ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

realme GT 6 – Kembalinya Sang Flagship Killer dengan Teknologi AI

realme GT 6 - Kembalinya Sang Flagship Killer dengan Teknologi AI

Gadgetren – Setelah sempat vakum, realme kembali menghadirkan realme GT 6 di Indonesia yang membawa ciri khas ketangguhan performa dari realme GT Series.

Dijuluki “New Flagship Killer Powered by AI”, handphone ini dipersenjatai dengan teknologi terkini seperti Snapdragon 8s Gen 3 dan berbagai fitur kecerdasan buatan yang memperkaya pengalaman pengguna sehari-hari.

Tak hanya itu, handphone ini juga dilengkapi dengan layar yang memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 6.000 nit yang sangat tinggi, kamera belakang yang mumpuni, serta pengisian daya super cepat 120W SUPERVOOC.

Desain

realme GT 6

realme GT 6 memiliki ukuran yang tergolong standar untuk handphone masa kini dengan berat 199g. Memang tidak ringan namun tidak terlalu berat juga. Handphone ini tersedia dalam dua pilihan warna menawan yaitu Razor Green dan Fluid Silver—yang dipakai oleh tim Gadgetren.

Desainnya memancarkan kesan premium dengan sisi melengkung dan balutan warna perak matte di hampir seluruh bodinya. Ditambah lagi handphone ini menggunakan material metal untuk frame dan kaca untuk bagian depan maupun belakang sehingga membuatnya kokoh.

Yang menarik, area sekitar kamera dilapisi dengan material sangat mengkilap yang bisa berfungsi sebagai cermin, membantu saat selfie menggunakan kamera utama.

realme GT 6

Bagian bawah realme GT 6 dilengkapi dengan port USB Type-C, slot kartu SIM ganda, serta lubang speaker dan mikrofon, memberikan kelengkapan yang diperlukan untuk penggunaan sehari-hari. Di sisi kanan terdapat tombol power dan volume yang mudah dijangkau.

Yang menarik, bagian atas handphone ini dilengkapi dengan sensor infra merah yang memungkinkan kita mengontrol perangkat elektronik rumah seperti TV dan AC yang kompatibel, menjadikan realme GT 6 lebih dari sekadar handphone biasa.

Layar

realme GT 6

Salah satu keunggulan realme GT 6 terletak pada sektor layarnya yang menggunakan panel AMOLED 6,78 inci dengan 6.000 Nits Ultra Bright Display. Ini memastikan tampilan layar tetap terlihat jelas meskipun di bawah terik sinar matahari siang hari. Cocok untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Tak hanya menawarkan kecerahan tinggi, layar ini juga memiliki resolusi 2780 x 1264 piksel, saturasi warna 100% P3, kedalaman warna 10 bit, dan mendukung HDR 10+. Hal ini memungkinkan layar menampilkan konten dengan detail tajam dan warna yang memukau. Selain itu, dukungan untuk Dolby Vision dan Pro-XDR memastikan pengalaman menonton video menjadi lebih memuaskan.

Layar realme GT 6 mendukung refresh rate hingga 120Hz, yang dapat beradaptasi secara dinamis dari 1Hz hingga 120Hz berkat teknologi LTPO 8T. Ini tidak hanya membuat tampilan lebih mulus tetapi juga menghemat daya, setara dengan penambahan kapasitas baterai sebesar 300mAh.

Untuk melindungi mata kita saat menggunakan handphone di kondisi gelap seperti sebelum tidur, realme GT 6 dilengkapi dengan SGS Eye-Protection Display dan peredupan PWM 2160Hz. Teknologi PWM yang cepat ini mengurangi flicker pada layar sehingga mata tidak cepat lelah.

realme juga melindungi layar handphone ini dengan Corning Gorilla Glass Victus 2, teknologi yang sering digunakan pada handphone kelas flagship, untuk memastikan ketahanan layar terhadap goresan dan benturan.

Performa

realme GT 6

Sebagai bagian dari realme GT Series, realme GT 6 dilengkapi dengan chipset berperforma tinggi Snapdragon 8s Gen 3. Chipset terbaru dari Qualcomm ini menawarkan performa yang hampir setara dengan kakaknya, Snapdragon 8 Gen 3, terlihat dari skor AnTuTu yang mencapai 1.517.093.

Dalam uji benchmark lainnya seperti Geekbench, realme GT 6 juga mencatat skor impresif yakni 1.931 untuk single core dan 4.822 untuk multi core. Kencangnya performa handphone ini juga tidak lepas dari penggunaan RAM LPDDR5X sebesar 12GB yang dapat diperluas secara virtual menjadi total 24GB.

