Featured Review Smartphone

Review Xiaomi Redmi Note 5A – Layar dan Baterai Besar dengan Harga Murah

Xiaomi Redmi Note 5A

Xiaomi sudah dikenal sebagai vendor smartphone yang menyajikan smartphone Android berharga murah namun dengan performa yang mumpuni. Ini kembali dibuktikan oleh Xiaomi dengan dirilisnya ponsel Redmi Note 5A.

Redmi Note 5A adalah ponsel di kelas harga low-end terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan di Indonesia. Harga resminya adalah Rp. 1.699.000 dan membuatnya menjadi ponsel berukuran 5,5″ termurah dari Xiaomi di Indonesia.

Di dalam boks penjualan ponsel hanya tersedia perlengkapan dasar ponsel seperti charger, kabel USB, kartu garansi, kartu panduan, dan pin slot kartu SIM.  Tidak disediakan earphone sehingga harus membelinya sendiri.

Dengan layarnya yang berukuran 5,5″, Redmi Note 5A cukup memuaskan ketika menonton video dan kualitas warna yang ditampilkan juga cukup ok. Namun karena resolusi layarnya yang hanya 720 x 1280 piksel, gambar akan terlihat kurang halus terutama ketika melihat icon aplikasi dan ketika bermain game.

Kapasitas internal yang disediakan ponsel ini agak kecil. Dari 16 GB yang disediakan, hanya 10,16 GB yang dapat digunakan oleh pengguna. Tanpa kapasitas penyimpanan eksternal, ponsel ini tidak dapat diinstal banyak aplikasi apalagi game.

Untungnya Redmi Note 5A mengusung slot 3 kartu yaitu 2 slot untuk kartu SIM 4G dan 1 slot untuk MicroSD sehingga pengguna tetap dapat menggunakan fungsi Dual SIM sekaligus menggunakan kartu MicroSD untuk menyiasati kapasitas internal ponsel ini yang minim.

Desain

Xiaomi Redmi Note 5A - belakang

Tidak ada yang menonjol dari desain ponsel Redmi Note 5A selain tata letak komponennya yang didesain sesimetris mungkin oleh Xiaomi. Dari depan ponsel ini tidak jauh berbeda dengan ponsel lainnya karena menggunakan desain yang bisa dibilang generik.

Xiaomi tidak menyematkan pemindai sidik jari di ponsel ini. Komponen ponsel yang disediakan adalah komponen standar seperti kamera depan dan belakang, speaker, dan headphone jack. Yang agak beda adalah tersedianya IR Blaster di bagian atas ponsel.

Material yang digunakan untuk body ponsel adalah plastik polycarbonate, tidak terasa premium memang ketika digenggam namun begitu saya pribadi lebih senang Xiaomi memilih plastik dibandingkan material keramik yang mudah pecah. Dan, karena materialnya plastik membuat ponsel ini lebih mudah untuk digenggam.

Performa

Redmi Note 5A dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dan RAM 2GB. Spesifikasi tersebut sudah cukup untuk membuat ponsel ini cukup lancar digunakan.

Namun, beberapa kali ketika mengoperasikan ponsel, ponselnya sempat ngelag walaupun tidak sampai mengganggu. Melihat besar RAM yang hanya 2GB, ada kemungkinan ponsel ini akan menjadi lambat setelah beberapa bulan digunakan.

Ketika dites menggunakan aplikasi AnTuTu, Redmi Note 5A mendapatkan skor 36.491. Cukup bagus untuk ponsel kelas low-end. Beberapa game telah dicoba di ponsel ini dan berikut adalah hasilnya:

  • Need for Speed No Limits: loading lama dan kurang lancar performanya.
  • Dynasty Warriors Unleashed: kurang lancar performanya dan terkadang lag.
  • Mobile Legend: cukup lancar dimainkan.

Baterai

Salah satu poin plus menarik dari ponsel Redmi Note 5A adalah kapasitas baterainya yang cukup besar yaitu 3.080 mAh. Selama saya menggunakan ponsel ini, Redmi Note 5A sukses digunakan seharian untuk berselancar web dan berjejaring sosial tanpa perlu mengecas ponsel.

Pernah suatu kali ponsel ini tahan lebih dari 1 hari. Namun, jeleknya ponsel ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya baterai karena tidak adanya fast charging. Dengan menggunakan pengisi daya bawaan ponsel, membutuhkan waktu 3 jam untuk mengisi daya baterai dari level 20% ke 100%.

Software

Redmi Note 5A - MIUI 8

Redmi Note 5A sudah menggunakan MIUI 8 dan Android versi 7.1.2. Jika sebelumnya sudah pernah menggunakan ponsel Xiaomi maka akan terasa familiar dengan antarmukanya. Namun jika sebelumnya hanya pernah menggunakan ponsel Android lain mungkin akan sedikit kebingungan di awal-awal.

Ponsel ini dipastikan akan mendapatkan MIUI 9 yang baru-baru ini dirilis oleh Xiaomi. Untuk area Indonesia belum mendapatkan update-nya namun hanya tinggal menunggu waktu saja untuk mendapatkan update-nya.

Kamera

Tidak ada yang spesial dari kamera di Redmi Note 5A. Kualiatas yang dihasilkan cukup bagus untuk di kelas harganya. Beberapa foto terlihat lebih terang dari aslinya terutama jika menggunakan kamera depan.

Redmi Note 5A - Kamera AutoOutdoor – auto (resolusi asli)

Redmi Note 5A - Kamera Auto HDROutdoor – auto HDR (resolusi asli)

Redmi Note 5A - Kamera AutoIndoor – auto (resolusi asli)

Xiaomi Redmi Note 5A - Kamera - Indoor Low LightIndoor – minim cahaya – auto (resolusi asli)

Redmi Note 5A - Kamera SelfieSelfie – auto (resolusi asli)

Kesimpulan

Kelebihan

  • Layar lebar
  • Kapasitas baterai yang besar dan tahan seharian
  • Triple slot: 2 kartu SIM dan 1 MicroSD

Kekurangan

  • Kapasitas internal kecil
  • Agak kurang lancar untuk bermain game
  • Butuh waktu lama untuk mengecas penuh baterai

Xiaomi Redmi Note 5A adalah ponsel generik murah dari Xiaomi yang menghadirkan performa yang cukup untuk di kelas harganya.

Saya pernah menggunakan beberapa ponsel kelas low-end dan seringkali dibuat sebal dengan performanya. Namun, Redmi Note 5A sukses membuat saya tidak ingin melempar ponselnya karena performanya cukup cepat.

Tidak banyak ponsel kelas low-end yang menghadirkan layar 5,5″, chipset Snapdragon 425, dan baterai 3.080 mAh. Jika ingin membeli ponsel murah dengan layar lebar dan performa yang ok, Redmi Note 5A bisa menjadi pilihan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Firman Nugraha
Author Rating
41star1star1star1stargray

Leave a Comment