Tips dan Trik

Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Berikut Cara Mengatasinya!

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul header

Gadgetren – WhatsApp merupakan media sosial yang cukup populer di kalangan pengguna perangkat seluler seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Aplikasi yang basisnya adalah aplikasi perpesanan ini, dapat digunakan untuk banyak sistem operasi meskipun saat ini telah dibatasi. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan segudang fitur andalan yang datang secara bertahap melalui pembaruan.

Sebagai aplikasi perpesanan, fitur notifikasi menjadi satu hal yang cukup penting saat pengguna sedang berkomunikasi. Namun sayangnya, beberapa pengguna kadang menemukan kendala, dimana notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Ada banyak hal yang menyebabkan aplikasi yang dikembangkan di bawah naungan Facebook Inc ini tidak berjalan dengan normal, termasuk permasalahan notifikasi yang tidak muncul. Lalu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

1. Pastikan Perangkat Terhubung Internet

Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul - Cek Koneksi Dulu

Baca Juga: Ini caranya menghilangkan centang biru agar tidak ketahuan sudah dibaca

Untuk dapat bekerja dengan baik, WhatsApp memerlukan koneksi internet untuk semua layanan yang ditawarkan. Sehingga saat perangkat tidak terhubung dengan internet, aplikasi WhatsApp tidak dapat melakukan apapun, termasuk untuk menerima pesan dan menampilkan notifikasinya.

Pengguna WhatsApp harus memastikan bahwa perangkat yang digunakan memiliki sumber daya internet yang cukup, untuk memastikan aplikasi WhatsApp berjalan normal dan menampilkan notifikasi.

Cek ketersediaan internet dengan menggunakan browser untuk mengakses laman web lain, dan jika laman tidak terbuka menandakan bahwa perangkat tidak terhubung ke jaringan internet.

Atau, pengguna juga dapat memastikannya dengan menggunakan konektivitas alternatif lainnya, seperti layanan Wi-Fi. Jika dengan menggunakan alternatif lain WhatsApp dapat bekerja dengan normal, maka bisa jadi jaringan yang digunakan sedang bermasalah atau paket data habis.

2. Pastikan Penggunaan Data Latar Belakang Tidak Dibatasi

Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul - Cek Data Backgroud

Baca Juga: Pesan WhatsApp terlanjur dikirim? Bisa kok dihapus sekarang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, WhatsApp dapat bekerja saat terhubung dengan koneksi internet. Salah satu hal yang dapat menyebabkan layanan WhatsApp tidak memiliki akses internet adalah karena data latar belakang aplikasi tersebut dibatasi.

Langkah membatasi data background aplikasi memang akan membuat penggunaan data lebih hemat, namun tentu dapat membatasi kinerja dari beberapa aplikasi yang membutuhkan akses internet dalam melakukan prosesnya, termasuk WhatsApp di dalamnya.

Pengguna dapat memastikan preferensi penggunaan data latar belakang WhatsApp melalui Settings, lalu buka menu Apps, cari aplikasi WhatsApp, dan buka Data usage. Pastikan opsi Background Data aktif.

3. Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul - Setel Ulang Preferensi Aplikasi

Selain masalah konektivitas, permasalahan lain yang dapat mengakibatkan WhatsApp tidak menampilkan notifikasi adalah perihal preferensi dari aplikasi. Setiap aplikasi yang terinstal di Android, akan meminta hak akses dan meminta pengaturan tertentu.

Jika preferensi yang digunakan berbeda dengan kebutuhan aplikasi, tentu aplikasi tidak dapat bekerja dengan baik di dalam perangkat tersebut. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi WhatsApp dalam menjalankan setiap fiturnya termasuk untuk menampilkan notifikasi.

Untuk mengembalikan preferensi ke pengaturan awal, buka Settings, pilih Apps, dan klik menu di pojok kanan atas, lalu klik Reset App preferences.

4. Keluar dari Semua Layanan WhatsApp Web

Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul - Keluar Dari WhatsApp Web

Dengan mengaktifkan layanan WhatsApp Web, notifikasi akan muncul terlebih dahulu di layanan tersebut. Sehingga notifikasi akan munculkan terlambat pada aplikasi di perangkat. Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab WhatsApp tidak menampilkan notifikasi di perangkat Android.

Oleh karena itu, pengguna dapat mencoba mengatasi permasalahan ini dengan keluar dari semua komputer yang digunakan untuk mengakses layanan WhatsApp Web.

Untuk melakukannya, buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih menu yang terdapat di pojok kanan atas, lalu buka WhatsApp Web, dan ketuk pilihan Log out from all computers.

Baca Juga: Mau tahu ciri apakah WhatsApp kamu diblok teman? Baca di sini

5. Muat Ulang Ponsel

Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul - Muat Ulang Ponsel

Seperti kebanyakan permasalahan yang sering terjadi di perangkat seluler, memuat ulang sistem dapat menjadi salah solusi yang kadang cukup berhasil. Solusi ini juga berlaku untuk aplikasi WhatsApp yang tidak menampilkan notifikasi.

Memuat ulang sistem dapat menyegarkan perangkat maupun aplikasi yang berjalan di dalam perangkat. Selain itu, aplikasi akan kembali ke preferensi default untuk menjalankan aplikasi dari kondisi awal. Langkah ini juga dapat beberapa memperbaiki permasalahan jaringan koneksi internet.

Leave a Comment