Featured Tips dan Trik

Sudah Tahu Bedanya RAM dan ROM?

Perbedaan RAM dan ROM Featured[Sumber: MaxPixel]

Gadgetren – Sebelum membeli perangkat, baik itu komputer, laptop, atau ponsel, kapasitas RAM atau ROM menjadi salah satu kriteria spesifikasinya. Namun, sudah tahukah Anda bedanya RAM dengan ROM?

Bagi orang yang telah lama berkecimpung di dunia teknologi informasi, kedua istilah tersebut tentu bukan menjadi hal yang membingungkan. Namun, bagi orang awam mungkin akan berbeda, bahkan mungkin belum pernah mendengar istilah tersebut.

RAM dan ROM adalah jenis memori yang digunakan dalam perangkat-perangkat bersistem, yaitu perangkat yang dapat melakukan proses komputasi, seperti komputer dan ponsel. Lalu memori manakah yang paling penting?

Kedua memori ini sama pentingnya, karena memiliki fungsi dan kemapuan yang berbeda dalam membantu perangkat bekerja. Perangkat bersistem, seperti ponsel pintar yang sedang menjadi primadona di pasar teknologi informasi, dapat bekerja jika memiliki kedua memori tersebut.

Apa itu RAM?

RAM atau Random Access Memory merupakan memori perangkat komputasi yang memiliki kemampuan menyimpan data-data yang dapat diakses secara acak tanpa mempedulikan urutan letak data tersebut.

Memori ini merupakan media penyimpanan yang dapat digunakan menyimpan data secara real-time saat CPU (Unit Pemroses) menjalakan aplikasi atau program di komputer atau ponsel. Saat aplikasi atau program berjalan, informasi berubah secara aktif sehingga dibutuhkan RAM untuk menyimpannya.

RAM adalah media yang bekerja sebagai memori utama pada perangkat, meskipun pada beberapa kasus dapat digunakan sebagai memori sekunder. Dan untuk menunjang kemampuan hal tersebut, RAM biasanya dikembangkan agar dapat dibaca maupun ditulis.

Apa itu ROM?

Berbeda dengan RAM, ROM memiliki kepanjangan kata Read-only Memory, yang berarti memori yang hanya dapat dibaca oleh perangkat komputer atau ponsel. Seperti namanya, memori perangkat jenis ini merupakan memori permanen, dimana kita tidak dapat menulis data dengan mudah di dalamnya, namun dapat membacanya dengan mudah.

Memori permanen ini juga mampu menyimpan data yang lebih lama, karena data-data yang tersimpan dalam ROM tidak akan hilang meskipun perangkat tidak dialiri daya listrik. Dengan kemampuan ini, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan firmware atau BIOS.

Beda RAM dan ROM

RAM

ROM

Butuh daya listrik untuk tetap menyimpan dataDapat menyimpan data meskipun tidak ada daya listrik
Mudah untuk dibaca dan ditulisSudah ditulis, mudah dibaca
Berjalan secara real-timeBiasanya sekali tulis dengan update beberapa kali
Memori VolatilMemori non-volatil

Leave a Comment