Advertorial Smartphone

Fitur Utama Kamera Huawei P9

Fitur utama huawei P9

Pada akhir tahun 2016 silam, Huawei meluncurkan smartphone flagship di Indonesia yang bernama Huawei P9. Smartphone yang satu ini memiliki keunggulan utama pada dual-camera utama beresolusi 12 MP yang merupakan hasil kerja sama dengan vendor kamera legendaris, Leica. Menariknya, kombinasi kedua kamera belakang ini mampu menghasilkan foto yang menarik.

Secara detail, dual-camera ini terdiri dari satu kamera utama 12 MP dengan sensor RGB (warna) dan satu kamera utama 12 MP dengan sensor monokrom (hitam putih). Bahkan apabila penggunanya mengaktifkan dua kamera utama bersamaan mampu menghasilkan efek bokeh dengan maksimal.

Selain itu, jika penggunanya menggunakan mode monokrom pada aplikasi kamera, maka secara otomatis hanya satu kamera dengan sensor monokrom yang akan aktif sehingga bisa menghasilkan foto hitam yang lebih bagus dibandingkan menggunakan filter hitam putih dari aplikasi. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan apa saja fitur utama kamera Huawei P9 ini maka dapat melihat pada informasi yang saya sajikan sebagai berikut.

Teknologi Dual-Camera

Huawei P9 merupakan salah satu smartphone paling menarik untuk bidang fotografi karena menggunakan dual-camera yang bekerja sama dengan Leica. Dalam hal ini Leica mendukung lensa Summarit dan algoritma fotografi yang diterapkan pada smartphone ini. Sementara, Sony mendukung kamera Huawei P9 dengan sensor 1,25-micron IMX286. Sementara itu, dual-camera utama ini memiliki resolusi kembar 12 MP dengan aperture f/2.2 dan dukungan Dual-LED Flash.

Efek Bokeh

Tren saat ini, hampir banyak smartphone mampu menyajikan hasil foto yang memiliki efek bokeh. Dengan efek bokeh ini memungkinkan hasil fotonya memperlihatkan efek blur yang dramatis pada background (gambar latar), sementara objek utamanya terlihat fokus dan tajam.

Tentu saja efek bokeh ini sangat indah untuk dipandang secara kasat mata. Dalam menghasilkan efek bokeh, pengguna Huawei P9 dapat memanfaatkan dual-camera yang dimiliki smartphone, dimana satu kamera mengunci fokus objek dan satu kamera mengukur kedalaman gambar. Dengan begitu, penggunanya bisa mengatur apakah objek atau background yang akan memiliki efek blur.

Memang aslinya dual-camera Huawei P9 hanya memiliki aperture hingga f/2.2 saja, namun apabila penggunanya menggunakan fitur dual-camera yang hadir pada aplikasi kamera bawaan smartphone, maka dapat langsung merekayasa aperture hingga f/0.95 dan hasilnya efek bokeh akan terlihat sangat dramatis.

Untuk menggunakan fitur ini, penggunanya cukup menekan lambang lensa pada aplikasi kamera bawaan. Selanjutnya menentukan fokus objek dan mengatur tingkat blur dengan memilih angka aperture yang disediakan hingga f/0.95. Bahkan setelah hasilnya jadi, penggunanya masih bisa mengedit tingkat aperture dan fokus objek.

Monokrom (Hitam Putih)

Pada umumnya, smartphone biasanya dapat menghasilkan foto hitam putih dengan menggunakan filter yang tersedia pada aplikasi kamera bawaan maupun foto. Namun berbeda halnya dengan Huawei P9 ini karena memiliki satu kamera utama dengan sensor monokrom (hitam putih).

Bisa dibilang foto hitam putih yang dihasilkan oleh Huawei P9 akan lebih bagus dan menarik ketimbang menggunakan filter hitam putih apikasi. Hal ini terjadi karena kamera monokromnya dapat menganalisis kondisi objek dan lingkung dengan baik, terutama menggunakan algoritma dari Leica yang terkenal dengan seleranya yang tinggi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, penggunanya cukup menyapu layar dari kiri ke kanan. Kemudian aplikasi akan menampilkan berbagai mode pengambilan foto Huawei P9 dan bisa langsung memilih Monochrome yang secara otomatis akan membuat semua objek yang ditangkap menjadi hitam putih.

Light Painting

Tidak hanya efek bokeh, foto light painting (melukis cahaya) juga sedang menjadi tren saat ini. Apabila bokeh menghasilkan blur yang dramatis, untuk light painting akan menghasilkan lukisan cahaya yang sangat indah berkat shutter speed yang diperlambat. Bahkan penggunanya bisa membuat foto tulisan, gambar, maupun ornamen cahaya.

Untuk bisa membuat foto lukisan cahaya, penggunanya cuma menyapu layar dari kira ke kanan dan memiliki menu Light Painting. Selanjutnya akan terdapat berbagai pilihan mode yang terdiri Tail light Trails yang berguna untuk mengambil cahaya dari gerakan mobil di malam hari, Light graffiti untuk bisa mengambil cahaya dalam gelap dengan membuat ornamen cantik, Silky water untuk dapat mengambil cahaya yang tampak di air, dan Star track mengambil cahaya bintang di malam hari.

Pro Mode

Bagi penggunanya yang sangat menyukai menggunakan pengaturan manual dalam mengambil foto, seperti pengaturan aperture, shutter speed, white balance, ISO, dan lainnya, Huawei P9 juga menawarkan Pro mode yang tentunya dengan fitur lengkap. Bahkan mode ini mampu menawarkan foto dengan format RAW yang biasanya memiliki hasil yang lebih detail.

Leave a Comment