Tips dan Trik

Cegah Virus di Ponsel Android dengan 5 Aplikasi Antivirus Terbaik Ini!

Antivirus Terbaik Android Featured Image[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Virus adalah hal yang sangat menyebalkan untuk pengguna perangkat Android. Tidak jarang bagi kebanyakan orang harus menginstal aplikasi antivirus untuk menanggulangi bahaya virus ini.

Sebagai sistem yang banyak digunakan, Android pun tidak lepas dari bahaya virus yang mengancam. Virus maupun malware dapat datang kapan saja melalui berbagai cara, seperti melalui email, installer aplikasi, atau laman yang telah terinfeksi saat kita sedang terhubung di internet.

Selain dengan membatasi akses terhadap aktivitas mencurigakan dengan tidak melakukan root, memasang antivirus adalah salah satu jalan untuk memberikan proteksi terhadap perangkat bersistem operasi Android.

Meskipun Anda sebenarnya dapat mengatasi virus tanpa perlu menggunakan antivirus, memasang antivirus memiliki beberapa keuntungan yang lebih banyak. Salah satu kelebihan memasang aplikasi antivirus adalah kita dapat memperoleh perlindungan sebelum virus atau malware menyerang, serta beberapa fitur yang dapat membuat ponsel lebih nyaman untuk digunakan.

Terdapat banyak antivitus yang telah tersedia di Google Play Store dengan kelebihan dan fitur yang berbeda-beda. Dari sekian banyak antivirus, berikut ini beberapa antivirus terbaik Android menurut saya yang dapat memberikan perlindungan dan fitur tambahan:

Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus Terbaik Android

Hadir ke perangkat mobile, Antivirus ini merupakan antivirus andalan saya.  Aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus dapat diunduh secara gratis di Google Play Store, namun dapat memberikan banyak perlindungan terhadap ponsel Android. Jika Anda ingin memperoleh perlincungan yang lebih baik, Anda dapat membeli lisensi berbayar dari aplikasi ini.

Aplikasi antivirus ini memiliki beberapa fitur utama yang dapat digunakan untuk memberikan kenyamanan saat kita sedang menggunakan sistem Android. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah

  • Background Check – untuk memindai keberadaan virus di perangkat
  • Antivirus Protection – proteksi terhadap virus dan malware secara otomatis
  • App Lock – proteksi untuk data atau informasi yang bersifat privasi dengan memberikan sandi terhadap pesan, foto, dan masih banyak lainnya
  • Find My Phone – Fitur untuk melacak ponsel Android yang hilang
  • Anti-Theft – Perlindungan informasi personal terhadap pencurian data
  • Anti-Phishing – Perlindungan terhadap informasi financial saat berbelanja online maupun menggunakan internet banking
  • Call Blocker – Perlindungan terhadap panggilan telepon dan pesan yang bersifat spam
  • Web Filter – Perlindunngan terhadap bahaya saat berselancar di dunia maya

AVG Antivirus

AVG Mobile Antivirus Terbaik Android

Alternatif antivirus lain yang layak untuk dilirik adalah AVG Antivirus. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis di Google Play Store dengan menawarkan perlindungan dan beberapa fitur tambahan yang dapat meningkatkan performa dari ponsel. Namun jika ingin memperoleh tambahan fitur premium Anda dapat membeli yang versi Pro.

Sedikit berbeda dengan antivirus sebelumnya, selain memiliki fitur utama yang hampir sama, terdapat beberapa fitur yang sangat berguna, seperti perlindungan saat menggunakan Wi-Fi dan peningkatan performa. AVG Antivirus  memberikan fitur tambahan sebagai berikut

  • Pengaturan Power Save yang dapat digunakan untuk memperpanjang masa pakai baterai
  • Membersihkan proses dan tugas yang dapat memperlambat ponsel
  • Membersihkan ponsel dari data-data yang tidak penting
  • Mengecek konektivitas Wi-Fi

Avast Mobile Security

Avast Mobile Antivirus Terbaik Android

Mengusung fitur yang ampir mirip dengan AVG Antivirus, Avast pun membawa aplikasi antivirus miliknya ke perangkat mobile untuk menawarkan perlindungan terhadap virus ataupun malware. Sebagai antivirus yang cukup populer di pengguna komputer, Avast untuk perangkat mobile pun memiliki kemampuan yang tidak diragukan.

Secara gratis, aplikasi Avast Mobile Security ini tersedia di pasar aplikasi dengan menawarkan perlindungan dari serangan phishing melalui e-mail, panggilan suara, web, maupun SMS yang telah terinfeksi. Dan untuk menikmati perlindungan tambahan, Anda dapat membeli fitur premium, seperti

  • Anti – Theft
  • AppLock
  • Remove ads – Menghilangkan iklan yang muncul pada aplikasi
  • Avast Direct Support – dukungan penuh Avast jika anda menghubunginya melalui aplikasi

Mobile Security Antivirus

Eset Mobile Security Antivirus Terbaik Android

Aplikasi Mobile Security Antivirus merupakan antivirus Android buatan ESET. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dengan fitur premium yang digratiskan selama 30 hari. Yang menjadi ungulan dari aplikasi antivirus ini adalah tampilannya yang mudah untuk digunakan.

Fitur-fitur yang diusungnya juga cukup lengkap seperti antivirus yang telah diulas sebelumnya, seperti perlindungan dengan pemindaian manual, anti-phishing untuk berselancar di dunia maya, security report untuk mengetahui perlindungan yang diberikan, maupun fitur find my phone.

Virus Cleaner (Hi Security) – Antivirus, Booster

Virus Cleaner Antivirus Terbaik Android

Dengan rating yang cukup tinggi dibandingkan dengan aplikasi antivirus lain, Virus Cleaner dapat menjadi pilihan yang cukup tepat. Aplikasi yang dapat diunduh dari Play Store tanpa cuma-cuma ini menawarkan fitur yang cukup komplit juga.

Selain menawarkan fitur proteksi penuh terhadap malware atau virus, AppLock, Safe Browsing, atau Wifi test seperti aplikasi antivirus sebelum-sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan yang sangat menarik. Fitur tersebut adalah:

  • Notification Cleaner – Kontrol notifikasi untuk memberikan pengalaman yang lebih cepat dengan pengurangan interupsi yang diakibatkan oleh notifikasi
  • Quick Charge Master – Peningkatan kecepatan pengisisan perangkat ponsel

Apapun yang menjadi pilihan Anda, menjaga lebih baik dari pada mengobati. Selain telah memanfaatkan beberapa fitur dari aplikasi antivirus, Anda juga harus lebih selektif dan berhati-hati dalam mengelola pesan, menerima e-mail, menerima panggilan, dan juga berselancar di dunia maya.

Tinggalkan Komentar