Tekno Tips dan Trik

Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Connect di Berbagai Perangkat

Handphone Wifi

Gadgetren – Akses internet sudah semakin mudah karena kamu bisa menemukan jaringan WiFi di berbagai tempat seperti rumah, restoran, mall, kampus, taman, kafe, dan masih banyak lagi.

Rata-rata WiFi memiliki jaringan internet yang stabil dan lancar karena biasanya menggunakan provider fiber optic dengan paket yang cukup digunakan untuk banyak orang.

Namun pastinya kamu akan merasa jengkel ketika WiFi tidak bisa connect atau tersambung ke laptop maupun handphone kita. Untuk mengatasinya, kamu dapat melihat solusinya sebagai berikut.

Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Connect

Aktif dan Nonaktifkan WiFi di Perangkat

Biasanya pada saat jaringan WiFi tiba-tiba tidak terkoneksi, maka sebaiknya kamu coba menonaktifkan terlebih dulu fitur WiFi pada handphone atau laptop.

Setelah sekitar 30 detik, barulah kamu kembali mengaktifkan WiFi lagi. Apabila masih tidak bisa juga, maka kamu dapat melakukan secara berulang untuk memastikan apakah memang ada masalah atau tidak.

Restart Perangkat

Pada saat handphone atau laptop telah digunakan dalam waktu yang lama, terkadang sistem operasi akan mengalami sedikit error atau bug yang berakibat tidak tersambungnya koneksi WiFi.

Kamu dapat langsung melakukan restart pada handphone atau laptop untuk memastikan memang hanya kesalahan sistem. Biasanya setelah perangkat menyala kembali, maka sistem operasi akan kembali normal dan dapat terkoneksi dengan WiFi.

Aktifkan Airplane Mode

Biasanya ketika WiFi tiba-tiba tidak terkoneksi dengan handphone, maka kamu dapat coba untuk mengaktifkan Airplane mode. Nantinya sistem akan menonaktifkan koneksi selular dan WiFi untuk sementara waktu selama mode tersebut aktif.

Setelah beberapa saat, kamu dapat kembali mematikan Airplane mode dan selanjutnya mengaktifkan WiFi untuk menghubungkannya dengan jaringan yang sedang aktif. Jika kamu belum tahu cara mengaktifkan Airplane mode, berikut langkahnya.

  1. Pada halaman Home Screen
  2. Buka Quick Settings dengan menyapu layar dari bagian atas ke bawah
  3. Aktifkan mode Airplane Mode
  4. Handphone akan keluar dari jaringan WiFi dan selular secara otomatis
  5. Matikan Airplane mode
  6. Pilih kembali jaringan WiFi yang akan dihubungkan
    Restart WiFi Airplane

Forgot Network di Handphone

Pada saat penyediaan jaringan WiFi secara tiba-tiba mengubah password atau kata kunci untuk akses, maka secara otomatis handphone yang kamu miliki tidak dapat terkoneksi dengan WiFi. Untuk itulah kamu dapat melakukan Forgot Network terlebih dahulu seperti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Settings di handphone
  2. Pilih menu WiFi
  3. Pilih dan tahan jaringan WiFi yang akan dilupakan
  4. Tekan tombol Remove This Network atau Forgot This Network
  5. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Remove atau Forgot
  6. Secara otomatis jaringan WiFi tersebut tidak terhubung lagi
  7. Masuk ke kembali ke jaringan WiFi dengan menggunakan password yang baru
    Restart WiFi Forgot

Aktifkan Fitur Keep WiFi

Pada beberapa handphonei, umumnya pemutusan jaringan WiFi akan dilakukan secara otomatis ketika kamu tidak terlalu sering menggunakan koneksi internet atau posisi dalam kondisi low battery untuk menghemat baterai perangkat.

Kamu pun dapat mengaktifkan fitur Keep WiFi yang mencegah pemutusan hubungan jaringan WiFi ketika pemakaian internet sedang minim atau tidak digunakan sama sekali.

  1. Akses menu atau aplikasi Settings
  2. Pilih menu WiFi
  3. Tekan menu Options berikon titik yang terdapat di bagian kanan atas
  4. Pilih menu Advanced dan aktifkan menu Keep WiFi on during sleep atau Terus nyalakan WiFi selama periode tidur

Reset Network Settings

Apabila semua cara di atas tidak dapat dilakukan sama sekali, maka kamu sebaiknya menggunakan fitur Reset Network Settings agar mengembalikan pengaturan jaringan seperti semula.

  1. Akses aplikasi Settings di handphone
  2. Pilih menu Additional Settings dan pilih menu Back up and reset
  3. Tekan menu Erase all data (factory reset)
  4. Pilih opsi Reset network settings
  5. Masukkan password, pattern, atau sidik jari apabila dibutuhkan
  6. Tekan tombol Reset network settings dan tunggu hingga proses selesai
  7. Selanjutnya, kamu dapat kembali masuk ke jaringan WiFi dan masukkan password
    Restart WiFi Reset network

Update Driver WiFi Pada Laptop

Biasanya driver yang sudah usang menjadi salah satu persamalahan WiFi tidak mau tersambung dengan laptop. Biasanya hal ini ditandai dengan indikator WiFi terhubung, namun laptop tidak mendapatkan koneksi internet.

Untuk pengguna sistem operasi Windows, kamu dapat melakuan update driver dengan cara berikut.

  1. Buka Start Menu yang berikon logo Windows di Taskbar
  2. Ketik Device Manager di kolom pencarian
  3. Klik kanan pada opsi Network Adapter
  4. Pilih opsi Update Driver

Restart Router atau Modem

Terkadang Router atau Modem yang digunakan secara nonstop bisa mengalami sedikit kepanasan sehingga terkadang membuat jaringan WiFi menjadi tidak bisa terhubung ke perangkat lain.

Kamu dapat melakukan restart router atau modem, baik secara software melalui browser atau hardware dengan menekan tombol on/off di perangkat.

Hubungi Teknisi Penyedia Internet

Apabila semua cara telah dilakukan dan masih tidak berhasil, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada jaringan dari provider atau penyedia layanan sehingga koneksi WiFi kembali tersambung.

Jika kamu pemilik WiFi, maka sebaiknya menghubungi teknisi dari penyedia layanan internet agar memperbaiki jaringan sekaligus mengecek permasalahan apa saja yang terjadi ketika perangkat tidak bisa tersambung.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar