Berita Tips dan Trik

iOS 10 Membuat Baterai Boros? Cobain Cara Ini Agar Kembali Hemat

iOS 10 Boros Baterai

iOS 10 akhirnya resmi meluncur dan sudah bisa langsung diunduh untuk melakukan pembaruan pada iPhone. Tapi kabarnya iOS 10 boros baterai?

Kedatangan sistem operasi terbaru dari Apple, iOS 10, memang sudah ditunggu-tunggu khususnya oleh para pengguna perangkat iPhone. Walaupun tidak semua model iPhone mendapatkan iOS 10 dan sempat membuat beberapa perangkat brick ketika awal peluncuran. Namun, beberapa pengguna juga mengeluhkan bahwa pada iOS 10 boros baterai.

Masalah iOS 10 boros baterai sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi setiap ada pembaruan sistem operasi pada smartphone termasuk perangkat dari Apple seperti iPhone. Tentu saja solusi yang paling ampuh agar kinerja baterai kembali normal harus menunggu update iOS 10 dari Apple yang telah memperbaiki masalah ini.

Namun, daripada harus menunggu lebih baik mencoba beberapa tips untuk iPhone berikut ini agar permasalahan iOS 10 boros baterai bisa diminimalisir dengan cara menghemat penggunaan.

Solusi iOS 10 Boros & Cara Menghemat Baterai

Mengecek Aplikasi

Boros baterai pada iPhone kamu belum tentu sepenuhnya dikarenakan oleh iOS 10. Salah satu penyebab paling umum diakibatkan oleh aplikasi yang terpasang, ditambah lagi aplikasi tersebut belum dioptimalisasikan sesuai dengan iOS 10. Kamu tinggal mengunjungi Setting > General untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menguras baterai.

Jika aplikasi tersebut menguras baterai secara berlebihan, maka sebaiknya kamu mengurangi penggunaan untuk menghemat sampai pembuat aplikasi memberikan pembaruan terbaru yang telah disesuaikan untuk iOS 10.

iOS 10 Penggunaan Baterai

Background App Refresh

Salah satu hal yang sering dilewatkan oleh pengguna smartphone adalah mengatur seberapa sering aplikasi mengambil informasi terbaru dan siap ditampilkan ketika menggunakannya kembali. Namun, jika kamu mempunyai aplikasi yang melakukan refresh dalam jumlah banyak dipastikan akan menguras tenaga dari iPhone itu sendiri bukan karena iOS 10 boros baterai.

Jadi sebaiknya kamu mematikan fitur ini untuk beberapa aplikasi yang dianggap tidak penting atau jarang digunakan seperti Stocks atau Podcast. Untuk mengatur fitur ini kamu dapat mengunjungi Setting > General > Background App Refresh lalu matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

iOS 10 App Background

Low Power Mode

Seperti pada smartphone kebanyakan, iOS 10 juga mempunyai fitur Low Power atau Hemat Daya yang bisa digunakan. Modus Low Power ini biasanya akan aktif ketika daya iPhone telah mencapai 20% agar benar-benar menghemat baterai hingga titik terakhir, tetapi kamu juga bisa mengaktifkannya secara manual melalui Setting > Battery > Low Power Mode.

iOS 10 Low Power Mode

Display Brightness

Layar yang menyala merupakan salah satu penyumbang boros baterai dan beberapa pengguna melaporkan bahwa fitur pengaturan otomatis pencahayaan iOS 10 membuat layar lebih terang dari seharusnya. Oleh karena itu sebaiknya keterangan diatur secara manual pada Setting > Display & Brightness > Auto-Brightness > Off.

iOS 10 Brightness

Hard Reset

Jika kamu tidak pernah atau jarang sekali melakukan reset perangkat iPhone, maka cara ini akan cukup dibutuhkan. Ketika kamu tidak pernah reset perangkat smartphone, aplikasi yang terpasang banyak yang berjalan di belakang layar dan terus menimbun data yang membuat baterai boros. Nah untuk membersihkan seperti semula dapat melakukan Hard Reset pada iPhone dengan cara menekan tombol Home + Power selama 10 detik. Fitur ini tidak akan menghapus data pribadi jadi tenang saja.


Itu dia beberapa tips untuk meminimalisir permasalahan iOS 10 boros baterai buat yang kamu mengalaminya. Jika tetap tidak berhasil maka sebaiknya kamu menunggu versi pembaruan iOS 10 atau kembali menggunakan iOS 9.3.5 dengan cara melakukan downgrade.

Untungnya saya sendiri tidak merasakan iOS 10 boros baterai pada perangkat iPhone 5s, tapi tips menghemat baterai ini memang sebaiknya dilakukan walaupun kamu tidak mengalaminya.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment

3 Comments