ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Ngaji.ai Bantu Belajar Baca Ayat Suci Al Quran dengan Teknologi AI

Ngaji-AI.

Gadgetren – Vokal.ai secara resmi telah menghadirkan aplikasi terbaru untuk membantu belajar mengaji bernama ngaji.ai. Sesuai dengan namanya, ngaji.ai mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan Vokal.ai sendiri sejak tahun 2020.

Aplikasi ini disebut mampu mendeteksi secara akurat pelafalan bacaan Al-Qur’an penggunanya melalui teknologi Automatic Speech Recognition (ASR) sehingga pengguna dapat belajar mengaji secara mandiri. Aplikasi ngaji.ai sudah tersedia untuk pengguna Android dan IOS dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Selain sebagai teman ibadah, aplikasi ini juga dirancang untuk menjawab tantangan proses belajar mengaji yang lebih fleksibel dan tanpa batas sehingga siapapun bisa belajar mengaji di manapun, kapanpun dan di usia berapapun tanpa perlu mencari guru ngaji atau bantuan lembaga pengajian.

Dengan begitu tidak ada alasan lagi dan kata terlambat untuk belajar mengaji dari mulai anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua. Bahkan pihak Vokal.ai menyebutkan bahwa pembelajaran dan fitur tambahan di ngaji.ai membuat aplikasi ini dapat digunakan oleh anak sejak usia 3 tahun.

Selain dapat membantu pengguna belajar Al-Qur’an dengan mengoreksi pelafalan yang masih kurang tepat menggunakan AI, pengguna juga akan mendapatkan nilai atau skor dari pembelajaran tersebut. Terdapat juga papan peringkat sebagai salah satu fitur gamification yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi pengguna agar terus belajar mengaji.

Pengguna juga dapat melihat detail pencapaian yang didapat oleh pengguna lain serta dapat membagikan pencapaian ke media sosial agar semakin seru. Disamping itu, pengguna bisa memantau kemajuan belajarnya yang dibagi menjadi 3 tahapan yaitu pemula, menengah, dan mahir yang diukur berdasarkan total skor yang dikumpulkan.

Tak hanya untuk menemani pengguna belajar mengaji saja, ada fitur lainnya yang bisa mengoptimalkan ibadah pengguna di bulan puasa. Salah satunya ialah untuk mengetahui jadwal salat berdasarkan lokasi, dengan notifikasi waktu salat dan berbuka, serta mengetahui arah kiblat dengan koordinat yang tepat.

 penilaian-ngaji-AI

Kemudian tersedia fitur untuk memeriksa kemampuan tadarus bernama ASR yang terletak pada menu tadarus. Fitur ini bisa mendeteksi kelancaran pengguna mengaji. Selanjutnya ada fitur exam yang juga dapat memastikan pengguna sudah menguasai materi dengan tepat atau masih ada area yang bisa diperbaiki.

Ngaji.ai juga memiliki fitur rekomendasi ayat setiap hari untuk pendalaman ayat-ayat Al-Quran selama bulan Ramadhan. Martijn Enter selaku Founder Vokal.ai menyampaikan bahwa aplikasi ngaji.ai menggunakan teknologi yang dikembangkan bersama oleh para expert asal Indonesia dan Belanda di bidang data collection, materi pembelajaran mengaji, IT, dan machine learning.

Martijn mengatakan “Menurut pendapat saya, masa depan AI di dunia pendidikan Indonesia memiliki potensi yang besar sekali untuk kemajuan dan transformasi. AI dapat menyesuaikan pengalaman belajar berdasarkan kebutuhan masing-masing pelajar dan gaya belajar, sehingga bisa menghasilkan pengertian yang lebih dalam dan interaksi lebih baik.”.

“Aplikasi ngaji.ai dapat menyesuaikan level kesulitan dan kecepatan belajar berdasarkan performa pengguna, sehingga memastikan adanya kemajuan pemahaman dan menghindari pengguna hilang motivasi untuk belajar,” tambahnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar