Tips dan Trik Handphone

Terkena Virus? Coba Pulihkan Handphone OPPO dengan Cara Ini

Cara Menghilangkan Virus dari Handphone OPPO Header

Gadgetren – Meskipun tidak sebanyak komputer atau laptop, namun tetap saja virus dapat menyerang handphone dari berbagai merek, termasuk OPPO.

Virus yang menyerang pun bermacam-macam dengan memberikan efek seperti sistem menjadi rusak, aktivitas login aplikasi dimata-matai, membuat aplikasi tidak bisa bekerja, dan masih banyak lagi.

Untuk itulah sebaiknya kamu tidak memasang aplikasi secara sembarangan dari penyedia pihak ketiga selain dari Google Play Store yang terpercaya. Kamu juga jangan mengunjungi situs yang tidak dikenal dan meragukan keamanannya karena bisa penyerang akan menyisipkan virus ketika kamu membuka halaman situs tersebut.

Namun apabila kamu sempat terkena virus mungkin dapat mencoba beberapa cara berikut untuk menghilangkan virus di handphone OPPO.

Cara Menghilangkan Virus di Handphone OPPO

Gunakan Phone Manager

Pada handphone OPPO sudah terdapat aplikasi Phone Manager yang berisikan berbagai tools agar dapat membuat sistem tetap berjalan optimal mulai dari Clean Up Storage, Payment protection, Data usage, Privacy permissions, System Optimized, hingga Virus Scan.

Pada halaman utama aplikasi Phone Manager, kamu dapat mengakses fitur Virus Scan. Nantinya setelah diaktifkan, maka fitur ini akan langsung mencari aplikasi dan file yang dicurigai terinfeksi virus. Kecepatan pencarian pun akan berbeda-beda tergantung banyaknya data yang berada di handphone.

Apabila sampai dideteksi terdapat virus pada aplikasi maupun file, maka kamu akan diminta untuk menghapusnya. Untuk itu sebaiknya kamu mengikuti saran yang diberikan oleh fitur Virus Scan di Phone Manager.

Pasang Aplikasi Anti Virus dan Anti Malware

Kamu juga dapat menginstall aplikasi Anti Virus dan Anti Malware dari pihak ketiga yang telah dipercaya melalui Google Play Store. Setelah aplikasi tersebut terpasang, maka kamu dapat langsung memilih menu Scan untuk mencari virus yang bersarang pada handphone OPPO.

Apabila sampai ditemukan terdapat aplikasi atau file yang mengandung virus maupun malware, maka biasanya kamu akan disarankan untuk menghapus atau mengkarantina. Namun terkadang aplikasi pun mempunyai sistem yang dapat langsung menangani virus atau malware agar membuat perangkat kembali normal.

Factory Reset

Apabila kedua cara di atas benar-benar masih tidak berhasil, maka kamu harus melakukan Factory Reset agar membuat handphone OPPO kembali ke pengaturan awal seperti baru pertama kali dinyalakan.

Namun Factory Reset memiliki risiko yang mana kamu akan kehilangan data, aplikasi, dan keluar dari semua akun di handphone. Untuk itulah sebaiknya kamu mencadangkan data terlebih dulu ke penyimpanan lain sebelum menekan Erase all Data pada aplikasi Settings.

Nantinya handphone akan lanjut ke proses reset agar sistem kembali pengaturan pabrik awal dan menjadi normal seperti sedia kala.

Tinggalkan Komentar