Selain itu handphone ini memiliki kapasitas penyimpanan internal yang luas yaitu 256GB dengan teknologi UFS 4.0 Overclock, memastikan kecepatan dan kelancaran dalam menyimpan dan mengakses data.

Dalam penggunaan sehari-hari, performa realme GT 6 terasa sangat lancar tanpa kendala. Saat digunakan untuk bermain game berat seperti Genshin Impact, handphone ini mampu menjalankannya dengan mudah. Resolusi layar yang tinggi membuat grafis Genshin Impact terlihat tajam dan memuaskan.

Saat bermain game tersebut selama 1 jam nonstop dengan setelan grafis tertinggi, suhu handphone ini tetap hangat dan nyaman serta performanya tetap lancar sepanjang permainan.

Pengalaman serupa dirasakan saat memainkan PUBG Mobile. Pada setelan grafis Ultra HDR dan Ultra Frame Rate, performanya sangat lancar. Respon sentuhan layar juga sangat cepat, membuat aksi dalam permainan terasa lebih responsif.

Untuk game balapan seperti Real Racing 3, performa juga sangat mulus ditambah dengan refresh rate tinggi pada layar yang meningkatkan pengalaman bermain.

realme GT 6

Menariknya, realme GT 6 menyediakan fitur Geek Power Tuning yang dapat diakses dengan mengusap sudut kiri atas layar saat bermain game. Fitur ini memungkinkan kita mengatur kecepatan performa CPU dan GPU dengan leluasa, mirip dengan overclocking pada komputer desktop atau laptop.

Untuk mengatur panas, realme GT 6 menggunakan 9 lapisan pendinginan yang salah satunya adalah vapor chamber ganda dengan luas 10,014mm².

Menemani performanya yang gegas, speaker stereo dalam realme GT 6 yang Hi-Res Audio Certified dapat menghasilkan keluaran suara yang tergolong memuaskan di kelasnya sehingga pengalaman bermain game menjadi lebih menyenangkan.

Baterai

realme GT 6

Meskipun performanya cepat, ketahanan baterai realme GT 6 yang berkapasitas 5.500mAh sangatlah tangguh. Tim Gadgetren mencatat screen on time selama 4 jam 56 menit dari baterai penuh hingga 10% untuk penggunaan sehari-hari.

Dalam pengujian menggunakan aplikasi PCMark dengan kecerahan layar 50% dan refresh rate 60Hz, realme GT 6 mencatat skor tinggi yaitu 19 jam 42 menit. Bahkan saat diuji dengan refresh rate 120Hz, skor ketahanan baterainya tetap memuaskan yaitu 18 jam.

Selain memiliki ketahanan baterai yang baik, pengisian daya realme GT 6 juga sangat cepat. Menggunakan charger bawaan GAN 120W dengan teknologi fast charging 120W SUPERVOOC, baterainya dapat diisi dari 10% hingga 100% dalam waktu hanya 30 menit.

Mungkin ada yang khawatir akan dampak pengisian daya super cepat terhadap umur baterai dalam jangka panjang. Nah realme memastikan bahwa kapasitas baterai realme GT 6 akan tetap di atas 80% setelah diisi penuh sampai 1.600 kali. Secara kasar, ini berarti baterai realme GT 6 akan tetap optimal selama 4 tahun dengan asumsi satu kali pengisian penuh setiap hari.

Kamera

realme GT 6

realme GT 6 menawarkan sistem kamera belakang yang mengesankan yang terdiri dari tiga lensa: lensa utama SONY LYT-808 50MP dengan OIS, lensa telefoto Samsung JN5 50MP, dan lensa ultrawide Sony IMX355 8MP. Di bagian depan, terdapat kamera 32MP untuk memenuhi kebutuhan selfie.

