Berita Review Unik

Review Asus ZenPower : Powerbank 10050 mAh yang Bertenaga dengan Harga Terjangkau

Asus ZenPower 10050 Feature

Asus merupakan salah satu vendor yang mengembangkan perangkat komputer, smartphone, tablet, bahkan aksesoris gadget. Salah satu aksesoris besutan Asus yang membantu pengguna smartphone untuk aktivitas sehari-hari adalah powerbank.

Nah, beberapa waktu lalu saya berkesempatan untuk mencoba sebuah powerbank besutan Asus yakni ZenPower. Menariknya, powerbank ini memiliki kapasitas daya sebesar 10.050 mAh. Menurut pihak Asus, powerbank ini memiliki lebar sebesar kartu kredit atau ATM.

Credit Card Size

Ketika saya mencoba membandingkannya dengan kartu ATM, ternyata memang benar ukuran lebarnya menyerupai kartu ATM sehingga memudahkan untuk digenggam dalam tangan saya. Selain itu, powerbank ini memiliki bobot sebesar 215 gram.

Sementara, untuk rincian dimensi dari body dari powerbank ini adalah sebesar 90,5 x 59 x 22 mm meskipun masih tebal, namun lebar dari smartphone ini telah pas di dalam genggaman. Dari sisi desain casing, Asus ZenPower ini dilapisi dengan aluminium dengan cat metalik yang terdiri dari beragam warna seperti emas, perak, hitam, merah muda metalik, dan biru muda metalik.

Asus ZenPower 10050 casing

Tampilan casing Asus ZenPower

Dalam kesempatan kali ini saya berkesempatan mencoba Asus ZenPower yang dilapisi aluminium berwarna emas. Secara kasat mata, desain dari powerbank ini tampak seperti Mi Powerbank. Ternyata hal ini disebabkan karena pabrik pembuatan Mi Powerbank di perusahaan Asus.

Untuk kelengkapan yang disertakan dalam paket penjualan powerbank ini terdiri dari dus, powerbank, kabel microUSB, buku petunjuk, dan buku garansi. Dalam hal ini, Asus tidak menyertakan kepala charger dalam paket penjualannya sehingga pengguna dapat membelinya atau menggunakan kepala charger yang dimiliki smartphone lain.

Asus ZenPower 10050 Kelengkapan

Kelengkapan Asus ZenPower

Pada bagian atas Asus ZenPower ini terdapat beberapa hal utama yang terdiri dari 4 lampu indikator, 1 port USB, 1 port microUSB, dan tombol power. 4 lampu indikator ini untuk menandakan seberapa besar energi yang sedang tersimpan dalam Asus ZenPower. Semakin banyak lampu indikator menyala maka semakin banyak energi yang tersimpan.

Dalam 1 lampu indikator menandakan maksimal kapasitas sebesar 2512,5 mAh. Nantinya ketika powerbank terhubung dengan smartphone maka lampu indikator akan menyala berkedap-kedip yang menandakan bahwa powerbank sedang memberikan daya listrik terhadap smartphone.

Asus ZenPower 10050 Atas Bawah

Bagian atas dan bawah Asus ZenPower

Selanjutnya, 1 port USB memiliki fungsi untuk pengisian daya dari sumber listrik ke powerbank. Sedangkan 1 port microUSB berfungsi untuk pengisi daya dari powerbank menuju smartphone atau tablet.

Terakhir adalah tombol power yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan serta menonaktifkan powerbank ketika digunakan. Menurut pihak Asus, powerbank yang satu ini mampu mengisi daya baterai Zenfone 5 sebanyak 3 kali, Zenfone 6 sebanyak 2 kali, Zenfone 2 sebanyak 2 kali, dan Nexus 7 sebanyak 1 kali.

Dalam hal ini output yang dihasilkan oleh ZenPower adalah sebesar 2,4 Ampere yang terbilang dapat mengisi daya baterai cukup cepat. Selain itu, powerbank ini telah melalui tes pemasangan USB sebanyak 5000 kali.

Untuk pengujian kemampuan pengisian daya baterai ZenPower ini saya menggunakan smartphone OnePlus One yang memiliki kapasitas baterai sebesar 3100 mAh dan Xiaomi Mi 4i yang memiliki kapasitas baterai sebesar 3120 mAh.

Setelah melakukan pengujian pengisian daya Asus ZenPower terhadap kedua smartphone ini didapatkan hasilnya bahwa ZenPower dapat mengisi baterai OnePlus One sebanyak 2 kali dan Xiaomi Mi 4i sebanyak 2 kali dengan rata-rata waktu selama 1,5 jam hingga 2 jam.

Sementara untuk pengisian daya baterai terhadap Asus ZenPower sendiri dari mulai keadaan kosong hingga penuh memakan waktu sekitar 6 hingga 8 jam.  Untuk itu, sebaiknya apabila pembaca ingin mengisi daya baterai Asus ZenPower dilakukan pada waktu istirahat atau malam hari agar keesokannya siap dipakai.

Secara keseluruhan, saya puas dalam menggunakan Asus ZenPower untuk mengisi daya baterai smartphone yang saya miliki ketika dalam keadaan darurat. Bisa dibilang powerbank ini cepat dalam mengisi daya baterai smartphone dan juga mudah dibawa-bawa.

Kelebihan :

  • Desain casing yang menawan dengan dilapisi aluminium
  • Daya sebesar 10050 mAh
  • Cepat dalam melakukan pengisian daya terhadap smartphone
  • Harga yang terjangkau
  • Tersedia dengan banyak pilihan warna

Kekurangan :

  • Pengisian daya listrik terhadap powerbank sendiri cukup lama memakan waktu 6 hingga 8 jam
  • Hanya diberikan kabel USB dan tidak diberikan kepala charger untuk pengisian daya terhadap Powerbank.

Bagi pembaca yang tertarik untuk membeli Asus ZenPower ini dapat langsung membelinya di toko online resmi Asus Store atau toko retail di kota terdekat pembaca dengan harga sebesar Rp 299.000.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment