ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Mengapa Tidak Ada Internet Padahal Jaringan WiFi Sudah Terhubung?

Mengapa Tidak Ada Internet Padahal Jaringan WiFi Sudah Terhubung[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Jaringan WiFi menjadi metode yang sering digunakan untuk memberikan akses internet pada berbagai tempat baik itu rumah, restoran, kafe, tempat umum, maupun lainnya.

Dengan tersebarnya jaringan WiFi, kamu dapat menikmati akses internet untuk bekerja, belajar, maupun hiburan semata. Namun apa jadinya ketika WiFi yang sudah terhubung ke perangkat kamu ternyata tidak ada akses internet sama sekali?

Tidak adanya akses internet di WiFi pastinya akan membuat kamu bingung dan penasaran mengapa hal ini bisa terjadi yang padahal jelas-jelas terlihat bahwa indikator sinyal WiFi terlihat penuh. Untuk itu kamu harus mengenali beberapa masalah yang sering terjadi apabila WiFi terhubung, namun tidak memberikan koneksi internet sama sekali.

Alasan Mengapa Tidak Ada Internet Padahal Terhubung ke WiFi

Modem, Router, dan MiFi Terlalu Lama Aktif

Biasanya untuk menikmati WiFi setiap saat, perangkat seperti modem, router, atau MiFi perlu dibiarkan aktif setiap hari selama 24 jam tanpa henti. Tentunya terkadang ini bisa menyebabkan terjadinya masalah karena sudah digunakan dalam waktu yang lama tanpa adanya istirahat.

Salah satunya menyebabkan terjadinya hilang koneksi internet walaupun indikator sinyal WiFi terlihat penuh. Kamu dapat melakukan restart terhadap modem, router, atau MiFi pribadi kamu agar sistem dapat berjalan normal kembali. Namun apabila berada kamu tidak punya akses ke perangkat, maka dapat menghubungi administrator untuk melakukan restart.

Gangguan Jaringan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa terkadang operator atau penyedia jasa internet tidak lepas juga akan gangguan pada waktu tertentu. Hal ini akan membuat jaringan WiFi yang terhubung ke perangkat tidak akan mendapatkan akses internet karena memang gangguan dari sumbernya.

Maka dari itu sebaiknya kamu menghubungi pihak penyedia jasa internet apabila untuk memastikan apa memang tengah adanya gangguan atau tidak.

Kecepatan Internet Lambat

Pada saat orang banyak akses internet di suatu jaringan WiFi, tentunya akan berpengaruh pada kualitas koneksi internet. Walaupun handphone atau komputer kamu terkoneksi dengan jaringan WiFi tersebut, namun kecepatan internet yang sangat menurun akan membuatnya kesulitan untuk mengakses internet.

Maka dari itu kamu sebaiknya kamu mencari jaringan WiFi lainnya atau membatasi jumlah perangkat yang bisa terhubung. Namun jika kamu mempunyai kartu operator yang memiliki kecepatan internet dengan bagus, maka dapat mencoba melakukan tethering dari handphone untuk bisa mendapatkan akses internet.

Jaringan WiFi Hanya Khusus Untuk Perangkat Tertentu

Pada perkantoran, kampus, rumah sakit, dan tempat lainnya sering kali memiliki sebuah jaringan WiFi khusus yang sudah dirancang oleh administrator agar hanya perangkat tertentu saja yang bisa menggunakannya.

Hal ini dilakukan agar koneksi yang diberikan tetap terjaga kualitasnya. Maka dari itu meskipun perangkat kamu bisa terhubung dengan jaringan WiFi tersebut, namun perangkat tidak akan mendapatkan akses internet karena tidak masuk dalam daftar.

Perangkat yang Terhubung Bermasalah

Dalam beberapa kasus, terkadang justru perangkat yang kamu gunakan yang memiliki masalah. Maka dari itu, kamu bisa coba melakukan restart terhadap perangkat untuk memastikan dapat bekerja secara normal dan pastikan perangkat lain bisa terhubung.

Apabila masih tidak bisa juga, maka kemungkinan besar ada suatu masalah yang menyebabkan perangkat tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi. Untuk memastikan apakah permasalahan ada di sistem atau komponen, maka kamu bisa coba melakukan Reset Factory agar sistem kembali seperti awal.

Perlu dicatat Reset Factory akan menghilang data yang tersimpan di perangkat sehingga kamu perlu melakukan pencadangan terlebih dulu agar data penting tidak ikut dihapus. Jika hasilnya masih tidak bisa terhubung, maka sebaiknya hubungi service center atau teknisi ahli agar dicek komponen mama yang menjadi masalah.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar