Tips dan Trik

10 Fitur Trik iPhone Belum Kamu Ketahui Yang Dirahasiakan Oleh Apple

Trik rahasia iphone iOS

Di era sekarang ini smartphone bukan hanya sekedar mengirim pesan SMS atau melakukan panggilan telepon saja, tetapi juga mempunyai banyak fitur dan fungsi lainnya. Tidak semua orang tahu seluruh seluk beluk dari sistem operasi yang digunakan pada smartphone tersebut termasuk iOS dari Apple.

Nah, tahukah kamu kalau iPhone punya fitur yang jarang diketahui oleh penggunanya bahkan jarang dibahas oleh pihak Apple sendiri. Nah Gadgetren kali ini berbagi trik iPhone yang sangat berguna untuk dilakukan dalam keseharian. Berikut 10 trik rahasia iPhone yang wajib kamu ketahui untuk para pengguna smartphone Apple.

1. Charge lebih cepat: Buat kamu yang mungkin baterai iPhone telah habis dan ingin buru-buru cepat terisi dapat melakukan charge dengan kondisi iPhone dalam modus Low Power dan Airplane aktif keduanya atau salah satu saja.

2. Clear cache: Kamu dapat membersihkan data yang tidak diingiinkan seperti riwayat pencarian di aplikasi bawaan iPhone dengan cara mengetuk kategori yang terdapat di bagian bawah sebanyak 10x berturut-turut.

3. TouchID lebih akurat: Trik ini lebih berguna untuk iPhone yang menggunakan TouchID generasi awal seperti iPhone 5s atau iPhone 6. Agar TouchID bekerja lebih cepat dan akurat, kamu bisa memasukkan profil jari yang sama beberapa kali.

4. Redial: Buat yang dulu sering menggunakan telepon rumah pasti paham dengan apa itu redial. Di jaman modern gini yang semua kontak sudah tersedia, kamu juga tetap bisa melakukan redial loh. Caranya tahan tombol telepon berwarna hijau di aplikasi telepon beberapa saat.

5. Spotlight: Daripada repot menggunakan kalkulator, kamu bisa menggunakan fitur Spotlight untuk melakukan perhitungan atau melakukan konversi mata uang seperti yang bisa juga dilakukan lewat Google.

6. Clear RAM: Sebenarnya iOS tidak perlu melakukan pembersihan RAM secara berkala karena telah didesain secara efisien. Namun, apa salahnya jika sesekali kamu membersihkan RAM untuk memberikan ruang agar aplikasi dapat bekerja lebih baik. Membersihkan RAM bisa dilakukan dengan cara menahan tombol Power hingga muncul tulisan “Slide to power off” lalu kemudian tekan tombol Home sampai layar berkedip dan kembali ke layar utama.

7. Burst mode: Banyak yang tidak tahu kalau aplikasi kamera di iOS memiliki fitur burst atau mengambil foto secara beruntun. Cara untuk bisa menggunakan burst cukup mudah kok, kamu tinggal menahan tombol kamera ketika ingin mengambil foto.

8. Recently Close Tabs: Tidak sengaja menutup halaman web yang sedang dibaca? Kamu bisa langsung mengembalikannya dengan cara menekan dan tahan simbol + di Safari untuk membuka daftar tab yang belum lama tertutup.

9. Request Desktop Version: Ketika kamu sedang membuka suatu halaman web mungkin terkadang merasa tampilan kurang bagus atau terbiasa melihat versi komputer. Kamu bisa langsung meminta tampilan desktop dengan cara menahan tombol reload yang berada di samping kanan kolom URL.

10. Back Forward: Tidak jarang pengguna smartphone iPhone kesulitan untuk menjangkau tombol back atau kembali yang berada di bagian atas kiri. Nah, di beberap aplikasi kamu bisa menggunakan fitur geser kiri dan kanan untuk berpindah aplikasi.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren