Berita Tips dan Trik

iOS 11 Membuat Baterai Boros? Cobain Cara Ini Agar Kembali Hemat

iOS 11 Boros Baterai Header

iOS 11 akhirnya resmi meluncur dan sudah bisa langsung diunduh untuk melakukan pembaruan pada iPhone. Tapi kabarnya iOS 11 boros baterai?

Kedatangan sistem operasi terbaru dari Apple, iOS 11, memang sudah ditunggu-tunggu khususnya oleh para pengguna perangkat iPhone. Walaupun tidak semua model iPhone mendapatkan iOS 11 dan sempat membuat beberapa perangkat brick ketika awal peluncuran. Namun, beberapa pengguna juga mengeluhkan bahwa pada iOS 11 boros baterai.

Masalah iOS 11 boros baterai sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi setiap ada pembaruan sistem operasi pada smartphone termasuk perangkat dari Apple seperti iPhone. Tentu saja solusi yang paling ampuh agar kinerja baterai kembali normal harus menunggu update iOS 11 dari Apple yang telah memperbaiki masalah ini.

Namun, daripada harus menunggu lebih baik mencoba beberapa tips untuk iPhone berikut ini agar permasalahan iOS 11 boros baterai bisa diminimalisir dengan cara menghemat penggunaan.

Solusi iOS 11 Boros Baterai & Cara Menghemat

Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan saat mengalami iOS 11 boros baterai

  1. Mengecek aplikasi paling menguras daya
  2. Matikan Background App Refresh
  3. Low Power Mode
  4. Display Brightness
  5. Hard Reset

Untuk mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan dari setiap tahap tersebut, kamu bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

Mengecek Aplikasi

Boros baterai pada iPhone kamu belum tentu sepenuhnya dikarenakan oleh iOS 11. Salah satu penyebab paling umum diakibatkan oleh aplikasi yang terpasang, ditambah lagi aplikasi tersebut belum dioptimalisasikan sesuai dengan iOS 11. Kamu tinggal mengunjungi Setting > General untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menguras baterai.

Jika aplikasi tersebut menguras baterai secara berlebihan, maka sebaiknya kamu mengurangi penggunaan untuk menghemat sampai pembuat aplikasi memberikan pembaruan terbaru yang telah disesuaikan untuk iOS 11.

iOS 10 Penggunaan Baterai

Background App Refresh

Salah satu hal yang sering dilewatkan oleh pengguna smartphone adalah mengatur seberapa sering aplikasi mengambil informasi terbaru dan siap ditampilkan ketika menggunakannya kembali. Namun, jika kamu mempunyai aplikasi yang melakukan refresh dalam jumlah banyak dipastikan akan menguras tenaga dari iPhone itu sendiri bukan karena iOS 11 boros baterai.

Jadi sebaiknya kamu mematikan fitur ini untuk beberapa aplikasi yang dianggap tidak penting atau jarang digunakan seperti Stocks atau Podcast. Untuk mengatur fitur ini kamu dapat mengunjungi Setting > General > Background App Refresh lalu matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

iOS 10 App Background

Low Power Mode

Seperti pada smartphone kebanyakan, iOS 11 juga mempunyai fitur Low Power atau Hemat Daya yang bisa digunakan. Modus Low Power ini biasanya akan aktif ketika daya iPhone telah mencapai 20% agar benar-benar menghemat baterai hingga titik terakhir, tetapi kamu juga bisa mengaktifkannya secara manual melalui Setting > Battery > Low Power Mode.

iOS 10 Low Power Mode

Display Brightness

Layar yang menyala merupakan salah satu penyumbang boros baterai dan beberapa pengguna melaporkan bahwa fitur pengaturan otomatis pencahayaan iOS 11 membuat layar lebih terang dari seharusnya. Oleh karena itu sebaiknya keterangan diatur secara manual pada Setting > Display & Brightness > Auto-Brightness > Off.

iOS 10 Brightness

Hard Reset

Jika kamu tidak pernah atau jarang sekali melakukan reset perangkat iPhone, maka cara ini akan cukup dibutuhkan. Ketika kamu tidak pernah reset perangkat smartphone, aplikasi yang terpasang banyak yang berjalan di belakang layar dan terus menimbun data yang membuat baterai boros. Nah untuk membersihkan seperti semula dapat melakukan Hard Reset pada iPhone dengan cara menekan tombol Home + Power selama 10 detik. Fitur ini tidak akan menghapus data pribadi jadi tenang saja.


Itu dia beberapa tips untuk meminimalisir permasalahan iOS 11 boros baterai buat yang kamu mengalaminya. Jika tetap tidak berhasil maka sebaiknya kamu menunggu versi pembaruan iOS 11 atau kembali menggunakan iOS versi sebelumnya dengan cara melakukan downgrade (klik di sini untuk caranya).

Untungnya saya sendiri tidak merasakan iOS 11 boros baterai pada perangkat iPhone 5s, tapi tips menghemat baterai ini memang sebaiknya dilakukan walaupun kamu tidak mengalaminya.

Leave a Comment

10 Comments

  • Iphone saya klo ditinggal tidur semaleman, pagi nya dia berkurang sendiri persentase baterainya, misalkan yg malemnya 61% paginya jadi 47, itu kenapa ya?

    • smartphne walaupun ga dipake pasti terus bekerja terutama untuk sinkronisasi
      semakin banyak aplikasi yang harus sinkronisasi semakin cepet ngurang baterai

      beberapa hal yang bisa dilakuin
      1. coba matiin beberapa sinkronisasi aplikasi yang ga perlu
      2. gunakan modus malam supaya engga ada aplikasi yang bekerja aktif dijam tertentu

      iPhone saya biasanya kalau malam cuma ngurang 1-2% aja

  • Mau tanya doong kok ip5s boros bgt ya hanya bertahn sekitar 2 jaman jadi selalu ngecash setiap 2 jam sekali. Apa seboros itu?
    Trus saat turn on ip setelah mematikan ip tidak ada tulisan “halo” hanya logo iphone atau memang hanya ada saat pertma x ip aktif? Terimakasih

  • saya mau tanya nih. kan mau downgrade ke 10.2.1 tapi di ipws udah gak signed yg signed cuma 10.3.1 aja. kalo mau tetap downgrade ke 10.2.1 aman gak ya?

  • nice sharing.. hp sekarang nga seperti dulu yang bisa tahan ampe 3 hari baru si charge. sekarang 1 hari saja bisa di charge ampe 2x.. ya..semoga kedepannya ada penemuan agar ketahanan baterai bisa tahan 3 hari. hehehe