Tips dan Trik Handphone

Cara Membedakan Handphone OPPO Asli dan Palsu Agar Tidak Tertipu

Cara Membedakan Handphone OPPO Asli dan Palsu Header

Gadgetren – Seiring berjalannya waktu akan kepopuleran handphone OPPO, mulai banyak versi palsu beredar yang mana kini hampir benar-benar mirip dengan handphone asli untuk mengelabui konsumen awam.

Bahkan tidak sedikit juga penjual tidak bertanggung jawab yang melakukannya untuk meraup keuntungan karena harganya perangkat palsu jauh lebih murah.

Tentunya hal ini akan menjadi penyesalan di kemudian hari bagi yang membeli handphone palsu karena biasanya kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan tidak bagus seharusnya sehingga handphone tidak dapat digunakan dalam waktu lama.

Dengan begitu, kamu harus bisa membedakan antara handphone OPPO asli yang dijual di pasar Indonesia dibandingkan dengan yang palsu.

Cara Membedakan Handphone OPPO Asli dan Palsu

Gunakan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor yang ditujukan untuk menunjukkan identitas sebuah handphone. Dengan IMEI, kamu dapat mengetahui bahwa perangkat tersebut asli dan resmi masuk ke Indonesia.

Selain itu, kamu juga dapat melihat masa garansi dengan menggunakan IMEI. Ada beberapa cara untuk mendapatkan nomor IMEI seperti melihatnya pada bagian belakang Dus penjualan.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kode *#06# pada aplikasi Telepon. Setelah berhasil mendapatkan nomor IMEI, kamu dapat langsung mengunjungi halaman resmi Cek Garansi OPPO agar bisa mengetahui apakah handphone asli atau tidak.

Nantinya halaman pengecekan akan memunculkan keterangan masa garansi dan lokasi negara dijual jika handphone memang asli. Sebaliknya tidak akan memunculkan keterangan tersebut jika handphone palsu.

Kamu juga dapat mengunjungi situs resmi Cek IMEI Kemeperin agar bisa mengetahui apakah handphone OPPO yang kamu miliki terdaftar di Indonesia atau tidak.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keaslian dari handphone OPPO yang dimiliki, maka kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat memunculkan semua spesifikasi perangkat seperti AnTuTu Benchmark, CPU-Z, atau AIDA 64.

Apabila handphone tersebut palsu, maka biasanya keterangan yang ditampilkan aplikasi akan berbeda dengan spesifikasi yang tercatat di halaman situs maupun dus penjualan resmi.

Menggunakan Kode Engineer Mode

Pada handphone OPPO asli, kamu dapat mengakses engineer mode dengan memasukkan kode *#800# pada aplikasi Telepon. Nantinya kamu akan melihat menu pengujian mulai dari System Performance, Carrier Network, Wireless Connection, Multimedia, Photos & videos, Screen, dan lainnya.

Jika perangkatnya palsu, maka kode untuk mengakses engineer mode tidak dapat diaktifkan. Bahkan apabila produk tersebut dapat mengaksesnya, maka pada saat pengujiannya akan terlihat banyak kejanggalan yang menjadi indikasi bahwa handphone palsu.

Cek Kualitas Kamera

Biasanya handphone palsu akan memberikan keterangan bahwa memiliki kamera beresolusi besar seperti 64 MP atau 108 MP. Namun pada digunakan untuk memotret, hasil foto terlihat malah terlihat buram.

Sementara handphone OPPO asli akan menunjukkan hasil foto yang bagus sesuai dengan resolusi kamera utama yang ditampilkan. Hal ini dikarenakan kamera merupakan salah satu segmen yang sulit untuk ditiru.

Kondisi Fisik

Kualitas pembuatan pun akan langsung dapat dibedakan dimana pada saat kamu memegang handphone palsu akan terasa murahan dengan lapisan warna seadanya hingga menggunakan bodi berbahan plastik murahan.

Sementara handphone OPPO asli akan memiliki bahan bodi yang terasa kokoh dan pewarnaan cat yang bagus. Bahkan perangkat asli pun memperhatikan semua detail karena telah melewati kontrol kualitas yang baik.

Harga yang Tidak Sesuai Pasaran

Terkadang ada handphone OPPO palsu yang memiliki harga hanya Rp1,5 juta dengan spesifikasi sangat tinggi seperti kamera 108 MP, RAM 16 GB, dan penyimpanan 256 GB. Tentunya ini menjadi tanda yang sangat tidak benar karena bisa mendapatkan spesifikasi seperti itu dengan harga sangat murah.

Jadi kamu harus melakukan memastikan lagi harga sebenarnya dari handphone tersebut agar tidak tertipu dengan perangkat palsu. Sebaiknya kamu pun membeli handphone OPPO langsung di Official Store online maupun offline agar tidak perlu khawatir.

Tinggalkan Komentar