Tips dan Trik

Tips: 6 Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu Yang Dijamin Jitu

cara cek hp samsung asli atau palsu

GADGETREN – Vendor elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung, memiliki banyak sekali varian model smartphone berbasis Android. Di Indonesia sendiri kehadiran Samsung tidak bisa ditampik sebagai salah satu penguasa pasar HP (handphone).

Banyak orang percaya akan merek Samsung karena kualitas pembuatannya memang sudah teruji sehingga tidak perlu takut kalau HP cepat rusak dan juga dukungan purna jual yang dapat ditemukan di mana-mana. Oleh karena itu merek Samsung model apapun itu menjadi yang cukup dicari oleh pengguna Android di Indonesia.

Namun dengan tingginya minat pembeli maka semakin tinggi juga barang yang beredar dipalsukan agar para penjual mendapatkan keuntungan lebih besar. Beberapa penjual sengaja menjual barang KW atau Super Copy karena memang memiliki pasar sendiri, tetapi tidak sedikit juga penjual yang memanfaatkan ketidaktahuan pembeli.

Agar kamu lebih aman ketika membeli atau ingin hanya ingin sekedar memastikan, berikut beberapa cara cek HP Samsung asli atau palsu yang bisa kamu lakukan sendiri.

Sebelum Membeli

Tampilan Luar

Samsung Asli Palsu Build

Asli vs Palsu

Kamu dapat langsung membedakan HP Samsung asli atau palsu dengan cukup melihat saja baik itu dari boks maupun bentuk HP itu sendiri. Boks yang asli akan dibungkus dengan plastik berlogo Samsung disekelilingnya dan HP yang asli terlihat lebih rapi terutama pada bagian tombol Home. Sedangkan di HP replika rata-rata mempunyai tombol yang tidak sejajar dan boks hanya dibungkus plastik transparan biasa.

Kelengkapan Aksesoris

Samsung Asli Palsu Aksesoris

Asli vs Palsu

Selain melihat tampilan luar, kamu juga bisa cek apakah HP Samsung asli atau palsu melalui isi apa saja yang disertakan di dalam boks. Pada HP Samsung asli tentunya aksesoris yang diberikan cukup lengkap seperti kabel, adapter, dan earphone. Semua aksesoris tertata rapi yang mencirikan kualitas produksi sebuah vendor elektronik resmi.

Setelah membeli

Cek IMEI

Samsung Asli Palsu IMEI

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang berupa 15 nomer unik untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang beredar di pasaran. Untuk mengecek IMEI, kamu cukup dengan memasukkan kode *#06# pada aplikasi telepon dan memastikan kode yang muncul sesuai dengan apa yang tertera di boks pembelian. Kamu tidak perlu mengeceknya dengan menggunakan situs-situs cek IMEI yang ada karena terbilang tidak akurat.

KIES

Samsung Asli Palsu KIES

Kamu yang sudah pernah menggunakan smartphone Samsung mungkin tidak asing dengan keberadaan KIES (download di sini). Buat kamu yang belum tahu, KIES merupakan aplikasi pelengkap di komputer atau laptop agar smartphone dapat terhubung dengan mudah. Untuk cek apakah HP Samsung kamu asli atau palsu juga cukup mudah kok dengan cukup menghubungkan HP ke komputer lalu menjalankan aplikasi KIES. Jika Samsung kamu asli maka seharusnya seluruh informasi pabrikan dari perangkat milik kamu akan langsung muncul.

Cek Spesifikasi

Samsung Asli Palsu CPU-Z

Salah satu cara yang tidak kalah jitunya untuk mengetahui apakah HP Samsung asli atau palsu bisa melalui aplikasi pihak ketiga. Kamu hanya membutuhkan aplikasi seperti AnTuTu, Geekbench, atau CPU-Z yang mampu menampilkan seluruh spesifikasi secara detil dan menyesuaikannya dengan spesifikasi resmi di situs Samsung. Produk palsu layaknya Super Copy pasti selalu mempunyai spesifikasi yang jauh lebih rendah dari aslinya sehingga cukup mudah untuk dibedakan.

Modus Uji Coba

Smartphone berbasis sistem operasi Android memiliki kode khusus yang dapat digunakan untuk mendiagnosa permasalahan yang terjadi di smartphone. Nah kode ini juga bisa kamu gunakan untuk cara cek HP Samsung asli atau tidak dengan cara memasukkan kode *#*#4636#*#* lalu memilih General Test Mode. Pada menu selanjutnya kamu dapat menguji coba berbagai hal pada perangkat seperti kualitas layar, kamera, hingga getaran. Kalau semua tes bisa dilakukan maka hampir dapat dipastikan kamu menggunakan yang asli.


Dari seluruh tes yang telah diberikan tersebut tidak wajib untuk kamu lakukan satu per satu. Cukup dengan cek kualitas HP, IMEI, dan menghubungkan ke aplikasi KIES seharunya sudah bisa memastikan HP Samsung tersebut asli atau palsu sehingga kamu tidak tertipu oleh sang penjual.

Jika kamu memang sangat takut mendapatkan yang palsu, maka sebaiknya kamu membeli smartphone langsung dari gerai resmi Samsung atau melalui distributor besar yang sudah sangat terpercaya. Walaupun memang harganya sedikit lebih mahal, namun barang resmi lebih aman jika terjadi kerusakan secara tiba-tiba.

 

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment