ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp Biar Tidak Terganggu!

Cara Menonaktifkan Notifikasi Whatsapp - Header

Gadgetren – Sama seperti layanan pesan instan pada umumnya, WhatsApp juga mendukung fungsi notifikasi yang dapat membuat kita lebih mudah untuk mengetahui apakah ada pesan yang masuk atau tidak.

Dengan begitu, kita nanti tidak akan melewatkan percakapan-percakapan penting dari grup atau pengguna lain. Kita pun bisa segera menindaklanjuti isi pesan sesuai keperluan seperti membalas hingga meneruskannya ke orang yang membutuhkan.

Sayangnya, notifikasi pesan yang diterima dari layanan WhatsApp kadang-kadang memang juga bisa terasa mengganggu bagi sebagian orang. Kita yang merasa seperti itu pun perlu menonaktifkannya untuk sementara waktu.

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp di Android

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu Apps.
    Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp - 1
  • Buka menu pengelolaan aplikasi.
    Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp - 2
  • Cari aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk aplikasi dari hasil penelusuran untuk membuka halaman app info.
    Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp - 3
  • Buka menu pengaturan Notifications.
    Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp - 4
  • Matikan opsi Show notifications.
    Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp - 5

Menonaktifkan notifikasi WhatsApp dapat dilakukan melalui halaman pengaturan ponsel. Hanya saja setiap model perangkat kemungkinan mempunyai langkah-langkah berbeda tergantung pada sistem maupun antarmuka yang digunakan.

Di ponsel Android, kita kurang lebih dapat menonaktifkan notifikasi melalui halaman info aplikasi. Kita dapat mengaksesnya dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Beberapa antarmuka sistem pun mengizinkan kita membukanya dengan menekan ikon WhatsApp selama beberapa detik dan memilih menu app info dari launcher.

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp di iOS

  • Masuk ke halaman Settings di ponsel.
  • Buka menu Notifications.
  • Di bagian Notification styles, pilih WhatsApp.
  • Matikan Allow Notifications.

Tidak jauh berbeda dengan Android, kita juga dapat menonaktifkan notifikasi WhatsApp di iPhone melalui halaman Settings. Kita dalam hal ini secara khusus dapat menemukan setelannya di menu pengaturan Notifications.

Perlu dicatat bahwa semua pemberitahuan mengenai pesan masuk baik dari grup atau percakapan personal tidak akan ditampilkan oleh sistem ketika kita menonaktifkan notifikasi WhatsApp melalui pengaturan ponsel. Jadi tidak akan muncul di bar notifikasi maupun layar kunci.

Meskipun begitu, pesan dari grup maupun percakapan personal tetap akan masuk ke nomor kita tidak seperti saat kita memblokir kontak atau mencopot instalasi aplikasi. Kontak pun tidak akan mendapat pemberitahuan kalau notifikasi WhatsApp sedang dinonaktifkan.

Supaya bisa mendapatkan notifikasi pesan yang diterima di layanan WhatsApp lagi, kita pun perlu mengaktifkannya terlebih dulu. Langkah-langkahnya kurang lebih sama seperti saat menonaktifkannya tetapi pengaturan yang dimatikan perlu dihidupkan kembali.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar