Tips dan Trik

HP Kamu Sering Lemot? Ini Solusinya Biar Kembali Ngebut!

cara mengatasi hp lemot Header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Permasalahan umum yang sering muncul saat menggunakan perangkat ponsel adalah kinerjanya bisa saja tiba-tiba berubah menjadi cukup lambat.

Perangkat elektronik merupakan perangkat yang cukup rentan mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa saja disebabkan oleh faktor usia (masa pakai komponen), maupun juga faktor dari luar, seperti guncangan keras, tetesan air, dan juga tekanan.

Terlebih lagi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi di dalamnya. Perangkat dengan sistem, seperti ponsel, rawan mengalami penurunan kinerja, yang dapat menyebabkan perangkat tersebut beroperasi dengan sangat lambat, atau bahasa kasarnya “lemot”.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, penurunan kinerja ponsel dapat terjadi karena faktor masa pakai komponen yang sudah mendekati limitnya, atau karena adanya kerusakan hardware yang disebabkan oleh faktor dari luar.

Bedanya, perangkat yang memiliki sistem untuk dapat berjalan, permasalahan tidak hanya dapat terjadi karena faktor dari segi perangkat kerasnya, namun juga dapat terjadi di sisi perangkat lunak atau sistemnya. Penurunan kinerja ponsel pun dapat terjadi karena disebabkan oleh permasalahan perangkat lunaknya.

Ada banyak faktor di sisi perangkat lunak yang dapat menyebabkan ponsel mengalami penurunan kinerja. Salah satu yang umum terjadi, penurunan ini biasanya disebabkan oleh virus secara tidak sengaja terduplikasi dan masuk ke dalam ponsel.

Tidak hanya itu, permasalahan lain yang sering muncul di segi perangkat lunak diantarannya adalah memori yang sudah hampir habis, software atau sistem yang sudah usang, dan lain sebagainnya.

Untuk mengatasinya, tentu setiap permasalahan membutuhkan solusi yang berbeda juga. Jika permasalahan yang muncul akibat kerusakan di segi hardware, tidak ada cara selain mengganti komponennya atau sekalian mengganti ponselnya.

Namun jika lemotnya ponsel bukan disebabkan oleh kerusakan hardware, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

Bersihkan Memori Internal

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Hapus Data

Salah satu penyebab menurunnya kinerja ponsel yang sering dialami oleh pengguna biasanya diakibatkan karena kapasitas memori yang sudah mulai menipis. Baik ponsel dengan kapasitas memori besar maupun kecil, kinerjannya akan melambat saat data-data dalam ponsel mulai membuat kapasitas penyimpanan mulai penuh.

Pengguna dapat mengantisipasi atau mengatasi permasalahan ini dengan sering-sering membersihkan data-data yang sudah jarang digunakan atau data-data yang dirasa kurang penting. Pengguna juga dapat memindahkan data-data tersebut ke media penyimpanan lain, seperti cloud, flasdisk, atau ke perangkat komputer yang memiliki kapasitas penyimpanan yang relatif lebih besar.

Penuhnya memori internal yang digunakan dalam sebuah sistem, bisa juga diakibatkan karena penumpukan data sampah atau cache di dalamnya. Data sampah memang sangat berguna, namun juga akan menumpuk seiring dengan lama penggunaan ponsel, dan dapat mengakibatkan memori internal kepenuhan.

Ada baiknya pengguna ponsel rajin-rajin untuk membersihkan data cache yang tersimpan, terutama bagi pengguna dengan memori internal yang sangat kecil di ponselnya. Hal ini dapat digunakan untuk mangatasi penyebab menurunnya kinerja ponsel yang diakibatkan menurunnya kapasitas penyimpanan.

Kelola Aplikasi dengan Bijak

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Uninstal Aplikasi

Banyaknya aplikasi yang terinstal di ponsel juga dapat mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kita gunakan. Semakin banyak aplikasi, maka semakin banyak data yang dapat menyebabkan penyimpanan ponsel semakin penuh.

Selain itu, dengan banyak aplikasi yang terinstal, maka kapasitas RAM yang tersedia dapat berkurang. Hal tersebut dapat terjadi diakibatkan karena beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat dengan sistem operasi dapat berjalan di belakang layar tanpa kita sadari.

Untuk mengatasi penurunan kinerja yang diakibatkan oleh permasalahan ini, pengguna dapat menyaring aplikasi-aplikasi tersebut, dan meng-uninstal aplikasi yang dirasa kurang berguna. Pengguna juga dapat mengisntal aplikasi yang memiliki fungsi ganda, seperti memilih menginstal browser dibandingkan harus menginstal aplikasi terpisah Facebook, Twitter, dan lainnya.

Hapus Virus dari Ponsel

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Intal Antivirus

Persoalan virus mungkin bukan persoalan yang asing lagi ditelinga kita. Virus merupakan musuh utama bagi para pengguna perangkat dengan sistem di dalamnya. Meskipun tak mengganggu secara langsung, virus bisa saja menjadi penyebab menurunnya kinerja dari ponsel yang digunakan.

Untuk mengatasinya, pengguna dapat mengisntal aplikasi Anti virus yang dirasa cocok, namun perlu diingat tidak usah banyak-banyak karena juga dapat mempengaruhi kinerja dari perangkat. Atau, pengguna dapat mencoba cara menghapus vitus tanpa Anti Virus ini.

Perbarui Sistem dan Aplikasi

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Update Sistem

Penggunaan sistem usang juga dapat menjadi permasalahan yang cukup signifikan. Hal ini dapat terjadi karena perlunya kesesuaian antara aplikasi dengan sistem yang digunakan. Biasanya, aplikasi baru dapat berjalan dengan baik di sistem yang baru.

Hal ini berlaku juga sebaliknya. Software atau sistem yang baru biasanya juga menuntut penggunaan aplikasi baru. Masalah lain juga bisa saja terjadi, seperti versi aplikasi yang kita gunakan memiliki beberapa bug yang menyebabkan kinerja aplikasi menurun dan berimbas ke kinerja ponsel.

Oleh karena itu, pengguna harus sering megecek ketersediaan software terbaru perangkat ponsel miliknya. Pengguna juga harus memperbarui aplikasi-aplikasi ke versi baru, yang biasanya menawarkan perbaikan bug di dalamnya.

Reset Pabrik/Instal Ulang

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Reset Parik

Salah satu yang menjadi andalan pengguna saat ponsel mengalami kinerja yang menurun adalah dengan mereset pabrik ponsel atau bahkan beberapa memilih untuk mengisntal ulang atau memformat ulangnya. Langkah ini dapat menyelesaikan beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh memori internal penuh, virus, pengaturan yang tidak tepat, dan lain sebagainya.

Jika permasalahan melambatnya ponsel tidak dapat diatasi menggunakan beberapa cara di atas, ada baiknya pengguna mencoba untuk melakukan reset pabrik. Dan jika reset pabrik belum bisa mengatasinya, pengguna dapat mencopa untuk menginstal ulang software yang digunakannya.

Tinggalkan Komentar

3 Komentar

  • Awalnya lancar tp pas kemarin siang tiba tiba hh lemot. Sudah melakukan cara diatas, bahkan sampai ganti rom, tapi masih saja hp lemot, kira kira penyebabnya apa? padahal sebelumnya lancar jaya tidak ada masalah sama sekali,

    • Mungkin sedang kepanasan? Karena kadang ada HP yang throttle performa kalau kepasanasan
      Tapi harusnya kalau udah ganti ROM atau reset sih kembali normal