Tips dan Trik

Smartphone Android Atau iPhone Hilang? Begini Lho Cara Melacaknya!

Cara Melacak HP yang Hilang Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sebuah masalah yang sering dihadapi oleh orang yang teledor seperti saya adalah kehilangan barang. Bahkan bukan hanya barang yang sepele, tetapi juga barang penting seperti handphone (HP).

Untungnya, berbagai macam perusahaan smartphone cukup peduli dalam kasus-kasus seperti ini. Mereka pun meluncurkan layanan khusus yang bisa digunakan untuk melacak HP buatannya saat hilang.

Adapun beberapa fitur tersebut di antaranya seperti OPPO dengan NearMe Find Phone, Xiaomi dengan Find Device, atau Samsung dengan Find My Mobile. Semua fitur ini sama-sama bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang.

Namun jika perusahaan yang kamu gunakan tidak memiliki layanan pelacakan tersebut, kamu tidak perlu kuatir, karena jika perangkat yang hilang berbasis Android, kamu bisa menggunakan layanan pelacak perangkat milik Google, yakni Find My Device.

Secara umum, hampir semua perangkat yang menjalankan sistem operasi berbasis Android – apapun mereknya – menggunakan layanan Google untuk beroperasi. Seperti yang kita tahu bersama, hal ini karena Google yang menciptakan sistem operasi open-source tersebut.

Untuk menggunakan layanan Find My Device dari Google, kamu bisa menggunakan beberapa cara. Pertama, kamu bisa mengaksesnya melalui https://www.google.com/android/find dan login ke dalam akun Google yang juga digunakan pada perangkat yang hilang.

Atau cara kedua, kamu bisa memasang aplikasi Find My Device dari Google Play Store pada perangkat Android lain. Kemudian setelah terpasang, masuk ke aplikasi dengan akun Google yang sama juga.

Baik menggunakan halaman web maupun aplikasi, kamu bisa menemukan posisi terakhir dari HP Android yang hilang melalui peta yang ditampilkan, asalkan fitur lokasi dan Find My Device di perangkat yang hilang dalam keadaan aktif.

Cara Melacak HP yang Hilang

Selain bisa mengetahui posisi terakhirnya, kamu juga bisa menggunakan fitur Play Sound untuk menderingkan HP yang hilang supaya mudah ditemukan jika berada di lokasi yang sama, fitur Lock untuk mengunci perangkat supaya datanya aman, atau fitur Erase untuk menghapus datanya secara permanen.

Sementara untuk iPhone atau perangkat berbasis iOS (termasuk juga iPad OS), kamu bisa menggunakan fitur Find My iPhone dengan cara yang serupa. Bedanya, kamu perlu masuk ke halaman https://www.icloud.com/find dan memilih Find My Phone atau menggunakan aplikasinya.

Dengan prinsip penggunaan yang cukup sama dengan Find My Device, fitur Find My iPhone juga memiliki beberapa pilihan seperti melacak posisi terakhir dari perangkat, mode hilang, memutar suara, hingga menghapus data atau menghapus aktivasi perangkat.

Tinggalkan Komentar