ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan OTG HP Xiaomi MIUI Untuk Gunakan USB

Cara Mengaktifkan OTG di Xiaomi - Header

Gadgetren – USB OTG (On-The-Go) adalah sebuah fitur di dalam ponsel atau tablet yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna untuk mempermudah berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Fitur tersebut memungkinkan sebuah ponsel atau tablet bertindak seolah-olah mempunyai dukungan USB Host. Jadi, kita nanti dapat memasang keyboard, menyambungkan mouse, bertukar data dengan USB flash drive, atau menggunakan kamera tambahan.

Sebagai penunjang di dalam lini ponsel yang pernah mereka luncurkan, Xiaomi juga ikut menyematkan fitur tersebut. Kita dapat memakainya dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan OTG HP Xiaomi

  • Siapkan OTG adapter sesuai antarmuka USB perangkat jika diperlukan.
  • Pasang peranti yang ingin ditambahkan ke USB perangkat.
  • Gunakan OTG adapter apabila antarmuka USB-nya berbeda.
  • Tunggu notifikasi pemasangan peranti tambahan muncul.
  • Gunakan sambungan OTG sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan menggunakan fitur NFC, kita sekarang tidak perlu lagi mengaktifkan opsi OTG di ponsel Xiaomi saat mau menghubungkan peranti tambahan. Dukungan tersebut akan langsung tersedia secara bawaan untuk perangkat dengan antarmuka sistem baru.

Hanya saja untuk menggunakan peranti tambahan, kita kadang-kadang masih perlu melakukan tindakan tertentu. Kita misalnya perlu mengetuk tombol Explore di notifikasi untuk membuka USB Flash drive atau memasang aplikasi khusus.

Sementara untuk peranti tambahan seperti keyboard atau mouse, kita biasanya bisa langsung memakai sambungan OTG untuk mengoperasikan perangkat tanpa perlu memasang aplikasi atau mengatur setelan tertentu.

Untuk sebagian peranti tambahan, kita di sisi lain kadang-kadang juga perlu menggunakan fungsi USB Debugging. Kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui halaman opsi pengembang yang letaknya cukup tersembunyi.

Perlu diingat bahwa ketersediaan NFC bisa berbeda-beda untuk setiap perangkat Xiaomi. Untuk ponsel atau tablet yang menggunakan antarmuka sistem generasi lama, kita bahkan masih perlu mengaktifkannya terlebih dulu.

Untuk Perangkat Lawas

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Additional settings.
  • Cari dan buka menu pengaturan OTG.
  • Pastikan setelan OTG di dalamnya sudah menyala.

Kabar baiknya, menyalakan fitur OTG di perangkat Xiaomi dengan antarmuka sistem generasi lawas bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Pengaturannya cukup mudah untuk ditemukan.

Pengaturan OTG di ponsel Xiaomi generasi lawas sayangnya akan dinonaktifkan secara otomatis ketika tidak digunakan. Jadi, kita terpaksa mengaktifkan fitur berulang kali apabila sering membutuhkannya.

Selain itu, belum semua perangkat buatan Xiaomi mendukung fitur OTG. Apabila pengaturannya tidak muncul tetapi fungsi menyambungkan tidak langsung bisa digunakan, kita perlu mengecek ketersediaan dukungan tersebut.

Mengecek Ketersediaan Fitur OTG di Xiaomi

  • Cari aplikasi USB OTG Checker dari Google Play Store.
  • Pasang aplikasi tersebut.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi.
  • Umumnya, kita tidak perlu melakukan pengaturan apa pun.
  • Di halaman utama, akan langsung muncul keterangan mengenai ketersediaan OTG di perangkat.

Pengecekan ketersediaan OTG di perangkat Xiaomi perlu dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu di antaranya, kita dapat menggunakan USB OTG Checker yang tersedia gratis dengan layanan iklan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Ko redmi note 11saya tidak bisa otg,padahal developernya sudah saya aktipkan tapi tetap tidak ada,mohon masukan nya?