Bengkel

Mengapa Memori Internal Samsung Galaxy J2 Prime Cepat Penuh?

Samsung Galaxy J2 Prime Header

Kembali lagi ke hari yang paling ditunggu, yakni Rabu. Seperti biasanya pada hari ini tim Gadgetren akan membahas tips, trik, hingga solusi mengenai masalah-masalah yang sering terjadi pada gadget milik Gadgeter.

Untuk kesempatan kali ini, Gadgeter baru saja mendapatkan pertanyaan mengenai masalah memori internal atau ROM smartphone Samsung Galaxy J2 Prime yang selalu cepat penuh. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan masalah ini maka dapat melihat penjelasan dan solusinya sebagai berikut ini :

Pertanyaan :

Kak, mengapa memori internal Samsung Galaxy J2 Prime saya cepat penuh sih?

Jawaban :

Samsung Galaxy J2 Prime merupakan smartphone entry-level buatan Samsung yang hadir secara resmi di Indonesia dengan harga terjangkau. Untuk saat ini, harga resmi Galaxy J2 Prime di Indonesia mencapai Rp 1,5 juta.

Dari sektor hardware, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan chipset Mediatek MT6737T Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 1,5 GB, dan storage internal 8 GB yang dapat ditambhakan microSD hingga 256 GB.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel dan berteknologi PLS TFT. Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.2, autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 dan LED Flash yang cukup lumayan dalam mengakomodasi foto selfie maupun wefie. Tak ketinggalan, baterai berkapasitas 2.600 mAh, WIFi, Bluetooth, dukungan jaringan 4G-LTE, FM Radio, port microUSB 2.0, port jack audio 3,5mm, dan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow telah hadir di dalamnya.

Apabila kita perhatikan memang Smasung Glaaxy J2 Prime sedikit mahal dengan harga dan spesifikasi hardware ditawarkan. Bayangkan saja kompetitiornya mampu menawarkan smartphone dengan harga Rp 999.000, namun memiliki Snapdragon 425, RAM 2 GB, dan storage internal 16 GB.

Kembali ke permasalahan awal mengenai smartphon Samsung Galaxy J2 Prime yang cepat penuh. Hal ini disebabkan karena memori internal yang dimiliki smartphone ini hanya 8 GB, dimana sistem operasi biasanya membutuhkan storage minimal mencapai 4 GB.

Tentu saja membuat Samsung Galaxy J2 Prime hanya bisa menggunakan memori internal 4 GB untuk menginstal aplikasi, menyimpan foto, file, video, maupun musik. Apabila aplikasi zaman sekarang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar sehingga akan membuat memori internal Samsung Galaxy J2 Prime cepat habis.

Solusi

Untuk mengatasi permasalah memori internal Samsung Galaxy J2 Prime yang cepat habis, maka Gadgeter dapat menggunakan microSD dengan kapasitas 16 GB hingga 64 GB untuk menyimpan musik, file, maupun video.

Usahakan microSD tersebut minimal Class 10 agar bisa membaca data dengan cepat. Selain itu, data aplikasi jejaring sosial pun dapat ditargetkan untuk disimpan di microSD agar memori internal Samsung Galaxy J2 Prime tidak cepat penuh.

Namun apabila tidak ingin menggunakan microSD maka Gadgeter dapat memindahkan foto, video, musik, dan file lainnya dari Samsung Galaxy J2 Prime ke laptop, Mac, atau PC secara berkala agar memori internal tidak cepat penuh.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar

9 Komentar

  • Tapi kan kak,saya punya samsung galaxy j2 prime,dia punya system 5.1 gb daripada 8 gb,tapi kak cakap 4 gb je guna,dengan ini saya hanya boleh guna 2.8 gb je

    • mungkin jadi 5,1gb setelah ada update sistem operasi atau sejenisnya, berarti sisa yang bisa digunakan juga jadi lebih sedikit
      8gb memang sudah ga cukup untuk sekarang ini

  • percuma pake sd card. kan orang pake hp itu karena appsnya.bukan video foto etc. Baru isntall facebook, whatsapp, udah low memory. install gojek gabisa.

    hp ini adalah hp mainan. cuma bisa itu doang. terima sms telpon. udah. Memorynya walaupun expandable microsd, sdcardnya cuma bisa diisi foto video. apps ga bisa dipindah ke sdcard. hp ini mainan.

  • Lebih parah punya saya…. masa memori sistem makan memori 7 gb… jd buat yg lainnya cuman kebagian 1gb kurang otomatis di pake apk wa fb memori udah penuh…. apakah benar memory sistem samsung j2 makan memori 7gb…. pencerahan nya sobat

    • Android sekarang memang besar2 ukuran sistemnya sekitar 6-10GB mulai dari Android KitKat
      Ini akibat banyak library pendukung dan tampilan buatan vendor itu sendiri

      • ini lebih ke arah habis yg tak wajar om, cobain pake langsung dulu dan rasain pengalaman selama gunain tuh hp, segitu banyak kah cache yg di hasilkan meski minim instal aplikasi? kalo penjelasannya cuma perkara “karena memorinya hanya 8gb dan yg tersisa hanya sebagian”, itu orang awam sekalipun udah mafhum,
        Btw kelemahan yg lainnya dari J2 Prime ini dari segi durability hardwarenya yg rentan bgt rusak, pengalaman pake sudah pernah ganti Tuchscreen (blm 1 tahun), sudah pernah ganti LCD (lewat dari 1 tahun), tombol capasitive nya yg gak bergfungsi (penggunaan hampir 2 tahun), semua dalam penggunaan yg wajar dan normal, ya walaupun misal dalam penggunaan yg kurang wajar/kurang apik seharusnya durabilitasnya ga seburuh itu tho? Brand raksasa Samsung lho iki

        • Tergantung jenis aplikasinya, cache ga pengaruh ke sebarapa banyak aplikasi yang diinstal. Contoh walaupun cuma instal Instagram, cachenya aja bisa makan lebih dari 1GB kalau ga pernah dibersihin
          Dan memang memorinya cuma 8GB, update sistem operasi itu bakal semakin makan tempat jadi ga bisa diacuhkan gitu aja.
          Soal durabilitas, hampir semua smartphone kelas low end era sekarang punya durabilitas yang ga bagus. 1-2 tahun itu bakal minta ganti karena memang banyak biaya produksi dipotong. Coba bandingin sama hp low end dari brand yang ga sebesar samsung, dijamin kemungkinan masalah yang muncul juga lebih banyak.
          Kalau memang mentingin durabilitas, minimal smartphone mid end atau yang memang fokus ke durabilitas.