Aplikasi Review

Review Aplikasi Practo – Cari Dokter dan Rumah Sakit Terdekat Langsung Dari Smartphone

Pernahkah kamu bingung mencari dokter, klinik, atau rumah sakit ketika kamu sedang sakit atau tidak enak badan? Jika iya, mungkin kamu bisa mencoba solusinya menggunakan aplikasi mobile yang bernama Practo.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mencari dokter terdekat atau di sekitar kamu hanya dengan sebuah smartphone. Untuk menggunakannya, kamu dapat mengakses aplikasinya di Android maupun iOS. Setelah masuk ke dalam aplikasi, maka kamu akan dihadapkan pada menu login yang membutuhkan otentikasi dengan menggunakan akun Facebook maupun nomor telepon.

Dalam kasus ini, saya mencoba Practo dengan memasukkan nomor telepon dan selanjutnya dikirimkan kode aktivasi akun melalui SMS. Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada dua menu utama yang terdiri dari Find dan Me.

practo-1

Pada menu Find kamu bisa mencari dokter, klinik, maupun rumah sakit sesuai dengan spesialisasi yang kamu inginkan. Nantinya kamu bisa menentukan lokasi tempat kamu berada dengan memilih pada bagian Location. Lokasi ini bisa ditentukan secara otomatis atau Gadgeter pilih sendiri. Untuk saat ini, Practo baru mendukung beberapa kota di Indonesia, seperti Bogor, Depok, Jakarta, Tangerang Selatan, dan Tangerang.

Setelah menentukan lokasi, Gadgeter bisa memilih ikon Doctors atau langsung mengetikkan di kotak Search. Jika Gadgeter memilih icon Doctors maka secara otomatis akan muncul spesialisasi dokter yang dapat dipilih, seperti Dentist, Dermatologist, Homeopath, Ayurveda, Cardiologist, Neurologist, dan masih banyak lagi hingga total 17 spesialisasi.

Selanjutnya, jika Gadgeter memilih salah satu spesialisasi itu maka akan muncul halaman yang menginformasikan nama dokter beserta nama klinik atau rumah sakit, tarifnya, peta klinik atau rumah sakit, jarak dari lokasi, dan tombol untuk langsung menghubungi dokter untuk janjian atau berkonsultasi terlebih dahulu.

practo-2

Sedangkan apabila Gadgeter memilih untuk mengetikkan di kotak Search yang terdapat pada menu Find maka secara otomatis aplikasi akan memberikan sugesti kepada Gadgeter untuk memiliki klinik, rumah sakit, dokter, atau spesialisasi yang diinginkan. Nantinya akan muncul halaman informasi lengkap, seperti yang tampil ketika memilih ikon Doctors.

Menariknya, Gadgeter bisa membuat Reminder pengobatan baik itu jadwal melakukan checkup atau meminum obat dalam Practo. Untuk bisa membuat jadwal tersebut, Gadgeter bisa menuju menu Me dan memilih Add Reminder. Kemudian foto obat atau aktivitas yang akan dilakukan, tentukan waktunya, dan pilih jeda durasi harinya. Nantinya apabila Gadgeter lupa maka alarm dari Practo yang muncul di smartphone akan selalu mengingatkan Gadgeter.

Bagaimana? Menarik bukan? Bagi Gadgeter yang ingin mencoba Practo bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk iPhone.

Leave a Comment