Advertorial Gadget Smartphone

Dari 4 Smartphone Dual Kamera Yang Resmi Rilis di Indonesia, Siapa Juaranya?

Huawei P9 Leica

GADGETREN – Belakangan ini semakin banyak smartphone yang hadir menawarkan konfigurasi dual kamera untuk memberikan pengalaman fotografi yang lebih menakjubkan.

Nah, kali ini Gadgetren akan memberikan informasi dan membandingkan smartphone jenis tersebut untuk membantu kamu yang senang berkutat dalam hal fotografi. Namun perlu diingat, smartphone yang ada di sini merupakan yang sudah resmi hadir di Indonesia. Jadi untuk smartphone lain seperti iPhone 7 Plus atau  Zenfone 3 Zoom tidak akan masuk dalam pertimbangan.

Pertanyaan paling besarnya, siapa yang juara di antara smartphone ini? Berikut paparan mengenaik kelebihan kamera dari beberapa smartphone dual kamera yang sudah resmi dijual di Indonesia.

Huawei P9

Huawei P9 Header

Huawei P9 yang resmi hadir di Indonesia pada akhir tahun langsung menjadi primadona para penggemar fotografi dengan berbagai alasan keunggulan yang dimilikinya. Tentu yang menjadi sorotan utama merupakan konfigurasi dual kamera belakang 12MP yang berbeda dari lainnya. Jika biasanya vendor menyematkan dua kamera yang serupa, Huawei lebih memilih untuk menggunakan dua sensor berbeda.

Kombinasi sensor RGB atau warna dan sensor monokrom atau hitam-putih membuat hasil foto yang dihasilkan oleh Huawei P9 lebih detil, tajam, akurat, dan berwarna. Tidak heran memang jika melihat smartphone satu ini dibuat bekerja sama dengan Leica yang sudah lebih dulu dikenal sebagai sesepuh alat fotografi profesional, namun tetap dengan harga yang relatif terjangkau.

Ditambah lagi Huawei P9 dilengkapi teknologi fokus hibrida yang mengkombinasikan autofocus, laser focus, dan deteksi kontras agar kamu tidak ketinggalan momen instant. Selain itu, kamu juga dapat menikmati berbagai modus menarik lainnya seperti light painting atau bokeh dengan menyenangkan. Untuk tahu lebih detil lagi tentang Huawei P9 bisa langsung membaca ulasan Gadgetren di halaman ini.

Vivo V5 Plus

Vivo V5 Plus Hero Header

Berbeda dengan Huawei P9 yang lebih fokus untuk penggemar fotografi, Vivo V5 Plus ditujukan untuk penggemar selfie dengan menawarkan dua kamera depan. Sukses menarik perhatian pasar Indonesia dengan V5, kini Vivo sepertinya ingin terus mengokohkan posisi mereka dengan meluncurkan V5 Plus pada pertengahan bulan Februari 2017 ini.

Kamera depan dari Vivo V5 Plus ini merupakan kombinasi dari kamera 20MP dengan sensor IMX376 dan kamera 8MP yang berfungsi untuk menentukan kedalaman gambar. Agar hasil selfie kamu lebih baik, Vivo juga dibekali lampu flash bernama Softlight untuk memberikan pencahayaan lebih natural dibandingkan biasanya sehingga kamu dapat melakukan selfie dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Dengan Vivo V5 Plus memungkinkan untuk kamu mengambil foto selfie dengan efek bokeh yang sedang tren saat ini. Jadi sekarang kamu tinggal memilih apakah kamu lebih mementingkan selfie atau fotografi objek?

LG V20

LG V20

LG V20 yang hadir di Indonesia pada bulan November 2016 ini menawarkan konfigurasi dua kamera belakang berbeda dari Huawei P9. Kombinasi kamera 16MP dengan aperture f/1.8 dan kamera 8MP dengan aperture f/2.4 memungkinkan kamu untuk mengambil gambar lebih luas dari biasanya, yakni hingga 135 derajat. Jadi kamu tidak perlu harus dempet-dempetan kalau mengambil foto grup.

Disamping hal tersebut, LG lebih memilih untuk meningkatkan kemampuan kameranya terutama untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya. Sama seperti Huawei P9, LG V20 juga dilengkapi oleh teknologi focus hibrida untuk menjamin gambar selalu jelas secara konsisten. LG dengan beberapa perangkat yang telah dirilis sebelumnya telah membuktikan kemampuan mereka soal fotografi.

LG G5 SE

LG G5 SE

LG G5 SE yang hadir di Indonesia sebagai saudara dari seri flagship dibeklai oleh dua kamera belakang, yakni 16MP dan 8MP. Mirip dengan LG V20, smartphone ini juga memungkinkan kamu untuk mengambil gambar lebih luas hingga 135 derajat. Selain dual kamera, LG juga menyematkan dual flash untuk memberikan pencahayaan natural dalam kondisi minim cahaya.

Kamera dari LG G5 SE juga menawarkan berbagai fitur yang menarik untuk digunakan seperti, Pop-out, svignette, fisheye, dan blur. Secara keseluruhan, kualitas foto yang dihasilkan oleh LG G5 SE tidak jauh berbeda dengan V20 sehingga tinggal tergantung selera kamu mau memilih smartphone mana.

Kesimpulan

Jika melihat beberapa smartphone tersebut yang sejauh ini sudah resmi rilis di Indonesia, saya secara pribadi lebih memilih Huawei P9. Setelah mempertimbangkan kualitas foto yang menawan serta harga maupun spesifikasi yang ditawarkan, Huawei P9 layak untuk dipilih. Dengan harga jual sekitar Rp6.999.000 dipastikan tidak akan membuat kamu kecewa dalam hal fotografi dan performa.

Leave a Comment