Advertorial Gadget Smartphone

Tes Baterai Huawei P9, Berapa Lama Kah Bisa Bertahan di Keseharian?

Huawei P9 Dual Camera

GADGETREN – Smartphone memiliki daya tahan baterai yang terbilang jauh lebih rendah dibandingkan telepon seluler yang beredar lebih 7 tahun lalu.

Pengguna tentu saja menginginkan smartphone zaman sekarang ini yang memiliki daya tahan serupa. Belakangan ini beberapa vendor memang sudah mulai memperhatikan hal ini dengan menawarkan smartphone berkapasitas baterai besar bahkan lebih dari 5.000 mAh. Lalu bagaimana dengan Huawei P9 yang tengah tren di kalangan fotografer?

Huawei P9 sendiri ditenagai oleh baterai Li-Ion berkapasitas 3.000 mah yang tidak dapat dilepas. Untuk sebuah smartphone kelas atas, kapasitas baterai tersebut terbilang cukup standar seperti Samsung Galaxy S7 yang juga 3.00 mAh atau LG G5 yang sedikit lebih rendah, yakni 2.800 mAh. Walaupun  begitu, optimalisasi akan berperan besar dalam hal daya tahan baterai.

Pastinya penggunaan smartphone juga akan mempengaruhi seberapa cepat baterai akan terkuras. Nah, oleh karena itu kita akan melihat seberapa lama Huawei P9 saat digunakan untuk browsing menggunakan jaringan 4G, menonton video, bermain game, dan digunakan dalam keseharian.

Untuk pengujian pertama kita akan melihat uji coba yang telah dilakukan oleh TechSpot. Huawei P9 saat ddigunakan untuk melakukan browsing secara terus menerus di jaringan 4G membutuhkan waktu hampir 5 jam hingga baterai membutuhkan isi daya untuk bisa digunakan kembali.

Huawei P9 Baterai TechSpotSumber Gambar: TechSpot

Selanjutnya tim Gadgetren telah menguji ketangguhan Huawei P9 dalam hal menonton video, bermain game, dan keseharian melalui ulasan yang telah dilakukan sebelumnya. Alhasil tim Gadgetren memastikan Huawei P9 dapat digunakan untuk menonton video selama 8 jam 30 menit, bermain game selama 4 jam, dan barus habis setelah digunakan selama 9 jam dalam aktivitas sehari – hari

Dalam benchmark yang dilakukan oleh PhoneArena, Huawei P9 dapat bertahan selama 6 jam 51 menit dengan baterai berkapasitasi 3.000 mAh. Nilai tersebut masih sedikit di atas Samsung Galaxy S7 dan meninggalkan LG G5.

Huawei P9 Baterai PhoneArenaSumber Gambar: PhoneArena

Soal pengisian daya, tim Gadgetren mencatat Huawei P9 membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit untuk mengisi baterai hingga penuh. Begitu juga dengan benchmark yang dilakukan oleh PhoneArena memunjukkan waktu serupa, yakni sekitar 146 menit atau 2 jam 26 menit.

Kesimpulan

Secara keseluruhan daya tahan baterai Huawei P9 masih setara smartphone flagship dari kompetitornya. Sayang memang kesempatan ini dilewatkan oleh Huawei, jika saja smartphone yang fokus di fotografi ini punya daya tahan baterai lebih maka dipastikan akan lebih membuat dobrakan besar di pasar smartphone.

 

Leave a Comment