ASUS Zenbook DUO UX8406
Aplikasi Berita

Bisa Rekam Suara Hingga Link Preview, WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Untuk Status

WhatsApp Feature Diagonal

Gadgetren – Setelah diperkenalkan beberapa waktu lalu, layanan pesan WhatsApp akhirnya merilis lima fitur baru untuk Status mencakup rekam suara, reaksi status, preview tautan, lingkaran profil status, dan opsi privasi status. Semua fitur ini sudah tersedia secara global dan di Indonesia.

Namun bagi pengguna  yang belum mendapatkannya bisa melakukan update WhatsApp di Google Play Store atau Apple App Store. Untuk pengguna atau Negara lainnya yang belum kebagian kabarnya akan disediakan secara bertahap ke depannya sehingga harus rajin memantau.

Dengan pembaruan ini, kini pengguna tak hanya bisa membuat status WhatsApp dengan teks, video, atau foto saja tetapi bisa merekam suara mereka. Pada menu status saat ingin mulai membuat pilihan ikon mikrofon akan muncul. Pengguna bisa langsung mengetuk ikon mikrofon tersebut untuk merekam suara mereka.

Durasi rekaman suara status WhatsApp ini ditentukan hingga 30 detik. Jika memakan waktu lebih maka pengguna tidak bisa mengunggah rekaman suara status di WhatsApp. Hadirnya rekaman suara untuk status ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lain buat pengguna yang lebih senang berbicara ketimbang mengetik.

Agar semakin seru, WhatsApp pun turut menambahkan pengalaman pengguna dengan menghadirkan reaksi status baru melalui emoji yang disediakan. Sama seperti ikon mikrofon untuk merekam suara, deretan delapan emoji akan muncul ketika pengguna ingin menanggapi status temannya.

Selain dengan emoji, pengguna pun masih bisa membalas status teman mereka dengan menggunakan teks, pesan suara, stiker, dan masih banyak lagi. Pembaruan tanggapan dengan emoji pada status WhatsApp ini mirip seperti tanggapan yang ada Instagram Story.

Cara menanggapi dengan emoji ini  jauh lebih sederhana tanpa panjang lebar dibandingkan membalas dengan teks atau pesan suara. Satu emoji misalnya emoji tertawa sembari menangis sudah bisa menjelaskan bahwa status yang dibuat itu lucu.

Selanjutnya pembaruan status di WhatsApp juga menghadirkan preview link atau pratinjau tautan. Saat pengguna ingin mengunggah tautan di status maka secara otomatis mereka tak hanya bisa melihat tautannya saja tetapi juga pratinjau visual konten tautan.

Fitur baru lainnya yang diberikan WhatsApp untuk status ialah lingkaran profil status dan pilihan privasi status. Pada fitur lingkaran profil status dihadirkan agar kita tidak ketinggalan dengan status dari orang atau teman. Saat pengguna membuat status maka secara otomatis lingkaran hijau akan muncul di foto profil kontak mereka.

Pembaruan-status-WhatsApp

Sementara pilihan privasi status sebenarnya sudah lama tersedia. Melalui fitur privasi status ini pengguna bisa mengatur status mereka bisa dilihat oleh pengguna tertentu yang mereka pilih. Ada tiga opsi yang disediakan yakni Kontak saya, Kontak saya kecuali, dan Bagikan hanya dengan.

Pada pilihan Kontak saya kecuali, pengguna bisa memilih kontak yang tidak mereka inginkan atau tidak cocok jika melihat status mereka. Sedangkan Bagikan hanya dengan, pengguna bisa memilih kontak tertentu saja yang jauh lebih sedikit dibandingkan Kontak saya kecuali.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar