Tips dan Trik

Cara membuat Video Berefek Slow Motion dan Timelapse dengan Mudah di Huawei P9

Huawei P9 Dual Camera

Kini mengambil video berkualitas bagus pada smartphone semakin mudah karena kamera smartphone masa kini telah mampu merekam video hingga resolusi Full HD dengan kecepatan 60 fps yang tentunya akan membuat video yang direkam tampak halus dan nyaman dilihat. Bahkan pada beberapa smartphone telah memiliki kamera yang mampu merekam video dengan resolusi 4K.

Selain itu, Gadgeter juga sudah bisa loh memberikan efek wah ketika sedang mengambil video dengan menggunakan kamera smartphone. Biasanya fitur efek wah yang hampir ada pada smartphone kini adalah slow motion dan timelapse. Namun apabila smartphone tidak memiliki kedua fitur ini, Gadgeter dapat mengunduh aplikasi editor video dari toko aplikasi.

Nah, salah satu smartphone yang telah memiliki fitur pengambilan video slow motion dan timelapse adalah Huawei P9. Dengan dukungan dual-camera Leica yang hadir dalam smartphone ini membuat hasil video yang dihasilkan bagus.

Sekilas, slow motion sendiri merupakan efek wah yang bisa membuat video memiliki gerakan yang lambat daripada keadaan aslinya. Bisa dibilang dengan hadirnya efek-efek ini dapat membuat video memiliki gerakan yang dramatis, terutama ketika dalam pertarungan, cipratan air, lari, lompatan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan timelapse menambahkan kecepatan gerakan pada video dibandingkan dengan kondisi aslinya. Biasanya orang akan menggunakan efek ini untuk mengambil video gerakan perpindahan siang serta malam, pergerakan awan, bahkan kondisi keramaian orang. Hasilnya akan menjadi sangat menarik dengan gerakan yang cepat.

Slow Motion

Untuk mengaktifkan fitur slow motion, pengguna Huawei P9 cukup membuka aplikasi kamera bawaan dan menyapu layar dari kiri ke kanan hingga muncul berbagai mode dan memilih menu Slow-Mo. Setelah tanda aktif Slow-Mo muncul maka penggunanya dapat langsung merekam video dengan menekan tombol shutter video yang berbentuk bulat merah. Nantinya hasil video ini akan disimpan di smartphone dan langsung diakses melalui aplikasi Gallery.

Ketika video hasil Slow-Mo dijalankan di aplikasi Gallery maka penggunanya dapat langsung mengedit bagian frame yang akan terkena efek slow motion, baik di awal, tengah, maupun akhir video. Penggunanya dapat menentukan efek ini sesuai selera agar video terlihat lebih dramatis. Jangan lupa menekan ikon disket agar video yang telah ditentukan efeknya bisa diunggah di jejaring sosial.

Timelapse

Selanjutnya, pengguna Huawei P9 dapat mengaktifkan fitur timelapse dengan menyapu layar dari kiri ke kanan dalam aplikasi kamera bawaan dan memiliki mode Time-Lapse. Ketika tulisan Time-Lapse aktif maka penggunanya dapat langsung merekam videonya.

Karena teknik timelapse memberikan kecepatan gerakan yang lebih cepat dibandingkan dengan kondisi objek yang diambil maka sebaiknya mengambil gambar yang cukup lama. Setelah selesai mengambil gambar maka penggunanya dapat melihat hasilnya pada smartphone dengan mengakses aplikasi Gallery dan terlihat video yang memiliki kecepatan sangat tinggi.

Leave a Comment