Kemampuan canggih kamera ini diperkuat oleh teknologi HyperTone Image Engine, yang tidak hanya meningkatkan kejernihan foto tetapi juga mengurangi noise melalui AI RAW fusion. Hasil foto dari kamera utama realme GT 6 sangat memuaskan, menampilkan warna yang mendekati aslinya dan detail yang jelas.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Di mode portrait, hasil foto yang dihasilkan oleh realme GT 6 sangat memukau dengan efek bokeh yang halus dan teratur. Keberadaan lensa telefoto juga memberikan kemampuan untuk mengambil portrait dengan karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan lensa utama.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Lensa telefoto ini tentunya juga cocok digunakan untuk memotret pemandangan atau objek di kejauhan. Memanfaatkan resolusi lensa telefoto yang tinggi, handphone ini bisa melakukan pembesaran lebih jauh lagi yakni 4x tanpa penurunan kualitas foto yang signifikan.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Dengan bantuan teknologi AI, kamera realme GT 6 mampu menghasilkan foto pada malam hari yang sama memuaskannya dengan foto di siang hari. Selain itu proses pengambilan dan pemrosesan foto pada malam hari berlangsung cepat tanpa memerlukan waktu yang lama.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Untuk kamera depannya, realme GT 6 mampu menghasilkan foto selfie yang tajam dengan menangkap warna dan tekstur wajah subjek dengan detail yang baik. Mode portrait juga menghasilkan efek bokeh yang halus, memisahkan subjek dengan latar belakang secara rapi.

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

realme GT 6 - Hasil Kamera

Dalam hal perekaman video, realme GT 6 mampu merekam hingga resolusi 4K pada 60FPS. Aplikasi kamera bawaannya dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti Ultra Steady untuk menjaga stabilitas video, mode HDR untuk warna yang lebih hidup, dan AI Night Vision untuk meningkatkan kejernihan video saat malam hari.

Untuk mengaktifkan mode AI Night Vision, kita perlu mengatur resolusi video ke FHD pada 30FPS dan menekan tombol khusus yang akan muncul di sisi kiri bawah aplikasi kamera bawaan jika sistem mendeteksi lingkungan redup.

Fitur

realme GT 6

Kamera yang canggih tentunya tidak cukup ketika kita memfoto tapi ada objek yang mengganggu. Nah untuk itu realme GT 6 memiliki fitur AI yang bermanfaat yakni AI Smart Removal.

Fitur ini memungkinkan kita untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dalam sebuah foto, dan realme GT 6 secara otomatis mengisi kekosongan dengan cerdas untuk menjaga kesempurnaan komposisi foto.

Tidak hanya itu, AI Smart Removal juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat atau noda pada wajah seseorang, membantu menghasilkan foto yang sempurna tanpa perlu melakukan editing manual yang rumit.

realme GT 6 - Before AI Smart Removal

Sebelum AI Smart Removal

realme GT 6 - After AI Smart Removal

Setelah AI Smart Removal

realme GT 6 juga dilengkapi dengan fitur AI Smart Loop yang memungkinkan pengguna untuk menyeret konten yang ditampilkan di layar ke bagian kanan atas handphone untuk dibagikan dengan cepat ke aplikasi lain. Fitur ini sangat praktis, baik untuk membagikan kutipan berita melalui WhatsApp maupun untuk berbagi foto Instagram story kepada teman.

realme GT 6 AI Feature

Kiri: AI Smart Loop. Kanan: AI Screen Recognition

Melalui fitur Screen Recognition, smartphone ini dapat menganalisis konten pada layar seperti teks atau foto untuk kemudian disimpan atau dibagikan. Namun, perlu dicatat bahwa saat ini belum semua aplikasi mendukung fitur AI Screen Recognition seperti browser Chrome.

realme GT 6

Secara keseluruhan, realme GT 6 adalah handphone flagship killer yang mengesankan dengan performa cepat, kamera berkualitas tinggi, dan layar yang sangat cerah.

Tidak hanya itu, handphone ini dilengkapi dengan beragam fitur AI yang mempermudah aktivitas sehari-hari. Baterainya pun tahan lama dan dapat diisi dayanya dengan sangat cepat.

Smartphone realme GT 6 bisa dibeli dengan harga khusus pada periode Flash Sale pada tanggal 25 Juni 2024 eksklusif di realme.com, Shopee, dan Akulaku. Pada pembelian di saluran offline seperti realme Brand Store dan toko mitra, pelanggan dapat memperoleh gratis realme Buds Air 5 serta berbagai fasilitas pembayaran senilai hingga Rp3.500.000, pada periode 25 Juni – 31 Juli 2024.

Pada setiap pembelian realme GT 6, kamu juga dapat memperoleh layanan purnajual eksklusif seperti 1 Tahun Proteksi Layar, Dedicated Spare Phone, 1-Hour Quick Repair, Free Round-Trip Shipping for Repairs, Send-In Repair Surprises, realme Care 50% Discount, dan Priority Service Channel*.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tinggalkan Komentar