Tips dan Trik

Cara Mematikan GPS & Location Services di Semua Model iPhone

Cara Mematikan GPS iPhone Header

Gadgetren – Banyak sekali aplikasi masa kini yang butuh tahu lokasi kita saat ini. Walaupun begitu tidak sedikit juga pengguna yang ingin tahu cara mematikan GPS di iPhone karena tidak butuh.

GPS atau Global Positioning System merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk mementukan letak sesuatu di permukaan bumi dengan bantuan satelit. Di iPhone sendiri, fitur disebut sebagai Location Services atau layanan lokasi yang mengandalkan GPS, Bluetooth, WiFi, dan jaringan seluler untuk mengetahui posisi pengguna.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa fitur layanan ingin dimatikan, salah satunya masalah baterai. Dengan menyalanya fitur GPS secara terus menerus, daya baterai smartphone juga akan ikut terkuras karena konstan terus melacak di mana keberadaan kamu saat ini yang dibutuhkan oleh aplikasi tertentu untuk memberikan informasi lebih akurat.

Satu hal lainnya yang menjadi kekhawatiran adalah privasi atau kerahasiaan. Tidak semua orang suka akan fitur dari aplikasi seperti Maps yang terus melacak dan meriwayatkan lokasi kita berada. Jika akun dibobol oleh orang yang tidak diinginkan, maka orang tersebut bisa saja mengetahui lintas perjalanan yang kita lalui setiap hari.

Baca Juga: Jangan lupa selalu backup iPhone kamu agar data tetap terjaga

Cara Mematikan GPS di iPhone

Nah buat kamu yang mungkin ingin tahu bagaimana cara mematikan GPS dan Location Services di iPhone, berikut langkah yang harus kamu lakukan.

  1. Kunjungi Settings > Privacy
  2. Pilih menu Location Services atau layanan lokasi kemudian pilih matikan fitur.
  3. Atau kamu juga bisa memilih aplikasi mana saja yang boleh menggunakan GPS. Ada 3 pengaturan tersedia yang bisa digunakan yakni, saat menjalankan aplikasi saja, selalu aktif, dan mati.

iPhone Location Services

Setelah melakukan langkah tersebut, kini seharusnya layanan GPS sudah mati dan tidak digunakan oleh aplikasi lagi. Tentu saja kamu tidak akan bisa menggunakan beberapa fitur dari aplikasi tertentu secara penuh karena harus membutuhkan layanan Location Services dari iPhone.

Baca Juga: Agar tidak tertipu, ini cara membedakan antara iPhone asli dan palsu

Sebaiknya Mati atau Biarkan Nyala?

Seperti yang sudah saya katakana sebelumnya, layanan GPS punya kelemahan dan kelebihan tersendiri. Pertanyaannya tentu saja mana yang lebih baik dilakukan? Tetap menyala atau dimatikan saja?

Agar kamu tetap bisa menikmati segala jenis kelebihan smartphone, maka sebaiknya kamu mengatur sendiri bagaimana aplikasi tersebut menggunakan GPS. Jadi kamu dapat tetap hemat baterai, namun tetap dapat menikmati fitur yang ditawarkan oleh sebuah aplikasi secara penuh. Ditambah lagi untuk bisa menggunakan fitur Find My Phone saat iPhone kamu hilang juga mengharuskan layanan lokasi selalu menyala.

Contohnya kamu dapat membuat aplikasi Weather atau Cuaca untuk bisa selalu akses GPS kalau kamu memang menggunakannya. Kalau tidak digunakan sama sekali, maka kamu bisa langsung mematikannya tanpa perlu ragu ragu. Selanjutnya aplikasi seperti Maps sebaiknya boleh akses GPS saat aplikasi berjalan saja agar tidak terus menerus melacak keberadaan saat tidak digunakan.

Begitu pula untuk aplikasi yang kamu rasa memang tidak harus membutuhkan GPS lebih baik tidak diizinkan. Dengan begini kamu dapat tetap terus menggunakan aplikasi penting sebagaimana harusnya sedangkan aplikasi lainnya bisa dikesampingkan.

Tinggalkan Komentar