Tips dan Trik

Perbedaan iPhone SE dan 5s Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Perbedaan iPhone SE dan 5s Header

GADGETREN – Banyak penggemar Apple meminta untuk menghadirkan iPhone yang lebih kecil setelah peluncuran iPhone 6. Apple menjawabnya dengan iPhone SE yang mirip iPhone 5s.

Beberapa dari kamu mungkin bertanya apa sih perbedaan iPhone dan 5s bukan? Kalau melihat dari segai desain memang tidak ada yang terlalu mencolok bedanya, masih sama – sama menggunakan desain serupa dengan bodi aluminum dan pinggiran metal. Bagian belakangnya juga tetap diapit oleh dua buah kaca menutupi antena.

Nah untuk mempermudah bagi kamu yang sedang mempertimbangkan antara keduanya, berikut perbedaan iPhone SE dan 5s yang wajib kamu ketahui.

Prosesor

Perbedaan iPhone SE dan 5s Prosesor

Perbedaan paling mendasar antar keduanya terletak pada otak yang digunakan. iPhone SE mengusung chipset Apple A9  64-bit dan M9 co-processor yang lebih cepat dibandingkan chipset A7 64-bit dan M7 co-processor miliki iPhone 5s. Perbedaan hingga 2 generasi menyebabkan iPhone SE punya performa jauh lebih bertenaga bahkan hingga dua kali lipat.

Kamu akan merasakan proses memasang, membuka, dan memuat aplikasi lebih cepat. Pengenmbangan chipset yang sudah matang juga membuat iPhone SE lebih stabil untuk digunakan dalam kegiatan sehari – hari.

Baca Juga:

RAM & Penyimpanan Internal

Perbedaan iPhone SE dan 5s Gaming

iPhone akhirnya sudah mulai mengikuti jejak Android dan menyadari akan keuntungan kapasitas RAM lebih luas. iPhone 5s yang dikeluarkan beberapa tahun lalu masih menawarkan RAM 1GB sedangkan iPhone SE sudah 2GB sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi siapa pemenangnya.

Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, iPhone tidak perlu menutup aplikasi sepenuhnya dan menyimpan proses di belakang layar saat tengah tidak digunakan. Hal ini memungkinkan iOS untuk memangil kembali data lebih cepat ketika kamu membuka aplikasi yang sama.

Soal penyimpanan internal, sayangnya iPhone SE kini hanya menawarkan varian 16GB dan 64GB saja. Berbeda dengan iPhone 5s yang menawarkan tiga varian, yakni 16GB, 32GB, dan 64GB sehingga pengguna lebih leluasa untuk memilih sesuai kebutuhan.

Baterai

Perbedaan iPhone SE dan 5s Apps

iPhone SE juga mengalami peningkatan kapasitas baterai dari 1.560 mAh pada iPhone 5s menjadi 1.642 mAh. Perbedaannya memang tidak terlalu signifikan dibandingkan yang biasanya terjadi pada smartphone Android. Namun, akibat kemampuan optimalisasi sistem operasi iOS yang sangat baik, peningkatan sedikit pun dapat memberikan daya tahan baterai hingga beberapa jam lebih lama.

Kamera

Perbedaan iPhone SE dan 5s Camera

Perangkat iPhone terkenal dengan kualitas hasil kameranya yang sangat baik dan selalu termasuk dalam jejeran teratas saat pertama kali diluncurkan. iPhone SE menawarkan kamera belakang 12MP dengan besaran piksel 1,22 ?m sedangkan iPhone 5s menawarkan kamera belakang 8MP dengan besaran piksel 1,5 ?m.

Alhasil dengan kamera belakang dari iPhone SE dapat memberikan jumlah piksel lebih banyak sehingga foto teerlihat lebih baik dan jelas. Selain itu, kamera dari iPhone SE dapat merekam video hingga resolusi 4K dalam 30fps sedangkan iPhone 5s masih hanya 1080p dalam 30fps.

Lebih baru

iPhone SE TouchID

Lebih baru? Yah iyalah ga usah ngomong kali. Tenang dulu, lebih baru di sini maksudnya iPhone SE akan lebih tahan lama kalau kamu membelinya sekarang. Hal ini disebabkan iPhone 5s sudah tidak diproduksi lagi oleh Apple dan akan dihentikan dukungannya pada peluncuran iOS 11 atau 12. Jadi dipastikan iPhone SE akan punya masa hidup lebih lama untuk kamu gunakan bahkan bisa sampai 4 tahun mendatang sebelum dukungan dihentikan.

Ditambah lagi iPhone SE punya fitur anyar mengikuti perkembangan jaman, seperti Apple Pay, Retina Flash, hingga Live Photos. Jadi kamu dapat menikmati secara penuh apa yang ditawarkan oleh sistem opearsi iOS terbaru.

Leave a Comment