Tips dan Trik

Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut yang Mengganggu

Cara Menghilangkan Virus Shortcut dari Flash Disk[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Virus shortcut adalah salah satu virus yang menjengkelkan bagi pengguna komputer. Meski mampu merambah dengan cepat, virus jenis ini ternya mudah untuk dihilangkan.

Jika kamu pelajar atau mahasiswa, pastinya pernah dong memanfaatkan warnet atau tempat fotokopi buat nge-print tugas setidaknya sekali atau dua kali. Berdasarkan pengalaman saya, tempat tersebut adalah salah satu tempat utama penyebaran berbagai macam jenis virus komputer.

Untuk mencetak tugas atau laporan, kita harus menghubungkan media penyimpanan ke salah satu komputer di warnet atau tempat fotokopi tersebut. Dan pada saat itu, tanpa kita sadari berbagai macam virus dapat menyalin dirinya untuk dimasukkan ke dalam media penyimpanan yang digunakan.

Jika sudah seperti itu, selamat karena media penyimpanan pun telah menjadi media penyebaran virus-virus tersebut. Tak jarang, komputer atau laptop pribadi pun ikut tertular karena kita hubungkan dengan media penyimpanan ini.

Virus sebenarnya adalah sebuah aplikasi atau program yang dapat menggandakan diri dan menyisipkan salinannya ke dalam sebuah program maupun data. Meski cenderung tak berbahaya bagi perangkat keras, virus dapat mencuri dan merusak data yang kita miliki.

Meskipun demikian, tidak semua virus berbahaya bagi komputer maupun data kita. Ada beberapa jenis virus yang hanya membuat kita merasa terganggu saat menggunakan komputer. Salah satu contohnya adalah virus Shortcut yang biasanya hanya menyembunyikan data-data yang kita simpan dalam flash disk, dan menggantinya dengan Shortcut.

Kalau sudah demikian, banyak orang yang kebingungan. Bahkan tidak sedikit orang harus menginstal antivirus yang dapat menghilangkan virus tipe ini.

Meskipun telah banyak antivirus yang dapat digunakan untuk menanggulangi virus Shortcut, sebenarnya terdapat cara yang sangat mudah untuk menghilangkan virus tersebut tanpa menginstal antivirus.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut tanpa Antivirus

Menghapus Virus Shortcut dengan Command Prompt

Jika flash disk Anda terinfeksi virus Shortcut namun Anda belum menginstal antivirus yang dapat menghapusnya, Anda tidak usah khawatir. Karena virus tersebut ternyata dapat dihapus melalui Command Prompt di komputer Windows kita. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt. Anda dapat menekan tombol Windows + R, kemudian mengetikan cmd dan klik oke untuk membuka tools ini. Anda juga dapat membukanya melalui kolom pencarian saat kita menekan tombol Windows.
  2. Jika sudah terbuka, arahkan tools untuk mengakses flash disk yang akan dibersihkan, dengan mengetikan partisi diikuti dengan tanda titik dua. Contoh, saat partisi flash disk adalah G, maka tinggal ditulis G: kemudian tekan enter.
  3. Setelah itu ketikan perintah attrib -s -h -r -a * . * /s /d untuk membuat data, folder, maupun virus terlihat.
  4. Jika proses di atas telah selesai, buka flash disk melalui Explorer dan hapus virus dan Shortcut dari flash disk.

Dengan cara di atas kita tak perlu kebingungan lagi saat virus Shortcut menyerang saat kita tidak memiliki Antivirus di komputer. Sangat mudah bukan cara menghilangkan virus Shortcut dari komputer yang kita miliki. Selamat mencobanya.

Leave a Comment