Berita

Update iOS 10.3 Sudah Rilis, Apa Saja Kelebihannya?

Kelebihan iOS 10.3 update Header

GADGETREN – Apple selaku perusahaan yang membuat iPhone beberapa hari lalu akhirnya telah merilis update iOS 10.3 untuk kamu para pengguna perangkat iPhone 5 ke atas.

Apple memang terkenal akan sikap konsisten mereka yang terus memberikan pembaruan sistem operasi secara berkala untuk perangkat mereka yang memang mendukung. Kehadiran iOS 10 pada tahun lalu memberika berbagai perubahan mendasar khususnya pada tampilan antar muka iOS seperti hilangnya “Slide to Unlock” yang menjadi ciri khas iPhone.

Setiap pembaruan sistem operasi selalu mencoba untuk mengoptimalkan sistem operasi dari sebelumnya agar semakin lebih nyaman digunakan. Memang terkadang akan memunculkan bug yang menggangu, namun secara keseluruhan kamu sebaiknya selalu melakukan update ke versi terbaru.

Bagi kamu yang menginginkan update iOS 10.3 ini harus mempersiapkan kuota internet terlebih dahulu atau sebaiknya menggunakan jaringan WiFi karena ukurannya kali ini cukup besar, yakni 600MB. Jangan heran juga kalau proses update berjalan lama karena ada perubahan sistem.

iOS 10.3 Update

Kelebihan iOS 10.3

Dengan hadirnya iOS 10.3 ini, Apple memberikan beberapa tambahan fitur yang cukup menguntungkan untuk para pengguna tahu. Kelebihan iOS 10.3 yang paling utama merupakan implementasi teknologi APFS atau Apple File System dari HFS+ yang berfungsi untuk mengoptimalkan berapa besar penyimpanan yang digunakan oleh sistem dan aplikasi.

Semakin banyak aplikasi yang terpasang pada iPhone kamu, maka seharusnya semakin besar juga penyimpanan yang terbebaskan pada pembaruan ini. Teknologi ini pastinya sangat menguntungkan buat kamu yang masih menggunakan iPhone berkapasitas 16GB.

iPhone 5s berkapasitasi 16GB milik saya pun mengalami kenaikan penyimpanan yang tersisa dari 3,6GB menjadi 4,1GB. Hal tersebut cukup memuaskan karena memang pada iPhone 5s saya tidak terlalu banyak aplikasi melainkan lebih ke foto, video, dan musik.

iOS 10.3 Penyimpanan Bebas

Selain itu, kamu sekarang dapat menyewa dan menonton film yang diinginkan melalui iTunes ke semua perangkat Apple yang mendukungnya. Buat kamu yang menggunakan AirPods juga akan mendapatkan keuntungan dengan update iOS 10.3 ini karena AirPods dapat dilacak dengan menggunakan Find My iPhone.

Kemampuan Siri sebagai asisten virtual juga kembali ditingkatkan agar dapat melakukan beberapa perintah tambahan. Masih ada beberapa pembaruan lain sebenarnya, namun hal tersebut terbilang tidak terlalu signifikan terutama untuk pengguna iPhone di Indonesia.

Haruskah Kamu Update ke iOS 10.3?

Tanpa berpikir panjang lagi, kamu harus langsung melakukan pembaruan ini sebab teknologi APFS yang baru diimplementasikan ini saja sudah bisa menjadi alasan. Ditambah lagi fitur keamanan dan optimalisasi kinerja agar iPhone kamu lebih nyaman digunakan. Berbeda dengan versi sebelumnya, kelebihan iOS 10.3 akan cukup terasa terutama buat kamu yang menggunakan model yang sudah mulai lawas.

Cara Melakukan Pembaruan ke iOS 10.3

Kamu dapat melakukan pembaruan ke versi iOS 10.3 melalui over-the-air (OTA) pada menu pengaturan. Namun, jika kamu tidak mendapatkan notifikasi tersebut maka kamu dapat mengikuti beberapa cara yang Gadgetren telah berikan sebelumnya pada halaman ini.

Tidak perlu bingung buat kamu yang ragu ingin melakukan update atau tidak karena kalau kamu tidak suka dengan iOS 10.3 dapat kembali ke versi sebelumnya dengan cara melakukan downgrade. Untuk langkah – langkah melakukan downgrade langsung saja kunjungi halaman ini.

 

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment