Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengunci WhatsApp dengan Pin Agar Tidak Diintip Orang Lain

Cara Mengunci WhatsApp dengan Pin Header

Gadgetren – Aplikasi pesan WhatsApp sudah menjadi media komunikasi baik untuk mengirim pesan, ngobrol, menelpon, melakukan panggilan video, hingga mengirim dokumen seperti foto, video, dan file lainnya.

Dengan mengandalkan jaringan internet dan tidak dipungut biaya apapun, semua orang bisa menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan rekan, keluarga, dan orang terdekat.

Namun dibalik kemudahan ini, tentunya ada banyak peluang keamanan pengguna terancam seperti data penting di dalamnya. Oleh karena WhatsApp pun telah memberikan sistem keamanan yang terenkripsi sehingga data-data yang pengguna di dalam chat maupun yang dibagikan bisa dilindungi dari pihak ketiga.

Selain sistem keamanan yang sudah dijamin oleh pihak WhatsApp, aplikasi komunikasi ini juga menyediakan sistem keamanan lainnya agar pengguna bisa lebih nyaman berkomunikasi atau menggunakan aplikasi WhatsApp.

Salah satunya berupa pengunci aplikasi di mana hanya pengguna yang bisa membukanya dengan memasukkan kata sandi atau pemindai sidik jari. Fitur tersebut disediakan langsung secara resmi oleh WhatsApp dan pengguna bisa mengaktifkannya di dalam menu pengaturan.

Dengan memberikan fitur penguncian, aplikasi WhatsApp tidak akan mudah dibuka oleh orang lain yang ingin membaca isi percakapan kita maupun informasi sensitif yang ada sehingga privasi keamanan pengguna bisa terjaga. Kita pun bisa menggunakan kedua pengunci tersebut secara sekaligus baik kata sandi dan sidik jari.

Cara Mengunci WhatsApp dengan Pin

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp di handphone kamu.
  • Ketuk tombol tiga titik di pojok kanan atas layar.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-1
  • Pilih menu Settings.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-2
  • Ketuk tombol Account dengan ikon kunci.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-3
  • Pilih menu Two-Step Verification.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-4
  • Ketuk tombol enable di bawah layar untuk mengaktifkan Two-step verification.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-5
  • Tulis 6 digit Pin dan ketuk tombol Next.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-6
  • Tulis kembali 6 digit Pin untuk konfirmasi dan ketuk tombol Next.
  • Tulis alamat email yang akan digunakan untuk mereset Pin jika lupa.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-8.
  • Tulis kembali alamat email tersebut untuk konfirmasi dan ketuk tombol Save.
  • Two-step verification pun sudah bisa digunakan.
  • Lalu ketuk tombol Done di bagian bawah layar.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-9
  • Keluar dari WhatsApp dan masuk kembali ke WhatsApp dengan Two-step verification 6 digit Pin yang sudah didaftarkan.Cara-mengunci-WA-dengan-Pin-10.

Di samping menggunakan Pin melalui Two-step verification, kamu juga bisa mengaktifkan pemindai sidik jari untuk masuk ke WhatsApp melalui menu Settings atau pengaturan yang dilanjutkan dengan memilih menu Privacy.

Selanjutnya kamu bisa memilih menu di paling bawah dengan menggulirkan layar hingga habis dan ketuk tombol Fingerprint Lock. Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan kunci sidik jari dan pilih durasi kunci dengan pilihan langsung terkunci, setelah 1 menit terkunci, dan setelah 30 menit terkunci.

Kamu juga bisa menonaktifkan menu untuk memperlihatkan atau tidak pengirim pesan pada notifikasi sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain yang ada di dekat handphone kamu. Namun jika ingin melihat notifikasi dan pengirim, kamu juga bisa menggeser tombol ke kanan untuk mengizinkannya.

Tinggalkan Komentar