Featured Smartphone

Huawei P8 – Smartphone Flagship Huawei Dengan Kemampuan Foto Light Painting yang Luar Biasa

huawei p8 header

Beberapa waktu lalu Huawei secara resmi merilis smartphone flagship di Indonesia yakni Huawei P8. Bisa dibilang smartphone ini membawa banyak fitur menarik ketika dirilis oleh Huawei. Salah satu fitur paling menarik dari smartphone ini adalah kemampuannya membuat foto light painting atau melukis cahaya.

Seperti kita ketahui sendiri untuk mengambil foto light painting ini di kamera DSLR, kamera digital, dan beberapa smartphone biasanya memanfaatkan fungsi pengaturan manual yang tersedia dan kecepatan shutter menjadi salah satu kunci untuk dapat membentuk pola cahaya yang dilukis menjadi menarik.

Namun hanya beberapa smartphone saja yang menyediakan fitur agar kameranya dapat mengambil foto light painting dan itu memiliki waktu yang cukup singkat. Nah menariknya, Huawei P8 ini menawarkan teknik yang cukup berbeda dalam pengambilan foto light painting dimana penggunanya cukup memilih fitur light painting dan selanjutnya memfokuskan objek yang akan diambil.

Ketika penggunanya menekan tombol pengambilan foto pada fitur ini maka secara otomatis smartphone akan mengambil gambar layaknya sebuah video dengan waktu yang berjalan dan pengguna atau rekannya dapat menggerak-gerakan objek cahaya yang dipegangnya hingga membuat pola cahaya yang menarik. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengambil foto cahaya yang bergerak seperti mobil di jalanan dan masih banyak lagi.

Selain itu, Huawei P8 juga memiliki fitur untuk mengambil video time lapse yang memungkinkan penggunanya dapat membuat video memiliki gerakan yang cepat. Fitur ini sangat cocok untuk membuat gerakan objek yang diambil secara lama atau gerakan objek lama.

Misalnya saja pengguna ingin mengambil video awan yang bergerak dan matahari tenggelam. Seperti kita ketahui sendiri awan memiliki gerakan yang lambat sehingga perlu diambil cukup lama dan agar terlihat bergerak maka menggunakan efek seperti time lapse.

Tak ketinggalan, Huawei P8 memiliki fitur unggulan seperti Director Mode, Smart Screenshot, Find Me, Voice +, dan masih banyak lagi. Huawei P8 juga dapat terhubung dengan Huawei TalkBand B2.

Untuk spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh Huawei P8 ini bisa dibilang mumpuni yang terlihat dari penggunaan prosesor HiSilicon Kirin 930 berinti delapan dengan kecepatan 2 GHz. Untuk mengimbangi kemampuan prosesornya, Huawei menanamkan RAM 3 GB pada smartphone ini.

Sementara itu, smartphone ini tersedia dengan dua pilihan penyimpanan internal 16 atau 64 GB yang masih dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB yang harus mengorbankan satu slot kartu SIM.

Huawei P8 ini hadir dengan dua slot kartu Nano SIM yang keduanya mendukung jaringan 4G LTE FDD untuk frekuensi 1800 MHz atau 900 MHz (Telkomsel, XL, dan Indosat) dan TDD untuk frekuensi 2300 MHz (BOLT! Super 4G-LTE dan Smartfren).

Huawei p8 ok

Dari sisi kamera, Huawei membenamkan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP yang bisa dibilang menghasilkan kualitas foto yang bagus. Sementara untuk layarnya, Huawei P8 memiliki layar sentuh kapasitif berteknologi IPS-NEO sebear 5,2 inci dengan resolusi sebesar 1920 x 1080 pixel. Dalam melindungi layarnya, Huawei P8 menggunakan Coring Gorilla Glass 3.

Untuk sektor baterainya, Huawei mempercayakan baterai berkapasitas 2680 mAh pada smartphone ini. Selain itu, sistem operasi yang digunakan adalah Android 5.0.2 Lollipop dengan tampilan antarmuka Emotion UI 3.1.

Smartphone ini telah tersedia di Indonesia mulai bulan Agustus 2015 kemarin dengan kapasitas internal 16 GB yang memiliki harga sebesar Rp 6.499.000. Huawei P8 yang tersedia di Indonesia memiliki pilihan warna yang terdiri dari Mystic Champage atau Titanium Grey.

Leave a Comment