Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan GPS di iPhone Untuk Menghentikan Fitur Lokasi

Cara Mematikan GPS di iPhone - Header

Gadgetren – Perusahaan Apple melengkapi sistem operasi iOS buatannya dengan pengaturan privasi yang sangat lengkap untuk melindungi berbagai macam data pribadi milik para pengguna iPhone.

Salah satu di antaranya mereka menghadirkan pengaturan khusus untuk layanan lokasi. Jadi aplikasi maupun situs web yang dibuka di perangkat iPhone tidak bisa sembarangan melacak kita dan menggunakan data-datanya.

Pengaturan ini nantinya akan menentukan apakah aplikasi maupun situs web tersebut bisa menggunakan informasi dari jaringan seluler, WiFi, Global Positioning System (GPS), dan Bluetooth untuk memperkirakan lokasi terkini kita atau tidak.

Mematikan layanan lokasi karenanya dapat menjadi solusi bagi sebagian orang. Selain menyangkut masalah keamanan data pribadi, hal tersebut dapat membantu perangkat menghemat lebih banyak daya karena fitur GPS pun akan ikut dinonaktifkan.

Kita sendiri secara khusus dapat mematikan layanan lokasi dan GPS di iPhone ini langsung melalui halaman pengaturan. Begini langkah-langkah untuk melakukannya buat kamu yang belum bisa.

Cara Mematikan Layanan Lokasi dan GPS di iPhone

  1. Masuk ke halaman Settings di iPhone
  2. Cari dan buka bagian Privacy
  3. Masuk ke menu Location Services
  4. Matikan tombol di opsi Location Services

Selain mematikan layanan lokasi dan GPS secara umum sebagaimana langkah di atas, kita menariknya juga dapat melakukannya untuk masing-masing aplikasi secara terpisah sehingga sebagian nanti masih bisa bekerja secara maksimal.

Kita dapat mematikan layanan lokasi dan GPS untuk masing-masing aplikasi pada saat membukanya pertama kali. Hanya saja jika sudah terlewatkan dan ingin membuat setelan ulang, kita pun bisa melakukan hal tersebut lewat halaman pengaturan.

Khusus Untuk Aplikasi Tertentu di iPhone

  1. Buka halaman Location Services sebagaimana langkah sebelumnya
  2. Gulir ke bawah dan cari aplikasi yang dimaksud
  3. Pilih aplikasi tersebut
  4. Ubah Allow location access ke opsi Never

Dengan menggunakan pengaturan ini, kita bisa menyesuaikan sendiri bagaimana aplikasi dapat menggunakan layanan lokasi dan GPS. Jadi fitur-fitur penting seperti Find My iPhone masih bisa bekerja saat perangkat hilang.

Sebagai tambahan informasi, iOS 14 ke atas mempunyai opsi Precise Location di pengaturan untuk aplikasi. Kita dapat menonaktifkannya untuk membuat pelacakan tidak berjalan secara akurat alias hanya perkiraan saja alih-alih mematikan opsi layanan lokasi dan GPS sepenuhnya jika diperlukan.

Tinggalkan Komentar