Featured Review

Review D-Link DAP-1365 N300 Wi-Fi Extender

D-Link DAP-1365 Header

Gadgetren – Pasti ada kala di mana kamu mendapatkan sinyal Wi-Fi yang lemah di suatu ruangan sedangkan di ruang lainnya sangat penuh?

D-Link DAP-1365 N300 Wi-Fi Range Extender bias menjadi solusi akan masalah tersebut. Perangkat ini dibuat dengan tujuan untuk memperpanjang jangkauan Wi-Fi dari router yang ada agar kamu tetap mendapatkan sinyal kuat dan berkualitas untuk terhubung ke layanan internet.

Nah tim Gadgetren kali ini berkesempatan untuk mencoba D-Link DAP-1365 ini, lalu bagaimana kemampuan perangkat satu ini? Berikut review D-Link DAP-1365 dari saya.

Desain

D-Link DAP-1365 N300 Wi-Fi Range Extender yang saya ulas ini merupakan model yang mempunyai colokan listrik tambahan agar tetap bisa menggunakan alat elektronik lain di stop kontak yang sama. Untuk sebagian orang termasuk saya hal ini termasuk cukup penting karena semua stop kontak yang ada di rumah bersifat tunggal atau tidak ada yang lain di sampingnya.

D-Link DAP-1365 Depan

Ukuran dari D-Link DAP-1365 terbilang cukup besar dan tebal, tetapi dengan desainnya yang minimalis membuatnya tidak terlihat mencolok. Walaupun begitu perangkat ini akan terlihat sangat memakan tempat kalau kamu memasangnya di stop kontak jenis power strip karena akan menyulitkan colokan di sampingnya..

D-Link DAP-1365 Samping

D-Link DAP-1365 ini mempunyai dua buah antena yang bisa dikeluarkan dan dilipat di bagian depan untuk menjaga sinyal tetap berkualitas. Pada bagian depan terdapat beberapa lampu indikator power dan sinyal. Melalui indikator tersebut kamu bisa mengetahui seberapa baik sinyal yang ada sehingga bisa memindahkan ke lokasi yang lebih tepat tanpa harus mengkira – kira.

D-Link DAP-1365 Lampu

Di samping kanan kamu akan menemukan tombol WPS, reset, dan Ethernet Port yang sangat berguna saat hanya tersedia konektivitas melalui kabel LAN saja. Secara keseluruhan desain perangkat satu ini cukup baik dan kokoh serta D-Link sepertinya memikirkan segala jenis skenario agar Wi-Fi Range Extender ini dapat bekerja dengan baik.

Setup

D-Link DAP-1365 memiliki tiga metode pemasangan yang bisa digunakan untuk menghadirkan jaringan Wi-Fi tambahan. Proses pemasangan D-Link DAP-1365 bisa dilakukan oleh orang yang tidak paham soal jaringan sama sekali jadi tidak perlu khawatir.

Metode pertama sangatlah mudah karena kamu hanya perlu menekan tombol WPS yang ada di router dan DAP-1365 ini, tanpa berlama – lama perangkat akan langsung mengkonfigurasikan secara otomatis sesuai seperti dengan pengaturan pada yang dihubungkan.

D-Link DAP-1365 Aplikasi

Untuk pemasangan melalui aplikasi juga cukup mudah walaupun prosesnya terbilang lebih panjang. Kamu diharuskan download aplikasi D-Link QRS Mobile dan masuk ke jaringan Wi-Fi yang sudah ada. Selanjutnya kamu tinggal memasukkan nama SSID dan sandi yang diperlukan untuk bias masuk ke jaringan.

Selain itu ada juga Ethernet Port yang bisa digunakan saat kamu berada di lokasi yang menyediakan kabel LAN saja atau sebaliknya untuk menghubungkan perangkat yang hanya punya Ethernet Port saja.

Performa

D-Link DAP-1365 mempunyai klasifikasi N300 yang secara teori memiliki kecepatan hingga 300 Mbps dalam frekuensi 2,4 GHz.  Keuntungannya perangkat – perangkat Wi-Fi lama yang kamu miliki dipastikan dapat terhubung ke DAP-1365 tanpa kendala karena mendukung frekuensi 2,4 GHz yang digunakan sebagian besar perangkat elektronik saat ini.

Untuk tahu kemampuan nyatanya, saya coba memindahkan data berukuran 7GB dengan jumlah file sekitar 245 buah dari komputer utama ke laptop yang umum ditemui di pasaran saat ini. Seluruh data yang ada membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dipindahkan dengan kecepatan rata-rata 5,1 MB/s atau sekitar 41 Mbps.

D-Link DAP-1365 Kecepatan

Dari hasil tersebut dapat terlihat kalau D-Link DAP-1365 sanggup memenuhi kebutuhan jaringan Wi-Fi kebanyakan pengguna saat ini karena memiliki kecepatan yang tidak jauh berbeda dari router kebanyakan yang biasanya digunakan di rumah.

Satu hal yang perlu diketahui, DAP-1365 memiliki jangkauan yang tidak terlalu jauh (hingga 7-10 meter) sehingga lebih cocok digunakan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi dalam sebuah ruangan kecil saja. Namun, kamu mungkin berada di kamar tidak mendapatkan sinyal yang cukup bagus maka DAP-1365 pas untuk situasi seperti itu dan bisa menjadi solusi.

Kesimpulan

D-Link DAP-1365 Lengkap

D-Link DAP-1365 N300 Wi-Fi Extender ini berfungsi sebagai mana mestinya, sangat mudah digunakan, dan bisa membantu mengurangi kabel menjalar terutama kalau kamu mempunyai tempat yang sulit dicakup oleh sebuah router-modem saja. Desainnya memang cukup besar, namun masih bisa dimaklumi. Proses pemasangan yang mudah dan lampu indikator yang lebih informatif membuat DAP-1365 bisa digunakan oleh siapa saja.

Performa kecepatan transfer data yang ditawarkan terbilang biasa saja dan tidak terlalu cepat, namun untuk sebagian besar pengguna Indonesia hal tersebut sudah lebih dari cukup. Akhir kata, D-Link DAP-1365 N300 Wi-Fi Extender bisa menjadi solusi kebutuhan jaringan nirkabel di rumah yang patut dimiliki karena memberikan kemudahan dalam menghubungkan perangkat nirkabel lainnya dan bisa digunakan dalam berbagai kondisi.

Summary
Review Date
Reviewed Item
D-Link DAP-1365 N300 Wi-Fi Extender
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Comment