Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Handphone OPPO

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Handphone OPPO

Gadgetren – Handphone OPPO yang hadir di Indonesia mempunyai banyak variasi mulai chipset, RAM, dan memori internal sehingga membuat harganya berbeda-beda.

Memori internal menjadi salah satu faktor penting dalam memilih handphone OPPO. Semakin tinggi kapasitas memori internal tnetunya akan membuat perangkat mampu menyimpan banyak aplikasi, game, maupun data pribadi.

Namun tidak menutup kemungkinan kapasitas memori internal yang ada di handphone OPPO bisa saja menjadi penuh walaupun sudah berkapasitas besar sehingga selalu menerima notifikasi untuk mengosongkan kapasitas atau menghapus beberapa aplikasi.

Sebenarnya memori internal penuh di handphone OPPO pun terjadi karena beberapa faktor dan bisa diatasi dengan beberapa metode.

Cara Mengatasi Memori Penuh di Handphone OPPO

Pindahkan Data Pribadi ke microSD

Selain banyak aplikasi dan game terinstal, biasanya memori internal penuh disebabkan oleh terlalu banyaknya file yang tersimpan di handphone OPPO. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan microSD untuk menampung data seperti lagu, video, foto, maupun dokumen.

Namun kamu tidak perlu memindahkan aplikasi dan game ke microSD karena kecepatan tulis dan bacanya tidak secepat memori internal. Hal inilah yang membuat banyak produsen tidak mengizinkan perpindahan aplikasi atau game ke microSD di handphone buatan mereka agar tidak menimbulkan masalah.

Bersihkan Cache Aplikasi

Cache merupakan data sementara yang disimpan pada memori internal handphone yang bertujuan agar aplikasi dapat lebih cepat dan efisien ketika dibuka kembali.

Sayangnya terkadang aplikasi chat, jejaring sosial, maupun game mengambil kapasitas memori internal cukup banyak dalam menyimpan file cache. Maka dari itu kadang kala kamu perlu melakukan Clear Cache pada halaman Aplikasi yang bisa diakses melalui menu Settings.

Pindahkan File ke Penyimpanan Eksternal

Namun jika handphone OPPO milikmu tidak didukung slot microSD, maka kamu dapat memindahkan data pribadi lainnya ke penyimpanan lain seperti komputer, SSD eksternal, HDD eksternal, flashdrive, atau cloud storage.

Kamu dapat menggunakan fitur USB On-The-Go yang tersedia di handphone OPPO untuk langsung memindahkan data ke penyimpanan lain. Sementara untuk cloud storage, akun Google kamu sudah menyediakan kapasitas sebesar 15 GB secara gratis ketika mendaftar.

Sementara memindahkan data dari handphone OPPO ke komputer dapat dilakukan dengan mudah melalui kabel data. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang memanfaatkan fitur WiFi Direct untuk dapat melakukan perpindahan data dari handphone secara nirkabel ke laptop dengan cepat.

Hapus Aplikasi Berukuran Besar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aplikasi jejaring sosial atau chat biasanya memakan banyak ruang penyimpanan di memori internal. Apalagi aplikasi chat sejenis WhatsApp kerap menyimpan video atau foto sehingga semakin membaut penyimpanan internal sesak.

Untuk aplikasi media sosial seperti Instagram atau Facebook, kamu dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari handphone dan sebagai alternatifnya mengakses langsung situsnya lewat.

Selain itu, game mobile masa kini pun biasanya membutuhkan kapasitas yang tidak sedikit untuk beragam aset miliknya. Misalnya Genshin Impact saja langsung membutuhkan kapasitas 10 GB agar bisa berjalan pada handphone seutuhnya.

Untuk itu sebaiknya kamu bijak untuk tidak install terlalu banyak game yang sudah ketahuan memiliki ukuran file besar. Apabila memori internal handphone OPPO kamu tidak terlalu besar, maka install saja game yang menurut kamu penting dan paling sering dimainkan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar