Featured Review Smartphone

Review ASUS Zenfone 4 Selfie Pro : Smartphone Dua Kamera Depan dengan Hasil Foto Selfie 24 MP

Review ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

Setelah membawa ASUS Zenfone 4 Max Pro ke Indonesia, dikabarkan ASUS akan membawa dua smartphone selfie generasi terbarunya yang bernama ASUS Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selife Pro.

Bahkan artis terkenal Korea Selatan yang bernama Gong Yoo selaku brand ambassador ASUS Zenfone generasi keempat akan hadir di Indonesia dalam peluncuran kedua smartphone tersebut. Menariknya, baru-baru ini saya berkesempatan untuk melakukan review ASUS Zenfone 4 Selfie Pro selama beberapa hari.

Dalam paket penjualannya sendiri, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro ini juga telah dibekali dengan casing jelly yang cukup kokoh untuk melindungi bodi bagian belakangnya. Selain itu, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro yang saya dapatkan berwarna merah yang menarik.

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro sendiri telah dibekali dengan dua kamera depan untuk memanjakan penggunanya dalam berfoto selfie. Selain itu, performa dan daya tahan baterai yang dimilikinya pun cukup menarik. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan spesifikasi hardware, performa, fitur, kekurangan, dan kelebihan dari smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Desain

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro Header

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro memiliki desain ciri khas Zenfone generasi keempat yang memiliki desain ramping, bahkan ketebalannya hanya mencapai 6,85 mm. Selain itu, pada bagian belakangnya terdapat dua garis antena di atas dan bawah.

Untuk kamera utamanya sedikit menonjol yang ditempatkan pada bagian belakang lengkap dengan LED Flash. Pada bagian bawahnya terdapat, port microUSB 2.0 untuk cas atau transfer data, lubang speaker, dan port jack audio 3,5mm.

Beralih ke bagian depan, terdapat tombol fisik home pada bagian depannya yang telah disematkan sensor fingerprint. Sementara tombol back dan recent berjenis kapasitif dengan backlight yang memudahkan penggunanya untuk mengaksesnya dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Pada bagian depan atasnya terdapat dua kamera andalan lengkap dengan LED Flash untuk memanjakan pengguna selfie. Pada bagian kirinya terdapat SIM Tray yang bersifat hybrid, dimana terdapat dua slot nano SIM dan harus slot SIM kedua harus dikorbankan untuk memasukkan kartu microSD.

SIM Tray ini sendiri dapat dibuka dengan Pin atau jarum yang telah disematkan dalam paket penjualannya. Selain itu, tombol volume dan power ditempatkan secara sejajar pada bagian kanannya. Namun kedua tombol ini agak susah diakses atau keras ditekan ketika menggunakan casing jelly yang diberikan oleh pihak ASUS.

Dua Kamera Depan 12 MP duo-pixel + 5 MP

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro Dual Camera

Smartphone yang satu ini memiliki dua kamera di bagian depannya yang memiliki kombinasi kamera 12 MP dengan dukungan duo-pixel ditambah kamera wide-angle 5 MP. Kamera utama 12 MP ini mampu menghasilkan foto selfie hingga mencapai resolusi 24 MP berkat hadirnya teknologi duo pixel, namun secara bawaannya menghasilkan foto selfie 12 MP.

Selain itu, Gadgeter juga bisa menghasilkan foto selfie berefek bokeh pada resolusi maksimal 12 MP berkat hadirnya fitur Portrait Mode. Namun bagi Gadgeter yang ingin menghasilkan foto selfie dengan area yang luas maka dapat menggunakan kamera wide-angle hingga beresolusi 5 MP.

Beberapa fitur yang hadir pada kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro terdiri dari Selfie Panorama, Auto, Beauty, dan GIF Animation. Smartphone ini juga memiliki kamera belakang beresolusi 16 MP yang dapt menghasilkan foto dengan baik, bahkan mampu memproduksi foto bokeh dengan fitur Portrait Mode.

Untuk memanjakan Gadgeter dengan kamera belakangnya, ASUS telah menyematkan beberapa fitur yang terdiri dari Beauty, Pro, Super Resolution, GIF Animation, Panorama, Slow Motion, hingga Time Lapse yang dapat dikreasikan sesuai kebutuhan. Bagi Gadgeter yang penasaran dengan kamera depan dan belakangnya maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Kamera Depan

Portrait Mode fix

Foto Selfie Portrait Mode

 

Selfie Beauty fix

Foto Selfie Beauty

 

Kamera Belakang

Kamera Utama fix

Foto Kamera Belakang

 

Kamera Utama HDR fix

Foto Kamera Belakang + HDR

Sensor Fingerprint

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro memiliki sensor fingerprint yang terdapat pada tombol fisik home di bagian depan yang dapat mendeteksi sidik jari hanya dalam waktu 0,3 detik saja sehingga memudahkan penggunanya untuk membuka kunci smartphone dengan cepat.

Selain membuka kunci smartphone, sensor fingerprint ini juga dapat digunakan untuk mengamankan aplikasi-aplikasi lain. Untuk bisa mengaktifkan sensor ini, penggunanya dapat mengunjungi menu security di bagin Settings.

Selanjutnya, Gadgeter dapat membuka menu fingerprint pada menu security dan melakukan kalibrasi dengan menempatkan sidik jari pada tombol fisik home. Nantinya Gadgeter bisa mendaftarkam 5 sidik jari berbeda dalam smartphone.

Performa

Zenfone 4 Selfie Pro Love

Spesifikasi hardware yang ditawarkan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro terdiri dari chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, GPU Adreno 506, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Bisa dibilang performanya cukup stabil ketika saya menjalankan multitasking beberapa aplikasi, mulai dari SMS, chatting, email, maupun telepon. Selanjutnya, smartphone ini mampu menjalankan game berat, seperti Dynasty Warrior, Asphalt 8, Need for Speed No Limit dengan lancar.

Skor benchmark AnTuTu yang dihasilkan oleh Zenfone 4 Selfie Pro bisa dibilang standar pada smartphone berprosesro Qualcomm Snapdragon 625 umumnya yang mencapai 65.169 poin. Sementara skor GeekBench mencapai 873 poin dalam pengujian single-core dan 4.158 poin dalam pengujian multi-core. Terakhir, Zenfone 4 Selfie Pro berhasil mendapatkan skor 14.038 poin dalam pengujian Ice Storm Unlimited.

Performa Zenfone 4 Selfie Pro

Tombol recent multifungsi

Salah satu keunikan dalam smartphone keluarga Zenfone terdapat pada tombol Recent yang multifungsi. Pada Zenfone Selfie generasi sebelumnya, fungsi tombol recent terdiri dari memperlihatkan aplikasi yang telah dijalankan, melakukan screenshot, atau menampilkan menu.

Namun pada ASUS Zenfone yang menggunakan sistem operasi Android Nougat, tombol Recent memiliki satu fungsi lagi untuk menampilkan split-screen dengan hanya menekan serta menahannya beberapa detik ketika aplikasi telah berjalan dan penggunanya dapat memilih satu aplikasi lagi sehingga secara otomatis layar akan menampilkan dua aplikasi sekaligus.

Daya Tahan Baterai

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro Belakang

ASUS percaya diri dengan memberikan baterai berkapasitas 3.000 mAh pada Zenfone 4 Selfie Pro karena menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki efisiensi dalam mengonsumsi daya baterai.

Bisa dibilang smartphone ini daya tahan baterai ini bisa dibilang cukup lama. Untuk menguji ketahanan baterai dari smartphone ini, saya melakukan berbagai kegiatan mulai dari menonton Youtube, bermain game, membuka jejaring sosial, chatting, SMS, dan melakukan telepon dengan teman maupun relasi.

Hasilnya ASUS Zenfone 4 Selfie Pro mampu bertahan sekitar 11 jam mulai dari kondisi baterai 100% hingga 0%. Sebagai catatan, saya menggunakan satu kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE sehingga apabila Gadgeter menyematkan dua kartu SIM pada smartphone yang satu ini maka hasil waktu ketahanan baterainya akan berbeda.

Sementara itu, ASUS juga menyematkan fitur fast charging pada smartphone ini sehingga daya baterai dapat diisi selama 1 jam 45 menit mulai dari kondisi baterai 0% hingga 100% berdasarkan pengalaman yang saya lakukan. Tentu saja pengisian daya baterai ini bisa dibilang cepat mengingat kapasitas baterainya mencapai 3.000 mAh.

Android 7.1.1 dengan Nougat

Sistem operasi Android Nougat yang dibalut dengan tampilan antarmuka ZenUI telah hadir pada Zenfone 4 Selfie Pro Android Nougat sendiri menawarkan berbagai fitur menarik, seperti efisien dalam konsumsi daya baterai, split-screen yang memungkinkan dua aplikasi dapat berjalan dalam satu layar sekaligus, emoji terbaru, dan masih banyak lagi.

Tampilan antarmuka ZenUI merupakan buatan dari ASUS sendiri yang memungkinkan penggunanya dapat mengubah tema maupun wallpaper sesuai dengan keinginannya. Gadgeter dapat mengaksesnya dengan memiliki aplikasi Themes yang sudah tersedia langsung dalam smartphone ini.

Layar 5,5 inci Full HD AMOLED

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro Layar

ASUS Zenfone 4 Selfie Pro telah dilengkapi dengan layar 5,5 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan berteknologi AMOLED. Bisa dibilang teknologi AMOLED ini membuat tampilannya menjadi terang dan kaya warna ketika dilihat secara kasat mata.

Selain itu, ASUS juga telah menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar smartphone ini. Bahkan layar dari Zenfone 4 Selfie Pro mampu disentuh 10 jari sekaligus dan mendukung juga sentuhan dengan sarung tangan.

Kesimpulan

Setelah saya menggunakan smartphone ini dalam aktivitas beberapa hari, bisa dibilang ASUS Zenfone 4 Selfie Pro sudah memuaskan saya dalam menjalankan beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Selain itu, dukungan dua kamera 12 MP duo-pixel + 5 MP wide-angle memanjakan saya untuk mengambil foto selfie.

Namun kamera depan dan belakangnya dalam kondisi minim cahaya masih perlu dioptimalkan oleh engineer dari ASUS. Selain itu, smartphone ini bertenaga dan hemat daya baterai dengan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz. Sensor fingerprint pada tombol home di bagian depannya juga sangat membantu saya untuk membuka kunci smartphone dengan cepat.

Nah, bagi Gadgeter yang sedang mencari smartphone dengan kamera selfie maupun kamera utama bagus dan performa yang menarik maka dapat memiliki ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. Untuk harga resminya di Indonesia mencapai Rp 4.999.000.

Tabel Spesifikasi

WarnaRogue Red, Sunlight gold, Deepsea black
LayarIPS LCD 5,5 inci HD 1.280 x 720 piksel
Dimensi154,02 mm x 74,83 mm x 6,85 mm
Berat147 g
ProsesorQualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz
GPUAdreno 506
RAM4 GB
ROM64 GB
microSDYa, hingga 2 TB
Baterai3000 mAh
Kamera Utama16 MP (Belakang), aperture f/2.2, Sony Exmor IMX351, LED Flash
Kamera DepanDua Kamera 12 MP duo-pixel, aperture f/1.8, Sony Exmor RS IMX362 + 5MP wide-angle (Depan), Omnivision 5670, aperture f/2.2, LED Flash
Sistem OperasiAndroid 7.1.1 Nougat
Antar MukaAsus ZenUI 4.1
SensorFingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass
Kartu SIMnano-SIM (4G) & nano-SIM (4G)
Jaringan/KonektivitasGSM / HSPA / LTE, Wi-Fi, microUSB v2.0, Bluetooth v4.2, port jack audio 3,5mm
Harga Rp 4.999.000

Leave a Comment