Featured Review Smartphone

Review Vivo V5 Plus : Smartphone Pecinta Selfie dengan Dual-Camera Depan 20 MP + 8 MP

Setelah tahun 2016 silam meluncurkan Vivo V5 dengan kamera depan 20 MP, kini Vivo telah menghadirkan smartphone dengan dual-camera selfie 20 MP + 8 MP yang bernama Vivo V5 Plus.

Bisa dibilang smartphone terbaru ini mampu menghadirkan foto selfie bokeh berkat hadirnya kombinasi dual-camera depan yang telah disematkan di dalamnya. Foto selfie bokeh ini cukup unik karena hasil fotonya akan memiliki background yang blur. Nah, bagi Gadgeter yang ingin mengetahui performa, fitur, dan kemampuan yang bisa dilakukan oleh Vivo V5 Plus maka dapat melihatnya pada artikel review berikut ini.

Desain

Vivo 5 Plus ini memiliki desain smartphone masa kini dengan bodi yang memiliki bahan logam sehingga menimbulkan kesan premium dan kokoh di dalam genggaman. Untuk menambah kenyamana ketika digenggam, Vivo sendiri telah menambahkan cover belakang tambahan agar tidak licin.

Berbeda dengan Vivo V5, smartphone terbaru ini tidak memiliki garis antena yang lurus pada bagian atas dan bawah. Melainkan garis antenanya belok ke bagian atas maupun bawah. Tentunya ini juga yang akan membedakan desain Vivo V5 Plus dengan V5.

Pada bagian bawahnya, terdapat speaker, port jack audio 3,5 mm, dan microUSB. Sementara pada bagian kanannya terdapat tombol volume dan power. Tak ketinggalan, tombol home fisik dengn sensor fingerprint menjadi satu pada bagian tengah depan bawahnya. Sementara itu, pada bagian kirinya terdapat SIM tray yang berfungsi untuk memasukkan dua kartu SIM.

Dual-camera Selfie 20 MP + 8 MP

Ini merupakan fitur unggulan dari Vivo V5 Plus, dimana dengan hadirnya kombinasi dua kamera depan 20 MP + 8 MP dapat menghasilkan foto selfie bokeh (background blur) secara instan. Bisa dibilang masih jarang smartphone yang bisa menghasilkan foto selfie dengan background blur ini sehingga hasilnya terlihat unik.

Dalam hal ini kamera depan beresolusi 20 MP memiliki kemampuan untuk menangkap dan mengunci objek. Sedangkan kamera depan 8 MP bertugas untuk mengukur kedalaman gambar (depth of field) sehingga nantinya Gadgeter dapat langsung mengatur tingkat blur untuk background dari foto yang akan diambil.

Meskipun aperture yang dimiliki kamera ini memiliki nilai f/2.0, namun Vivo melalui aplikasi bawaannya telah memasukkan algoritma yang memungkinkan penggunanya bisa mengatur aperture foto mulai dari nilai f/16 hingga f/0.95 sehingga tingkat blur dari background foto akan semakin dramatis.

Selain itu, Gadgeter juga bisa menentukan fokus terhadap objek maupun backgronud, baik ketika sedang mengambil objek atau mengeditnya melalui aplikasi galeri bawaan Vivo. Tak ketinggalan, nilai aperture juga masih bisa ditentukan ketika foto telah diambil.

Sedangkan kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 dan fitur Phase Detection Autofocus yang sudah dapat menghasilkan foto dengan baik. Untuk membantu kamera belakangnya mengambil foto pada cahaya minim atau gelap, Vivo telah menyematkan LED Flash tepat di sebelah kanan kamera.

Beragam mode pun telah dihadirkan pada aplikasi bawaan untuk kamera belakangnya, seperti Night, Ultra HD, PPT, Anti-Shake, Professional, Slow, dan Time-Lapse. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan hasil foto dari kamera depan dan belakang Vivo V5 Plus maka dapat melihat foto di bawah ini :

Selfie Bokeh tanpa Beauty

Selfie Bokeh + Beautification

Selfie Bokeh + Beautification

Hasil Kamera Belakang

Hasil Kamera Belakang

 

Teknologi Hi-Fi

Sejak awal diluncurkan, Vivo telah dibekali dengan kemampuan Hi-Fi untuk mendengarkan musik. Dengan hadirnya chip audio AK4376 yang bisa menghasilkan kemampuai Hi-FI maka dapat membuat kualitas suara yang dihasilkan oleh smartphone ketika Gadgeter mendengarkan lagu akan menjadi jernih dan merdu.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Gadgeter dapat membuka aplikasi musik bawaan Vivo yang bernama iMusic. Nantinya hanya tinggal menekan tombol Hi-Fi yang berada di bagian kanan atas aplikasi ini. Sebagai catatan, teknologi Hi-Fi ini hanya bisa aktif ketika Gadgeter menggunakan earphone atau headphone.

Screenshot panjang

Salah satu fitur menarik dalam Vivo V5 Plus ini adalah kemampuannya untuk mengambil gambar screenshot secara panjang. Misalnya saja Gadgeter membuka web dan ingin melakukan screenshot terhadap semua halamannya yang panjang. Tentunya fitur ini akan sangat berguna.

Namun screenshot panjang hanya bisa menggabungkan maksimal 15 halaman menjadi satu dan kemudian digabungkan menjadi satu. Untuk mengaksesnya, Gadgeter cukup menyapu layar dari bawah ke atas dan langsung memilih menu S-caputre.

Nantinya Gadgeter akan dihadapkan pada 4 pilihan menu yang terdiri dari Long Screenshot, Rectangular, Funny Screenshot, dan Screen Recording. Untuk melanjutnya, Gadgeter dapat memilih Long Screenshot dan memilikih menu Next pada bagian kanan bawah smartphone. Setelah selesai maka langsung memilih menu Save.

Seklias, Rectangular berfungsi untuk mengambil screenshot dengan bentuk kotak, Funny Screenshot untuk mengambil screenshot dengan bentuk kotak, laso, pattern, maupun doodle, dan Screen Recording untuk merekam aktivitas yang dilakukan Gadgeter pada layar smartphone.

Performa

Smartphone yang satu ini telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2.0 GHz. Prosesor yang satu ini sangat terkenal digunakan oleh banyak smartphone karena efisien dalam mengonsumsi baterai, namun memiliki performa yang bisa dibilang bertenaga.

Dalam mengimbangi kemampuan prosesornya, Vivo telah membekali V5 Plus dengan RAM 4 GB. Selain itu, penyimpanan internalnya juga mencapai kapasitas 64 GB. Namun sayangnya tidak tersedia slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Ketika saya menjalankan berbagai aplikasi secara multitasking, seperti email, chat, SMS, telepon, dan masih banyak lagi, Vivo V5 Plus mampu menampilkan performa yang stabil tanpa hambatan. Sedangkan pada saat digunakan untuk bermain game berat, seperti Need For Speed No Limits, Asphalt 8, dan NOVA 3, smartphone ini mampu menjalankannya dengan lancar.

Tak ketinggalan, beberapa sensor penting, seperti Cahaya, Proximity, Gyroscope, Suara, Magnet, Orientasi, dan Akselerometer telah hadir. Dalam pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark, Vivo V5 Plus berhasil mendapatkan skor 62.318 poin. Sedangkan dalam pengujian menggunakan GeekBench, smartphone ini berhasil mendapatkan skor 838 poin untuk pengujian Single-core dan 3.058 poin untuk pengujian Multi-core.

Baterai

Baterai yang disematkan pada smartphone ini berkapasitas cukup besar yang mencapai 3.120 mAh. Sementara itu, baterai dari Vivo V5 Plus dapat bertahan cukup lama berkat penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang banyak digunakan oleh smartphone karena keandalannya yang hemat daya baterai.

Dukungan fast charging berteknologi Dual-Charging Engine telah dihadirkan pada smartphone ini sehingga memungkinkan daya baterai diisi dapat dengan cepat. Berdasarkan pengujian yang saya lalu, daya baterai smartphone ini dapat diisi 40% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Daya tahan baterai smartphone yang satu ini bisa dibilang lama yang bisa mencapai 10 jam dari kondisi 100% hingga titik kritis 15% untuk penggunaan standar pada aktivitas sehari-hari, seperti SMS, browsing, Chat, dan telepon. Namun kondisinya akan berbeda apabila digunakan untuk bermain game, browsing non-stop, menonton video secara terus-terusan, atau menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Sensor Fingerprint yang Cepat

Sebagai smartphone masa kini, Vivo V5 Plus telah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang terdapat tombol home. Sensor yang disematkan pada perangkat ini dapat merespon dengan kecepatan 0,2 detik sehingga penggunanya dapat dengan cepat dan mudah dalam membuka kunci smartphone.

Dalam pengujiannya, Saya hanya menempelkan jari pada tombol dan secara cepat smartphone dapat membuka kunci.  Sementara itu, Gadgeter dapat memasukkan 5 sidik jari berbeda ke dalam smartphone ini. Untuk memasukkannya cukup dikalibrasi terlebih dahulu pada menu yang telah disediakan.

Layar

VIvo V5 Plus menggunakan layar dengan lebar 5,5 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan berteknologi IPS. Dengan hadirnya teknologi ini memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Dalam meminimalisir terjadinya goresan, Vivo V5 Plus telah menyematkan kaca anti gores 2,5 D Corning Gorilla Glass 5 pada bagian atas layarnya. Selain itu, fitur Eye Protection Mode juga telah dihadirkan pada smartphone ini yang memiliki fungsi untuk menyaring layar biru sehingga tidak merusak mata.

Kesimpulan

Setelah menggunakan Vivo V5 Plus selama beberapa minggu, bisa dibilang hasilnya memuaskan ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari, bermain game, menonton video, maupun bermain game. Selain itu, kemampuan dual-camera selfie 20 MP + 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie bokeh menambah nilai smartphone ini.

Memang masih terdapat sedikit kekurangan dari smartphone ini dengan tidak dapat ditambahkan microSD dan kamera belakangnya yang menonjol. Namun dengan penyimpanan internal 64 GB masih bisa dibilang cukup lega untuk menyimpan foto, lagu, maupun beberapa berkas. Sementara kamera belakangnya tidak akan terlihat menonjol ketika penggunanya menggunakan back cover tambahan yang sudah hadir dalam paket penjualannya.

Meskipun harga yang ditawarkan Vivo terhadap smartphone ini mencapai Rp 5.499.000, namun Saya rasa fitur dan spesifikasi hardware yang dimiliki Vivo V5 Plus sudah sepadan dengan harganya.

Spesifikasi Vivo V5 Plus:

ProsesorQualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2 GHz
Prosesor GrafisAdreno 506
RAM4 GB
Penyimpanan Internal64 GB
LayarIPS LCD 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel)
KameraBelakang 16 MP + Depan 20 MP & 8 MP
Baterai3.160 mAh
Sistem OperasiFuntouch OS 3.0 (Android 6.0 Marshmallow)
JaringanDual-SIM 4G-LTE
Bodi152, 58 mm x 74,00 mm x 7,26 mm
SensorFingerprint, Accelerometer, Proximity, Compass, Barometer
HargaRp 5.499.000

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Vivo V5 Plus
Author Rating
41star1star1star1stargray

Leave a Comment