Advertorial Tips dan Trik

Cara Teknik Foto Light Painting Yang Keren Abis Dengan Huawei P9

cara membuat foto light painting huawei p9

Selain foto bokeh, ada satu lagi teknik fotografi yang sangat wah apabila diambil menggunakan kamera, baik DSLR, mirroless, maupun smartphone, yakni Light Painting (melukis cahaya). Teknik yang satu memang membutuhkan kesabaran dan pengaturan yang baik agar bisa menghasilkan foto light painting dengan bagus.

Untuk mengambil cahaya agar bisa dilukis dalam sebuah foto, tentunya kita membutuhkan sebuah kamera yang dapat mengatur kecepatan shutter hingga lambat. Menariknya, smartphone saat ini mampu mengatur kecepatan shutter lambat hingga kecepatan 32 detik. Semakin lambat kecepatan shutter yang diatur maka cahaya yang bisa diambil pun semakin banyak.

Namun Gadgeter harus memperhatikan komposisi pengaturan kamera agar cahaya yang diambil tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak. Disarankan Gadgeter menggunakan Tripod agar kamera tidak bergoyang dan stabil karena semakin lambat kecepatan shutter maka gambar akan langsung blur. Hal ini disebabkan kondisi tangan yang mudah bergetar ketika memegang kamera maupun smartphone. Selain itu, sensitivitas gerakan kamera pun semakin tinggi akibat shutter yang memiliki kecepatan lambat.

Biasanya untuk menggunakan fitur ini pada sebuah smartphone, Gadgeter harus terlebih dahulu mengaturnya menggunakan mode manual yang nantinya dihadapkan pada pengaturan EV (Exposure Value), White Balance, ISO, shutter speed, dan lainnya. Namun di era yang semakin canggih ini sudah ada smartphone yang mampu mengambil foto Light Painting secara otomatis. Salah satu fiturnya terdapat pada Huawei P9.

Produk yang satu ini menarik karena telah menyuguhkan fitur otomatis yang dapat mengambil foto light painting (melukis cahaya) dengan sangat mudah. Penggunanya hanya cukup menyalakan fiturnya dan sekejap dapat menghasilkan foto Light Painting dengan cantik.

Untuk mulai menggunakan fitur ini, penggunanya dapat membuka aplikasi kamera bawaan Huawei P9. Setelah aplikasi terbuka, penggunanya dapat menyapu layar dari kira ke kanan untuk membuka menu mode pengambilan gambar dan memilih Light Painting.

cara membuat foto light painting langkah-langkah

Setelah mode Light Painting terpilih maka penggunanya akan dihadapkan 4 menu lagi yang terdiri dari Tail Light, Light Graffiti, Silky Water, dan Star Track. Menu Tail Light digunakan mengambil cahaya secara panjang yang biasanya dihasilkan oleh mobil-mobil di jalanan pada malam hari. Sementara Light Graffiti digunakan untuk mengambil cahaya yang bergerak pada dalam keadaan gelap, biasanya akan ada seseorang yang bertugas untuk melukis cahaya, baik kata-kata, simbol, maupun ornamen.

Selanjutnya, Silky Water digunakan untuk mengambil gerakan air yang nantinya akan menghasilkan efek gerakan halus pada air tersebut, biasanya fitur ini cocok untuk diterapkan pada air terjun, danau, dan daerah lainnya yang memiliki objek bergerak. Terakhir, Star Track ini cocok digunakan bagi kamu yang suka mengabadikan foto langit di malam hari karena fitur ini dapat mengambil jejak bintang maupun galaksi di langit.

pengambilan foto light painting

Pengambilan Foto Mode Tail Light

Dari semua fitur yang hadir, Tail Light merupakan fitur yang paling mudah diterapkan karena Kita bisa menemukan mobil-mobil yang berjalan pada malam hari di jalanan. Penggunanya cukup memilih mode Light Painting > pilih menu Tail Light > tentukan objek yang akan diambil > tekan tombol shutter dan diam di tempat > tekan tombol shutter dan kamera smartphone akan berjalan otomatis layaknya pengguna sedang mengambil video > lihat hasilnya secara langsung ketika mengambil foto > tekan kembali tombol shutter untuk menyelesaikan foto dan lihat hasilnya di galeri.

hasil tail light

Hasil Foto Tail Light

Untuk cara pengambilan foto pada menu lainnya pun cukup mudah hampir sama seperti Tail Light. Namun objeknya saja yang berbeda. Selain itu, penggunanya disarankan untuk menggunakan Tripod dalam pengambilan gambar Light Painting agar hasilnya lebih bagus dan smartphone dapat stabil.

hasil mode grafiti

Hasil Foto Mode Light Graffiti

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment