Aplikasi Tips dan Trik

Kerja Dari Rumah? Ini Dia Enam Aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas

ASUS ZenScreen Touch Laptop

Gadgetren – Sudah hampir masuk minggu kedua sejak pemerintah menerapkan bekerja dari rumah atas situasi wabah virus korona. Bila dibandingkan dengan negara lain yang sudah melakukan lockdown, semua perusahaan pun sudah memberlakukan Work From Home atau karantina untuk warganya.

Sedikit berbeda, Indonesia belum melakukan lockdown dikarenakan satu dan lain hal menyangkut kebijakan pemerintah Indonesia sehingga tidak semua perusahaan memberikan keleluasaan bekerja dari rumah bagi karyawannya.

Buat kamu yang mendapatkan fasilitas bekerja dari rumah dari perusahaan, maka ini adalah sebuah keberuntungan yang patut disyukuri. Namun ternyata tidak semua orang bisa menghadapi situasi bekerja dari rumah.

Beberapa orang pun kini mulai mengalami dan mulai mencari cara bagaimana agar bisa tetap bertahan melakukan pekerjaan dari rumah. Mereka mulai ramai “curhat” atau berkeluh kesah di media sosialnya, seperti Twitter atau Instagram.

Pasalnya, tidak semua orang bisa beradaptasi bekerja dari rumah, ada yang mampu mengikuti ritme adapula yang kerap menemukan hambatan seperti suasana tidak mendukung atau kurang bisa fokus karena suasana di rumah yang “itu-itu” saja.

Untuk dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi kalian yang bekerja dari rumah, tim Gadgetren berikan tujuh aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas kamu bekerja dari rumah, sebagai berikut:

Pertama untuk mendukung mood di awal hari agar lebih produktif dan fokus, kamu bisa mencoba berolahraga ringan seperti workout, yoga, atau meditasi. Untuk olahraga seperti workout dan yoga, kamu bisa menggunakan aplikasi tutorial workout atau video YouTube untuk mencapai tujuan olahraga setiap harinya.

Kedua, bagi kamu yang suka meditasi bisa menggunakan YouTube dan Spotify untuk mencari latar musik yang mendukung agar sesuai dengan tujuan ketenangan yang ingin dicapai.

Spotify Logo

Spotify juga bisa meningkatkan mood kamu saat bekerja dengan memilih jenis musik latar instrumen tanpa lirik untuk mendukung suasana kerja agar lebih fokus.

Ketiga ada aplikasi WhatsApp yang selain mendukung komunikasi dengan rekan kerja kamu di kantor menjadi lancar juga bisa digunakan video call untuk melakukan panggilan video bersama rekan kerja yang mampu menampung lima orang.

Keempat ada aplikasi Slack yang sudah sangat populer untuk mendukung kerja internal perusahaan. Keunggulan Slack selain dapat digunakan untuk berkirim pesan atau berbagi file juga bisa untuk memodifikasi dokumen dan lebih privasi untuk urusan internal. Aplikasi ini dapat digunakan di seluruh platform mulai dari Android, iOS, hingga Windows.

Kelima ada Google Applications yang mana seperti kalian ketahui mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan dengan menyediakan aplikasi seperti Google Docs untuk kebutuhan perekaman dokumen, Hangouts untuk komunikasi bisa berkirim pesan maupun konferensi video, hingga penyimpanan data yang membutuhkan memori besar dan berbagi data di Google Drive.

Selain Hangouts dari Google, kalian juga bisa menggunakan Google Duo yang mampu menampung delapan orang konderensi video di dalamnya. Keenam ada aplikasi video Zoom, dimana kini sering digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mengadakan konferensi press atau rapat perusahaan dalam kuota besar.

Aplikasi ini memungkinkan peserta berbagi layar dan pesan instan lintas-platform dan dapat mengundang sebanyak 100 orang dalam konferensi video.

Tinggalkan Komentar