Berita Smartphone

Samsung Z3 – Smartphone Generasi Baru Tizen Telah Lahir

Samsung Z3 Feature[sumber gambar : Samsung Tomorrow]

Tizen merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung. Beberapa perangkat Samsung pun ada yang telah menggunakan sistem operasi ini seperti Samsung Gear 2 versi awal dan smartphone Samsung Z1.

Nah kemarin, secara resmi Samsung mengumumkan kehadiran generasi terbaru dari smartphone yang bersistem operasi Tizen yakni Samsung Z3. Menurut informasi yang dilansir dari situs Samsung Tomorrow, JK Shin selaku CEO dan Head of IT & Mobile Business dari Samsung Electronics mengatakan bahwa Samsung Z3 ini meneruskan perangkat Tizen generasi awal seperti Samsung Z1 dan Gear 2.

Selain itu, JK Shin mengungkapkan bahwa Samsung mengembangkan Samsung Z3 untuk menyediakan fitur yang akan membantu konsumen dalam memanfaatkan ekosistem Tizen yang sedang tumbuh.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Samsung langsung menamai smartphone terbarunya dengan Samsung Z3. Mengapa tidak dinamai dengan Samsung Z2, apabila merujuk dari seri-seri smartphone lainnya yang dirilis Samsung secara berurutan.

Untuk debut generasi baru smartphone Tizen, Samsung Z3 telah dibenamkan spesifikasi hardware yang lumayan menarik. Pada dapur pacunya, Samsung mempercayakan prosesor Quad-core berkecepatan 1,3 GHz. Namun belum diumumkan nama prosesor yang disematkan dalam smartphone ini.

Sementara itu, smartphone ini dilengkapi dengan RAM sebesar 1 GB dan penyimpanan internal sebesar 8 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB. Tak ketinggalan, baterai berkapasitas 2.600 mAh disematkan dalam Samsung Z3.

Samsung Z3 spec[sumber gambar : Samsung Tomorrow]

Pada baterainya akan disediakan fitur Ultra Power Saving Mode yang dapat membuat Samsung Z3 dapat bertahan selama 33 jam dalam mode siaga hanya dengan 10 % daya baterai. Selain itu, terdapat fitur Ultra Data Saving Mode yang dapat menghemat “mobile data usage” hingga 40 %.

Layar yang diadopsi menggunakan layar sentuh Super AMOLED 5.0″ beresolusi HD. Selain itu, untuk kamera belakang menggunakan resolusi sebesar 8 MP yang telah dilengkapi LED Flash dan kamera depan beresolusi 5 MP.

Bagi pembaca yang penasaran dengan spesifikasi lengkap dari Samsung Z3 ini dapat melihat informasi yang disajikan sebagai berikut.

  • Layar Sentuh Super AMOLED 5.0″ HD
  • Prosesor Quad-core berkecepatan 1,3 GHz
  • RAM 1 GB
  • Penyimpanan internal 8 GB yang dapat ditambah microSD hingga 128 GB
  • Kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP
  • Fitur Kamera : Automatic Selfie, Wide Selfie, Beauty Face Mode, DreamShot
  • Konektivitas WiFi, Bluetooth 4.0, dan microUSB 2.0
  • Sensor Accelerometer, Proximity
  • Baterai 2.600 mAh
  • Sistem operasi terbaru Tizen

Menurut kabar dari pihak Samsung, smartphone ini akan berlabuh di India pada bulan Oktober 2015 dengan harga sebesar 8490 Rupee atau sekitar 1,75 juta Rupiah.

Nantinya Samsung Z3 ini akan ditambahkan secara ekslusif aplikasi My Galaxy di India. Selain itu, bagi pengguna Samsung Z3 juga dapat menikmati konten-konten lagu dari aplikasi ekslusif Mix Radio.

Samsung Z3 ini akan tersedia dengan warna Emas, Hitam, dan Perak. Namun pihak Samsung sendiri belum memberikan pengumuman resmi apakah smartphone ini akan masuk ke negara Indonesia.

[sumber : Samsung Tomorrow]

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment