di HP Samsung

Cara Mematikan Data Internet Aplikasi di HP Samsung Header

Gadgetren – Aplikasi di HP Android masa kini rata-rata membutuhkan akses data internet untuk mengaktifkan fitur-fiturnya atau sekedar melakukan update data.

Bahkan pada saat aplikasi sudah keluar atau tidak digunakan, terkadang terus mengambil data internet di latar belakang. Bagi sebagian pengguna HP Android termasuk Samsung, pasti akan merasa risih karena terkadang kuota paket data internet cepat terkuras habis.

Untuk itulah, sebagian orang banyak yang bertanya mengenai cara mematikan data internet pada beberapa aplikasi tertentu di HP Samsung, terutama aplikasi yang sedang tidak digunakan. Bagi kamu yang penasaran dengan caranya, maka dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Mematikan Data Internet Aplikasi di HP Samsung

Melalui Menu Apps

  1. Pertama, akses menu atau aplikasi Settings di HP Samsung
  2. Pada halaman Settings, pilih menu Apps
  3. Selanjutnya, pilih memilih aplikasi yang akan dimatikan data internetnya
  4. Setelah aplikasi dipilih, maka kamu akan masuk ke halaman App Info
  5. Kemudian, pilih menu Mobile Data yang akan membawa kamu ke halaman Application data Usage
  6. Selanjutnya, kamu cukup menonaktifkan fitur Allow background data usage

Samsung Data Apps1

Setelah fitur Allow background data usage dinonaktifkan, maka secara otomatis data internet akan mati apabila aplikasi sedang tidak digunakan. Namun apabila di kemudian hari membutuhkan akses data internet aplikasi di latar belakang (background), maka kamu dapat menggunakan langkah di atas dan cukup mengaktifkan fitur Allow background data usage.

Melalui Menu Connections

  1. Untuk permulaan, buka aplikasi atau menu Settings di HP Samsung
  2. Selanjutnya, pilih menu Connections
  3. Pada halaman Connections, pilih menu Data usage
  4. Kemudian, pilih menu Mobile data Usage
  5. Pada halaman Mobile data Usage, pilih aplikasi yang akan dimatikan data internetnya
  6. Setelah aplikasi dipilih, maka kamu akan menuju halaman Application data usage dan dapat langsung mematikan fitur Allow background data usage

Samsung Data Apps2

Meskipun langkah-langkahnya sedikit berbeda, namun pada intinya proses melalui menu Apps dan Connections ini sama-sama mematikan data internet aplikasi yang berjalan di latar belakang agar kuota pengguna HP Samsung tidak cepat habis.

Bahkan pada Menu Connections, kamu dapat mengaktifkan fitur Data Saver untuk mencegah aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan menyedot data internet dengan berjalan di latar belakang sistem. Kamu juga dapat memilih aplikasi apa saja yang akan dinonaktifkan data internetnya melalui Data Saver.

Bisa dibilang cara ini cukup efektif untuk menghentikan aplikasi agar tidak menyedot data internet ketika berjalan di latar belakang atau background. Namun apabila kamu mempunyai pengalaman dan cara lain untuk mematikan data internet aplikasi di HP Samsung, maka dapat menuliskannya pada kolom komentar.

Tinggalkan Komentar