Laptop Review

Review Asus ROG G501JW – Si Ramping Dengan Performa yang Tetap Ganas

Gambar Header Asus ROG G501JW

Lini Asus Republic of Gamers (ROG) merupakan jejeran perangkat yang dikhususkan untuk para gamer khususnya yang hardcore agar mendapatkan pengalaman dan kualitas bermain game yang terbaik.

Gadgetren beruntung bisa mencoba salah satu notebook gaming dari Asus yakni seri ROG G501JW. Model ini menjagokan bentuknya yang tipis dan ringan, namun tetap memiliki peforma yang garang saat bermain game.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan Asus ROG G501JW dari Gadgetren.

Desain

Gambar Depan Asus ROG G501JW

Asus ROG G501JW memang tidak terlihat terlihat garang seperti laptop gaming kebanyakan, namun terbilang cukup tipis untuk kelasnya. Notebook ini mempunyai dimensi 383 x 255 x 20.6 mm dengan berat hanya 2.06 Kg.

Gambar Backlit Keyboard Asus ROG G501JW

Tema warna hitam di sebagian besar badan dan warna merah pada keyboard, membuatnya terlihat sedikit lebih gaya. Bahan yang digunakan terasa kokoh dengan penutup berbahan aluminium dan sisanya merupakan plastik.

Pada bagian sampingnya terdapat beberapa konektivitas yakni 3x slot USB, 1x slot HDMI, 1 slot mini Display Port dan 1x slot Thuderbolt Port. Dikarenakan bentuknya yang terbilang tipis, maka G501JW tidak memiliki CD/DVD Drive.

Layar

Notebook dengan layar berukuran 15.6 inci ini mempunyai resolusi UHD 4K. Resolusi sebesar itu membuat pixels yang ditampilkan sangat padat dan tajam. Kelebihan lainnya dari layar 4K ini adalah tidak akan membuat mata terasa cepat lelah, sehingga cocok bagi para gamer yang sering bermain dalam waktu cukup lama.

Gambar Layar Asus ROG G501JW

Tentu dengan menawarkan layar beresolusi UHD 4K, maka sudah pasti harus dicoba bagaimana jika menjalankan sebuah video dengan resolusi yang sama. Video tersebut berhasil berjalan dengan lancar dan terlihat sangat jernih, namun ada kala video menjadi tersendat.

Performa & Spesifikasi

Tentunya salah satu bagian paling penting dari notebook gaming adalah spesifikasinya. Oleh karena itu, berikut ini adalah spesifikasi kunci dari Asus ROG G501JW.

  • Layar 15.6 inci, UHD 4K (3840 x 2160 pixels)
  • Intel Core i7 4720HQ 2.60 GHz
  • NVIDIA GeForce GTX 960M
  • RAM 16 GB
  • SSD 128 GB
  • HDD 1 TB
  • Harga Rp 19.999.000

Spesifikasi tersebut terbilang cukup mumpuni untuk menjalankan game keluaran terbaru. SSD berkapasitas 128 GB membuat G501JW sangat cepat dalam booting yang hanya memerlukan waktu sekitar 5 detik saja hingga siap pakai.

Salah satu yang paling penting dari sebuah notebook adalah ketahanan baterainya. Asus G501JW dengan resolusi 4K mampu bertahan selama sekitar 3 jam 30 menit untuk melakukan kegiatan seperti browsing dan menyaksikan video. Jika digunakan bermain game secara intesif tentu baterai akan bertahan kurang dari itu.

Untuk melakukan aktivitas sehari – hari dipastikan G501JW tidak akan mengecewakan dan terasa cepat saat mengeksekusi aplikasi. Lalu bagaimana ketika digunakan dalam bermain game terutama yang baru keluar dan cukup berat?

Saya mencoba beberapa game terbaru yang cukup populer seperti GTA V, Witcher 3, dan Call of Duty Advance Warfighter. Berikut adalah hasil Frame per Second (FPS) yang didapatkan dengan kondisi notebook tersambung dengan AC adapter.

GTA  V

Gambar Review Benchmark GTA V ASUS ROG G501JW

The Witcher 3

Gambar Review Benchmark Witcher 3 ASUS ROG G501JW

Call of Duty Advance Warfighter

Gambar Review Benchmark Call Of Duty Advance Warfighter ASUS ROG G501JW

UHD 4K

Gambar Review Benchmark UHD 4K ASUS ROG G501JW

Dari hasil tes tersebut bisa dikatakan Asus ROG G051JW cukup mampu untuk menjalankan game keluaran terbaru di resolusi 1080p.

Untuk game yang memang terbilang memiliki tuntutan berat seperti Witcher 3 dan GTA V dengan tingkat detil tinggi menghasilkan FPS di bawah angka 30. Tentu jika ingin mendapatkan angka yang lebih tinggi dapat menurunkan kualitas agar lebih sesuai yang diinginkan.

Sedangkan untuk resolusi 4K hampir bisa dikatakan Asus ROG G051JW masih belum kuat dikarenakan FPS yang didapat hanya belasan. Namun G051JW tetap sanggup memainkan game yang tidak terlalu menuntut seperti Dota 2, League of Legends, PES 2016 atau Fifa 16.

Selama bermain game tersebut yang memiliki beban kinerja cukup berat terhadap notebook, panas suhu yang dihasilkan oleh G501JW rata – rata adalah 72 derajat dan maksimum bisa mencapai 86 derajat celcius. Suhu tersebut terbilang cukup panas, namun untungnya tidak terlalu terasa ke telapak tangan saat digunakan.

Kesimpulan

Asus G501JW pantas menyandang notebook gaming walaupun dengan desainnya yang tipis dan terbilang ringan. G501JW masih cukup sanggup untuk memainkan game keluaran terbaru yang memang menuntut spesifikasi tinggi. Sayangnya dengan harga Rp 19.999.999, layar beresolusi 4K tersebut tidak menjadi salah satu kelebihannya, maka lebih baik memilih varian resolusi Full HD 1080p saja.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren