Tips dan Trik

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terkoneksi Wifi

Cara Memperbaiki Laptop yang Tidak Konek Wifi Featured[Sumber: Flickr]

Gadgetren – Tak jarang sebagian dari kita, memanfaatkan jaringan wifi untuk memperoleh koneksi Internet. Namun, apa jadinya jika laptop yang kita gunakan tidak dapat terhubung dengan wifi?

Konektivitas internet sudah masuk kedalam kebutuhan primer dari sebagian orang, termasuk saya. Sudah menjadi hal yang lumrah, jika setiap hal di kehidupan ini membutuhkan koneksi internet, sepeti berkomunikasi dengan keluarga maupun bekerja.

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhubung ke internet adalah dengan menggunakan jaringan wifi yang berada di sekitar kita. Apalagi, saat ini untuk menemukan jaringan wifi pun sangat mudah, dari jaringan milik Telkom Speedy, ataupun jaringan wifi yang dipasang secara gratis di beberapa tempat makan atau tempat nongkrong.

Sayangnya, beberapa waktu belakangan ini terdapat beberapa kasus dimana perangkat laptop tidak dapat terhubung ke jaringan wifi. Saya pun mengalaminya sendiri, yang mana saya harus sedikit berusaha untuk menghubungkan laptop pada beberapa jaringan wifi.

Daftar jaringan wifi muncul di laptop saya. Namun, saat mencoba mengkoneksikannya dengan salah satu SSID wifi, tiba-tiba wifi saya seolah-olah ditolah dari SSID tersebut. Namun perlu diperhatikan, pada kasus yang saya alami, permasalahan ini dapat terjadi pada SSID yang sama, yaitu SSID yang pernah saya gunakan sebelumnya.

Saya menggunakan sistem operasi Windows 10, dan beberapa teman saya yang menggunakan sistem operasi ini juga mengalami hal yang sama. Bahkan, ada dari beberapa teman saya yang harus menginstal ulang laptop yang dimilikinya.

Instal ulang mungkin bisa menjadi langkah akhir untuk mengatasi permasalahan seperti ini, namun berdasar apa yang pernah saya lakukan berikut ini beberapa hal yang dapat digunakan untuk membuat Windows 10 terkoneksi dengan jaringan wifi lagi.

Memuat Ulang Sistem dengan Kondisi Auto Connect

Menggunakan Mode Otomatis Menyambungkan Wifi

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghubungkan laptop ke jaringan wifi adalah dengan membuatnya secara otomatis terhubung ke SSID yang akan digunakan. Jika tidak dapat terhubung, Anda dapat merestart laptop yang Anda gunakan.

Cara ini adalah cara yang cukup manjur bagi saya, meskipun harus memuat ulang (merestart) komputer dua sampai tiga kali, bahkan lebih banyak. Sebelum Anda memuat ulang komputer, atur dulu laptop ke mode otomatis terhubung dengan jaringan wifi.

Klik ikon wireless connection, kemudian pilih salah satu nama SSID, centang Connect Automatically, baru tekan tombol Connect. Selanjutnya, jika laptop belum dapat terhubung, restart laptop beberapa kali hingga berhasil terhubung.

Mencopot Driver dan Memasangnya Kembali

Disable Driver Wifi

Jika cara di atas belum berhasil, Anda perlu mengecek pada bagian drivernya. Jika driver telah terpasang dengan baik, coba disable kemudian enable kembali. Buka Device Manager pada Windows 10, dengan cara klik tombol Windows kemudian ketikan Device Manager lalu Enter.

Jika sudah muncul tools Device Manager, cari bagian Network Adapter dan klik pada bagian tersebut. Dalam bagian ini, Anda dapat menemukan daftar daftar driver untuk jaringan. Klik kanan pada driver wifi yang digunakan, pilih opsi Disable Device. Setelah itu, pada driver yang sama, klik kanan dan pilih Enable Device.

Mengupdate Driver Wifi ke Driver Paling Baru

Permasalahan tidak dapat terhubungnya laptop dengan wifi bisa saja terjadi karena laptop yang kita gunakan memasang driver yang usang dan tidak kompatibel lagi dengan update terbaru dari sistem Windows, meskipun seharusnya driver juga ikut diperbaharui saat mengupdate sistem Windows.

Oleh karena itu, Anda dapat mengunduh driver wifi paling baru yang sesuai dengan wifi komputer Anda kemudian menginstallnya

Biasanya, perusahaan pengembang laptop memiliki web yang menyediakan kumpulan driver untuk perangkat yang dikembangkannya dan Anda cukup mencarinya berdasarkan tipe laptop yang Anda gunakan. Dan untuk mempermudah pencarian, beberapa perusahaan menyediakan pencarian berdasarkan ID produk.

Roll Back Driver ke Versi yang Lebih Jadul

Roll Back adalah istilah dimana kita menggunakan sistem yang lama setelah menginstal sistem baru. Seperti halnya Windows yang dapat kembali ke versi sebelumnya, kita juga dapat mengembalikan versi driver ke yang lebih lama, saat perangkat dapat bekerja normal.

Namun, seperti halnya mengupdate driver ke versi baru, Anda harus mengunduhnya terlebih dulu melalui laman web pengembang laptop Anda. Biasanya, selain menyediakan driver dengan upadate paling baru, beberapa perusahaan juga menyyediakan driver lama.

Selamat mencoba beberapa cara mengatasi permasalahan wifi pada Windows 10 berdasar pengalaman yang saya alami. Jika beberapa cara di atas belum cukup manjur, Anda dapat mencoba cara lain, seperti mengeset DNS ke opsi otomatis, atau menggunakan fitur Troubleshoot Problems.

Leave a Comment