Featured Review

Review ASUS Zenfone 4 Max – Smartphone dengan Baterai Awet Cuma Rp 2 Jutaan

ASUS Zenfone 4 Max Header

Setelah menghadirkan Zenfone 4 Max dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, selanjutnya ASUS meluncurkan juga saudara kecilnya yang bernama Zenfone 4 Max di Indonesia.

Smartphone ini mengandalkan baterai berkapasitas 4.100 mAh dan dua kamera utama pada bagian belakangnya. Meskipun berbeda 900 mAh dengan versi Pro, namun Zenfone 4 Max memiliki daya tahan baterai yang lama juga.

Dalam kesempatan ini, tim Gadgetren telah menguji unit review Zenfone 4 Max selama beberapa minggu dengan pemakaian seperti biasanya. Selain itu, terdapat berberapa pengujian terhadap game maupun membuka aplikasi secara multitasking.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mengetahui mengenai spesifikasi hardware, fitur, keunggulan, dan kekurangan dari smartphone dengan daya tahan baterai lama ini maka dapat melihat artikel review berikut ini :

Baterai 4.100 mAh

ASUS Zenfone 4 Max Baterai fi

Hampir sama dengan ASUS Zenfone 3 Max generasi sebelumnya, Zenfone 4 Max telah dibekali juga dengan baterai yang berkapasitas 4.100 mAh. ASUS sendiri mengklaim bahwa baterainya mampu bertahan selama 37 hari dalam keadaan standby di jaringan 4G-LTE, 31 jam ketika telepon dalam jaringan 3G, 101 jam ketika mendenganrkan musik, atau 21 jam ketika berselancar internet melalui jaringan Wi-Fi.

Selain itu, ASUS juga telah menyematkan fitur Reverse Charging pada smartphone ini sehingga memungkinkan Zenfone 4 Max bisa menjadi powerbank bagi smartphone lainnya. Bahkan ASUS pun membekali kabel USB On-The-Go pada paket penjualannya.

Selanjutnya, saya melakukan uji daya tahan baterai dari Zenfone 4 Max dengan melakukan berbagai kegiatan dalam pemakaian sehari-hari mulai dari bermain game, menonton Youtube, menonton video, jejaring sosial, chat, SMS, dan melakukan telepon.

Berdasarkan pengujian tersebut, ASUS Zenfone 4 Max mampu bertahan sekitar 17 jam 50 menit mulai dari status baterai 100% hingga 0. Sementara itu, Screen on Time (layar menyala) yang mampu dihasilkan mencapai 6 jam 40 menit. Bisa dibilang hasilnya cukup menarik untuk smartphone dengan baterai 4.100 mAh. Sementara itu, baterai ASUS Zenfone 4 Max dapat dicas dalam waktu 2 jam 42 menit dari kondisi 0 hingga 100%

Desain

ASUS Zenfone 4 Max Design All

Smartphone yang satu ini lebih ramping dibaandingkan Zenfone 4 Max Pro, dimana memiliki dimensi 150,5 mm x 73,3 mm x 8,8 mm dan berat 156 gram. Bisa dibilang smartphone ini nyaman digenggam karena ukurannya lebih kecil dan beratnya yang lebih ringan dibandingkan Zenfone 4 Max Pro.

Pada bagian depannya terdapat layar 5,2 inci, tombol home yang di bawahnya terdapat sensor fingerprint, dan tombol navigasi kapasitas untuk back maupun recent. Selanjutnya, tombol volume dan power ditempatkan secara berdampingan di sisi kanan yang memudahkan penggunanya untuk melakukan kombinasi screenshot.

Hampir sama dengan Zenfone 4 Max Pro, smartphone ini memiliki dua kamera utama di bagian belakang yang disusun secara vertikal lengkapi dengan LED Flash. Untuk bagian kirinya terdapat SIM Tray yang memiliki 3 slot sekaligus dengan kombinasi dua slot kartu SIM dan satu slot microSD. Port microUSB dan speaker ditempatkan pada bagian bawahnya. Terakhir, port jack audio 3,5 mm ditempatkan pada bagian atasnya.

Dua Kamera Utama 13 MP + 5 MP

ASUS Zenfone 4 Max Dua Kamera

ASUS Zenfone 4 Max ini telah dibekali dengan dua kamera utama yang memiliki kombinasi 13 MP berlensa normal, aperture f/2.0 + 5 MP berlensa wide-angle dengan sudut pandang hingga 120 derajat yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

Selain itu, dua kamera utamanya juga didampingi dengan EIS, Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik pada kondisi minim cahaya. Sementara itu, apabila Gadgeter ingin mengambil foto dengan area yang luas hingga sudut 120 derajat maka dapat menggunakan kamera utama 5 MP.

Sementara itu, kamera utamanya juga menawarkan beberapa fitur, seperti Time Lapse, GIF Animation, Pro, Auto, Panorama, Super Resolution hingga 52 MP, dan Beauty. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan baik.

Bahkan dengan Portrait mode dapat membuat foto selfie yang dihasilkan memiliki efe bokeh (background blur) dengan instan. Selain itu, ASUS juga menyematkan beberapa fitur pada kamera depannya, seperti Auto, Beauty, Selfie Panorama, dan GIF Animation. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kualitas kamera depan dan belakangnya maka dapat menilai sendiri dengan melihat hasil fotonya sebagai berikut ini :

Foto Kamera Belakang

Foto Kamera Depan

Performa

ASUS Zenfone 4 Max sendiri telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, GPU Adreno 308, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Bisa dibilang performa smartphone ini cukup stabil ketika saya menggunakannya untuk pemakaian sehari-hari, mulai dari aplikasi chat, email, telepon, hingga SMS. Sayangnya Zenfone 4 Max terkadang mengalami patah-patah pada saat tertentu ketika saya bermain game berat, seperti Asphalt 8, Dynasty Warrior, dan Need For Speed No Limits. Bahkan game Sonic Forces pun masih mengalami patah-patah ketika permainan sudah dimulai.

Bisa performa dari smartphone ini standar sehingga sebaiknya Gadgeter tidak sering menggunakan Zenfone 4 Max untuk bermain game berat. Selain itu, skor benchmark AnTuTu yang berhasil didapatkan smartphone ini mencapai 36.881 poin, namun performanya masih kalai dibandingkan dengan Zenfone 3 Max dengan skor AnTuTu 44.242 poin.

ASUS Zenfone 4 Max Benchmark

Sementara pada pengujian Geekbench, ASUS Zenfone 4 Max berhasil mendapatkan skor mencapai 676 poin untuk pengujian single-core dan 1.853 poin untuk pengujian multi-core. Skor multi-core milik Zenfone 4 Max lebih unggul dibandingkan dengan LG Nexus 5 yang memiliki skor 1.764 poin.

Sensor Fingerprint

ASUS zenfone 4 Max Fingerprint

Sebagai smartphone masa kini, ASUS Zenfone 4 Max telah dibekali dengan sensor fingerprint pada tombol fisik home yang dapat mendeteksi sidik jari hanya dalam waktu 0,3 detik saja. Selain itu, penggunanya dapat mendeteksi 5 sidik jari sekaligus dan mampu merespon sidik jari hingga 360 derajat.

Android Nougat ZenUI 4.1

ASUS Zenfone 4 Max Sistem Operasi

Salah satu yang menarik dari keluarga ASUS Zenfone generasi 4 adalah semuanya telah menggunakan sistem operasi Androd 7.1 Nougat dengan tampilan antarmuka ZenUI 4.1. Kita ketahui bersama bahwa sistem operasi ini memiliki beberapa fitur menarik, seperti dual-split multitasking yang memungkinkan dua aplikasi dapat berjalan satu layar sekaligus, emoji yang banyak, konsumsi baterai yang hemat, dan masih banyak lagi. Bahkan pihak ASUS menjanjikan bahwa ASUS Zenfone 4 Max akan mendapatkan update sistem operasi Android 8.0 Oreo.

Tombol recent serbaguna

Tombol recent yang dimiliki oleh smartphone ASUS tidak hanya untuk menampilkan aplikasi yang telah dibuka saja, namun bisa juga digunakan sebagai shortcut untuk screenshot dengan menekannya dalam beberapa detik.

Menariknya, tombol recent bertambah fungsinya di ASUS Zenfone 4 Max karena bisa dipakai untuk membuka mode dual-split sehingga dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar hanya dengan menekan tombol ini beberapa detik. Namun penggunanya harus memilih tombol recent dijadikan shortcut screenshot atau dual-split.

Layar 5,2 Inci IPS HD

ASUS Zenfone 4 Max Layar

Layar ASUS Zenfone 4 Max memiliki lebar mencapai 5,2 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan dilindungi kaca lengkung 2,5D. Meskipun layarnya lebih kecil dari Zenfone 4 Max Pro, namun resolusinya tidak diturunkan sehingga tetap nyaman untuk dilihat secara kasat mata.

Dengan hadirnya teknologi IPS ini memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat. Selain itu, fitur Bluelight Filiter juga dapat melindungi mata penggunanya dari sinar biru pada layar yang memiliki radiasi tinggi.

Fitur Lainnya

Beberapa fitur menarik yang hadir dalam smartphone ini terdiri dari Tap to Wake yang dapat membangungkan layar dengan 2 kali ketuk, ZenMotion yang memungkinkan penggunanya dapat menjalankan berbagai fungsi hanya dengan pola gerakan jari, dan One Hand yang memudahkan penggunanya dapat mengecilkan tampilan layar di bawah 5,2 inci.

Kesimpulan

Setelah menggunakan ASUS Zenfone 4 Max untuk aktivitas sehari-hari dan beberapa pengujian dalam waktu beberapa minggu, bisa dibilang smartphone ini sudah memuaskan untuk menjalankan beberapa aplikasi maupun game yang biasa saya gunakan.

Sementara itu, nilai utama pada smartphone ini terdapat pada daya tahan baterainya yang lama sehingga saya tidak perlu membawa charger dalam satu hari. Sensor fingerprint yang disematkan pada Zenfone 4 Max bisa dibilang cepat untuk mendeteksi sidik jari saya.

Nah, bagi Gadgeter yang sedang mencari smartphone dengan daya tahan baterai lama di harga Rp 2.299.000 maka ASUS Zenfone 4 Max bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun smartphone ini memiliki dua kamera di bagian belakangnya, namun hasil foto dari kamera utama 5 MP berlensa wide-angle perlu peningkatan lagi.

WarnaDeepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink
LayarIPS LCD 5,2 inci HD 1.280 x 720 piksel
Dimensi150,5 mm x 73,3 mm x 8,8 mm
Berat156 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz
GPUAdreno 308
RAM3 GB
ROM32 GB
microSDYa, hingga 256 GB
Baterai4100 mAh Non-removable
Kamera UtamaDua kamera 16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, dual-tone LED flash + 5 MP wide-angle 120 derajat
Kamera Depan8 MP, aperture f/2.2, dan softlight LED flash
Sistem OperasiAndroid 7.1 Nougat
Antar MukaAsus ZenUI 4.1
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Kartu SIMdual-SIM (4G)
Jaringan/KonektivitasGSM / HSPA / LTE, Wi-Fi, microUSB v2.0, Bluetooth v4.1, FM Radio
Harga Rp 2.299.000

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
ASUS Zenfone 4 Max
Author Rating
41star1star1star1stargray

Leave a Comment