Tips dan Trik

7 Cara Menghemat Kuota Paket Internet di Ponsel Android

Cara Menghemat Kuota Android Featured[Sumber: MaxPixel]

Gadgetren – Android adalah salah satu ponsel yang boros dengan kuota internet, karena harus selalu terhubung dengan internet agar dapat  digunakan melakukan banyak hal.

Apa jadinya jika perangkat Android tidak terkoneksi dengan internet? Perangkat tersebut hanya akan menjadi ponsel konvensional, dimana hanya dapat digunakan untuk membuat pesan SMS, panggilan suara, dan bermain beberapa game yang mendukung fitur offline.

Meskipun diberi dengan spesifikasi gahar, tanpa adanya koneksi internet, smartphone ini mungin akan memiliki julukan baru, yaitu stupid-phone, karena kebanyakan layanan aplikasi dan game sangat memerlukan koneksi internet, bahkan  diantaranya menuntut koneksi yang stabil dan cepat.

Namun, jika harus menuruti kemauan si ponsel pintar ini, Anda harus menghabiskan banyak kuota data internet, yang tak jarang menghabiskan bergiga-giga byte untuk setiap bulannya. Bagi sebagian orang, menghabiskan banyak kuota internet yang biayanya selangkit mungkin adalah hal yang wajar.

Namun, bagi kalangan tertentu, besarnya biaya untuk membeli langganan kouta internet merupakan hal yang sangat mahal.Berdasarkan penggunaan data internet yang saya lakukan, saya hampir menghabiskan setidaknya 6 GB kuota internet untuk setiap minggunya untuk menggunakan ponsel Android.

Jika Anda juga mengalami hal yang sama dengan saya, Anda dapat mencoba beberapa tips menghemat kuota internet seperti yang saya lakukan.

Matikan Semua Sinkronisasi

Mematikan Sinkronisasi Otomatis untuk Menghemat Kuota Internet

Sinkronisasi merupakan salah satu proses yang cukup memakan kuota internet, karena secara otomatis aplikasi akan membuat perangkat terhubung dengan internet untuk saling berbagi informasi. Oleh karena itu, agar kuota Anda tidak termakan oleh proses sinkronisasi ini, Google memberikan keleluasaan agar Anda dapat menon-aktifkan fitur sinkronisasi.

Selain dapat menghemat data, dengan mematikan sinkronisasi otomatis di Android, Anda dapat menghemat penggunaan baterai perangkat. Untuk menon-aktifkan sinkronisasi otomatis ini, buka Setting, pilih opsi Accounts, kemudian pilih ikon menu (ikon tiga titik pada sudut kanan atas), dan hilangkan centang pada Auto-sync data.

Batasi Penggunaan Internet

 

Mengatur Batas Penggunaan Data untuk Menghemat Kuota Internet

Kadang, kita menggunakan banyak kuota internet karena tidak tahu berapa kuota yang telah kita habiskan. Hal ini tentu dapat kita akali dengan membuat batasan banyaknya kuota yang dapat kita habiskan, agar tidak terlalu berlebihan menggunakannya.

Secara default, ponsel Android dibekali dengan fitur untuk membatasi penggunaan data internet yang kita gunakan. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Setting , kemudian buka Data Usage. Di menu Data Usage, Anda dapat mengaktifkan Data Limits. Namun, untuk mengaktifkannya, setiap versi Android dan perangkat berbeda-beda.

Gunakan Data Saver

Aktifkan Data Saver untuk Menghemat Kuota Internet

Data Saver merupakan fitur yang cukup populer belakangan ini. Banyak aplikasi yang mulai mengembangkan data saver di dalamnya, seperti Google Chrome, Opera, dan lainnya. Data Saver adalah fitur yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi menentukan penggunaan data yang tepat, sehingga tidak memakan banyak data internet.

Jika Anda menggunakan Android dengan versi yang lumayan baru, Data Saver juga dapat Anda atur untuk perangkat Android secara keseluruhan. Untuk mengaktikannya, buka Setting, pilih menu Data Usage, pilih opsi Data saver, klik slider ke on.

Unduh Konten

Unduh Konten Youtube untuk Menghemat Kuota Internet

Salah satu hal yang saya sering lakukan untuk menghemat kuota internet saya adalah mengunduh konten, atau membuat konten menjadi offline. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat kuota, karena hanya perlu menggunakan data internet sekali, namun dapat menikmati konten berulang kali.

Konten seperti musik, video, gambar, atau dokumen, merupakan file yang sering kita buka berkali-kali. Oleh karena itu, Anda lebih baik mengunduhnya, atau memanfaatkan mode offline pada aplikasi yang menawarkannya. Sebagai contoh video Youtube.

Melalu aplikasi resminya, kini Anda pun dapat membuat konten video menjadi offline. Sehingga video-video tersebut dapat Anda nikmati meskipun Anda tidak terhubung dengan koneksi internet. Namun, perlu diingat tidak semua konten video dapat Anda jadikan offline.

Oiya, sebelum mengunduh konten, sebaiknya Anda mengunduhnya melalui aplikasi maupun laman resminya. Kalaupun harus membeli, Anda sebaiknya juga membelinya. Mari kita hargai karya-karya mereka dengan semestinya ya!

Atur Semua Update untuk Menggunakan Jaringan Wifi

Set Auto Update ke Wi-Fi untuk Menghemat Kuota Internet Hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menghemat data adalah dengan mengatur semua pembaruan aplikasi, pembaruan dalam aplikasi, maupun pembaruan sistem Android pada penggunaan Jaringan Wifi. Pembaruan-pembaruan ini sangat memakan data internet yang kita miliki.

Untuk memperbarui sistem Android, biasanya Anda memerlukan setidaknya data sekitar 100 MB. Untuk memperbarui aplikasi, mungkin hanya memerlukan sekitar 10-20 MB (kecuali aplikasi tertentu seperti FB yang biasa sampai 70 MB), namun jika jumlah aplikasi banyak maka data yang diperlukan juga banyak.

Oleh karena itu, Anda dapat mengaturnya ke update melalui jaringan wifi. Untuk mengatur pembaruan Sistem, buka Setting, cari opsi System Update, kemudian atur Auto-download system update ke Auto-download via Wi-Fi. Untuk mengatur pembaruan aplikasi, buka Google Play Store, pilih ikon humberger (ikon menu pada bagian kiri atas), buka Setting, klik Auto-update apps, kemudian pilih Auto-update apps over Wi-Fi.

Menggunakan Paket Data yang Tepat

Jenis paket data juga mempengaruhi bagaimana kuota kita dapat cepat habis. Anda perlu menyesuaikan paket data yang akan Anda gunakan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda gamer, gunakan paket data untuk game, seperti paket data GameMax Telkomsel. Jika Anda lebih senang besosial medaia, pilih paket yang dapat menunjang sosial media Anda, seperti Kuota Aplikasi Indosat.


Demikian cara menghemat kuota versi saya, Anda dapat mencobanya untuk membuktikannya. Selain langkah diatas, perhatikan juga intensitas bersosial media Anda, termasuk mengakses konten-konten di dalamnya. Selain sosial media, perhatikan juga intensitas bermain game online.

Untuk lebih menghemat data, Anda juga dapat menggunakan aplikasi-aplikasi lite yang mulai banyak dikembangkan oleh platform, namun hal ini tidak saya sarankan karena tampilannya kurang bagus menurut saya. Selamat mempraktekannya.

Leave a Comment